Pemberdayaan komunikasi matematika dengan media maple pada materi integral
DOI:
https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.13764Keywords:
komunikasi matematika, media maple, integralAbstract
Pada pembelajaran matematika, komunikasi matematika sangatlah diperlukan karena siswa dapat mengemukakan idea matematika secara benar. Namun kenyataanya komunikasi matematika kurang mendapat perhatian dari guru dan penggunaan media pembelajaran memanfaatkan software sangatlah minim. Padahal diera ervolusi industry 4.0, penggunaan software matematika sangat diperlukan karena menjadikan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan media maple. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat eksploratif, dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMA Pawyatan Daha kota Kediri dan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunkan tes dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pemberdayaan komunikasi matematika siswa menggunakan media maple menjadikan siswa lebih percaya diri akan hasil jawaban mereka sehingga siswa berani untuk menyampaikan dan menanggapi pendapat tentang materi integral. Selain itu kemampuan memahami konsep, penggunaan notasi dan kemampuan menyatakan luas daerah kurva dalam bentuk gambar meningkat.
References
Andriani, D. G., & Indrayany, E. S. (2019). Validasi instrumen komunikasi matematika dengan media maple pada materi integral. Sendika, 167–172. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/679
Andriani, D. G., & Jatmiko, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Learning Cycle. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 125-131. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12329
Budiyono. (2003). Metodologi penelitian pendidikan. Surakarta: UNS Press.
Indrajaya, U. (2014). Upaya meningkatkan pemahaman kalkulus melalui pembelajaran berbantuan maple pada mahasiswa teknik informatika AMIK Garut. Jurnal Wawasan Ilmiah, 5(10), 38–52. https://www.amikgarut.ac.id/jurnal/index.php/jwi/article/view/6
Indrayany, E. S., Andriani, D. G., & Tyas, R. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran aktif firing line terhadap komunikasi matematika pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII A SMP PGRI 1 Panggul Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 51–56. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.11995
Jatmiko, J., & Yohanie, D. D. (2018). Diskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa pondok. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2), 86–91. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2743
Junaidi. (2016). Penggunaan software maple dalam pembelajaran matematika pada materi integral . Visipena Journa, 7(2), 1–12. https://visipena.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=144?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=144
Moleong, L. J. (2010). Penelitian Kualitatif Metodologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mufidah, E., & Purwanti. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STIKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 117–125.
Paradesa, R., & Ningsih, Y. L. (2017). Pembelajaran matematika berbantuan maple pada mata kuliah kalkulus integral terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 70–81. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1442
Primasatya, N., & Jatmiko, J. (2018). Pengembangan multimedia geometri berbasis teori berpikir van hiele guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. JIPMat, 3(2), 115–121. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2745
Primasatya, N., & Jatmiko, J. (2019). Implementation of Geometry Multimedia Based on Van Hiele’s Thinking Theory for Enhancing Critical Thinking Ability for Grade V Students. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(2), 56–59. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i2.40
Qodariyah, E., & Ismai, A. D. (2012). Pembelajaran kalkulus dengan bantuan maple. Jurnal Humanity, 8(1), 144–154. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/view/1983
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sumarmo, U. (2002). Alternatif pembelajaran matematika dalam menerapkan kurikulum berbasis kompetensi. Seminar Nasional FPMIPA UPI.
Sunata. (2009). Penerapan pembelajaran kreatif model treffinger untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa. UPI Bandung.
Syazali, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving berbantuan media maple 11 terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 91–98. https://doi.org/10.24042/AJPM.V6I1.58
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License