Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Firing Line Terhadap Komunikasi Matematika pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII A SMP PGRI 1 Panggul Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Eka Sri Indrayany Universitas Wahidiyah Kediri
  • Desi Gita Andriani Universitas Wahidiyah Kediri
  • Retnaning Tyas Universitas Kahuripan Kediri
Abstract views: 192 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 147
Keywords: pembelajaran aktif firing line, komunikasi matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran aktif firing line terhadap komunikasi matematika pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII A SMP PGRI 1 Panggul tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP PGRI 1 Panggul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh strategi pembelajaran aktif firing line dapat mengatasi masalah siswa kelas VIII A SMP PGRI 1 Panggul tahun pelajaran 2017/2018 terhadap pembelajaran matematika, yaitu siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru, khususnya pada pokok bahasan kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari nilai tes. Pada tes I diperoleh skor rata-rata siswa 73,76 dengan persentase 71,43%, sedangkan pada tes II mengalami peningkatan menjadi 80,69 dengan persentase 81,82%. Hasil observasi menunjukkan bahwa kegiatan guru dan siswa pada tes I mencapai 75,79% sedangkan pada tes II mencapai 86,09% dengan taraf keberhasilan sangat baik.

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fathurrohman, Pupuh & Sutikno, Sobry. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melaluli Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.
Gintings, Abdorrakhman. (2008). Esensi Praktis; Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Hamalik, Oemar (2008). Dasar-dasar Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hudojo, Herman. (2005). Kapita Selecta Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Kesuma, dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarda.
Mustangin. (2007). Dasar-dasar Pembelajaran Matematika. Malang: FKIP Universitas Islam Malang.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Shadiq, Fadjar. (2009). Diklat Instruktur Pengembang Matematika SMA Jenjang Lanjut Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Silberman, Mel. (2011). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Uno, Hamzah B. (2008). Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Uno, Hamzah. (2011). Profesi Kependidikan Problem, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2018-05-30
How to Cite
Indrayany, E. S., Andriani, D. G., & Tyas, R. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Firing Line Terhadap Komunikasi Matematika pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII A SMP PGRI 1 Panggul Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 51-56. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.11995