Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Learning Cycle
Abstract
Berpikir kritis merupakan salah satu tujuan diterapkannya kurikulum K-13, namun kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 8 Kediri masih belum dapat maksimal karena siswa kurang mampu memberikan penjelasan seperti menganalisis soal matematikan, menggunakan pengetahuan awal penalaran matematika dan menentukan cara lain dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian merupakan penelitian eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kediri. Teknik analisis data yang digunakan adalah Idependent Sample t Test. Hasil penelitian ini menyatakan model pembelajaran Learning Cycle berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP, dengan thitung = 5,499 dan ttabel, 5%;66 = 1,997.
References
Arini, S., Haryono, H., & Saputro, S. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas Xi Mia 1 SMA Negeri 1 Banyudono Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 161–170. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/9762/8061
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities.
Last Revised. Emeritus Proffessor: University of Illinois.
Ghozali, I. (2011). ). Analisis Multivariat dengan Program SPSS,Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Elex.
Huda, M. (2013). Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.
Latifa, B. R. A., Verawati, N. N. S. P., & Harjono, A. (2017). Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 61–67. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.325
Lau. (2011). An Introduction to Critical Thinking and Creativity: Think More, Think Better. USA: John Wiley &Sonc.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Margono, S. (2009). Metodolegi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Mufidah, E., & Purwanti. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STIKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 117–125.
Rumpawati, N. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Learning Cycle 5E Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6(1), 1265–1272.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sunabar. (2012). Statistika Matematika: Probabilitas, Distribusi, dan Asimtotis dalam Statistika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License