Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Firing Line Terhadap Komunikasi Matematika pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII A SMP PGRI 1 Panggul Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran aktif firing line terhadap komunikasi matematika pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII A SMP PGRI 1 Panggul tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP PGRI 1 Panggul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh strategi pembelajaran aktif firing line dapat mengatasi masalah siswa kelas VIII A SMP PGRI 1 Panggul tahun pelajaran 2017/2018 terhadap pembelajaran matematika, yaitu siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru, khususnya pada pokok bahasan kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari nilai tes. Pada tes I diperoleh skor rata-rata siswa 73,76 dengan persentase 71,43%, sedangkan pada tes II mengalami peningkatan menjadi 80,69 dengan persentase 81,82%. Hasil observasi menunjukkan bahwa kegiatan guru dan siswa pada tes I mencapai 75,79% sedangkan pada tes II mencapai 86,09% dengan taraf keberhasilan sangat baik.
References
Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fathurrohman, Pupuh & Sutikno, Sobry. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melaluli Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.
Gintings, Abdorrakhman. (2008). Esensi Praktis; Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Hamalik, Oemar (2008). Dasar-dasar Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hudojo, Herman. (2005). Kapita Selecta Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Kesuma, dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarda.
Mustangin. (2007). Dasar-dasar Pembelajaran Matematika. Malang: FKIP Universitas Islam Malang.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Shadiq, Fadjar. (2009). Diklat Instruktur Pengembang Matematika SMA Jenjang Lanjut Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Silberman, Mel. (2011). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Uno, Hamzah B. (2008). Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Uno, Hamzah. (2011). Profesi Kependidikan Problem, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License