Validasi modul berbasis literasi pada mata kuliah statistika matematika
DOI:
https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12854Keywords:
Validasi, Modul, LiterasiAbstract
Pengembangan suatu modul membutuhkan validasi ahli untuk memastikan bahwa modul yang telah dibuat sudah dapat digunakan atau belum. Validasi modul dilihat dari aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Validator ahli meliputi dua dosen FKIP program studi matematika dan satu dosen FKIP program studi bahasa Indonesia. Metode yang digunakan untuk menganalisis validasi modul menggunakan metode dari Crocker dan Algina. Hasil penelitian menyatakan bahwa modul berbasis literasi pada mata kuliah statistika matematika dapat digunakan.
References
Budiyono. (2015). Pengantar penilaian hasil belajar. Surakarta: UNS Press.
Depdiknas. (2010). Pedoman penulisan modul. Jakarta: Depdiknas
Direktorat Jendral pengembangan mutu pendidikan dan tenaga pendidikan. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Moleong, L.J. (2005).Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Rufii. (2015). Developing module on construktivist learning stategies to promote students’ independence and performance. International Journal of Education, 7(1), 18-28.
Santia, I., Fiantika, F., & Jatmiko, J. (2017). Pengembangan BKS berbasis MCK (mathematical content knowledge) sebagai upaya meningkatkan literasi matematika siswa SMP. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 127–134. doi:10.29407/jmen.v3i2.909
Sugiyono. (2010). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Susilo, A., Siswandari, & Bandi. (2016). “Pengembangan modul berbasis pembelajaran saintifik untuk meningkatkan kemampuan mencipta siswa dalam proses pembelajaran akuntansi siswa kelas XII SMAN 1 slogohimo 2014”.Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 50-56.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License