Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write dengan Guided Concept Sentence pada Matematika SMK Kurikulum 2013
Abstract
Pengembangan Kurikulum 2013 dididasarkan pada penyempurnaan pola pikir yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa aktif menemukan konsep secara mandiri, pembelajaran interaktif dan penguatan kerja sama antar siswa. Kurikulum 2013 telah diterapkan oleh beberapa SMK di kota Kediri dan telah meluluskan siswa yang menerapkan kurikulum 2013, namun hasil ujian nasional siswa SMK kota Kediri pada mata pelajaran matematika masih tetap rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran TTW dengan GCS dan model pembelajaran konvensional tipe PBL. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK kelompok teknik, kesehatan, dan pertanian di kota Kediri yang menerapkan kurikulum 2013 tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sebelum diberi perlakuan, sampel harus dalam keadaan seimbang. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas. Uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Pengujian hipotesis menggunakan statistik uji rerata Z. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diberikan model pembelajaran TTW dengan GCS lebih baik daripada siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional
References
Budiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta : UNS Press.
Huinker, D & Laughlin, C. (1996). Talk your way into writing. Dalam P.C Eliot and M.J. Kennney (Ed). Years book 1996. Communication in Mathematics K-12 and beyond. Reston, VA: NCTM.
Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). (2016). PISA 2015 Result in Focus. http://www.oecd.org/pisa.pdf diakses pada 12 Februari 2017.
Permendikbud No 60 Tahun 2014. (2014). Kurikululum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan / Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta: Kemendikbud
Purwanto, D., Amir, & Djaelani. (2014). Model pembelajaran Concept Sentence untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi. Jurnal Didaktika Dwija Indria (Solo). Vol. 2(11)
Pusat Penilaian Pendidikan. (2016). Laporan Hasil Ujan Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016 SMK. Jakarta: Balitbang Kemendikbud.
Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Sumirat, L.A. (2014). Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol.1 (2) pp. 21-29
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wirda, Setiawan, D., & Hidayat. (2017). The effect of Think Talk Write (TTW) learning method on the creative thinking ability of the students at primary school (SD) No.060856 Medan Indonesia. European Centre for Research Training and development UK. Vol.5(11) pp.12-28
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License