Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write dengan Guided Concept Sentence pada Matematika SMK Kurikulum 2013

Authors

  • Fajar Lestari universitas Wahidiyah kediri
  • Muhammad Safa’udin
  • Eka Sri Indrayany

DOI:

https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.11993

Keywords:

Think Talk Write, Guided Concept Sentence, TTW, GCS

Abstract

Pengembangan Kurikulum 2013 dididasarkan pada penyempurnaan pola pikir yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa aktif menemukan konsep secara mandiri, pembelajaran interaktif dan penguatan kerja sama antar siswa. Kurikulum 2013 telah diterapkan oleh beberapa SMK di kota Kediri dan telah meluluskan siswa yang menerapkan kurikulum 2013, namun hasil ujian nasional siswa SMK kota Kediri pada mata pelajaran matematika masih tetap rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran TTW dengan GCS dan model pembelajaran konvensional tipe PBL. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK kelompok teknik, kesehatan, dan pertanian di kota Kediri yang menerapkan kurikulum 2013 tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sebelum diberi perlakuan, sampel harus dalam keadaan seimbang. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas. Uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Pengujian hipotesis menggunakan statistik uji rerata Z. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diberikan model pembelajaran TTW dengan GCS lebih baik daripada siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional

References

Abdurahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Budiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta : UNS Press.
Huinker, D & Laughlin, C. (1996). Talk your way into writing. Dalam P.C Eliot and M.J. Kennney (Ed). Years book 1996. Communication in Mathematics K-12 and beyond. Reston, VA: NCTM.
Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). (2016). PISA 2015 Result in Focus. http://www.oecd.org/pisa.pdf diakses pada 12 Februari 2017.
Permendikbud No 60 Tahun 2014. (2014). Kurikululum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan / Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta: Kemendikbud
Purwanto, D., Amir, & Djaelani. (2014). Model pembelajaran Concept Sentence untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi. Jurnal Didaktika Dwija Indria (Solo). Vol. 2(11)
Pusat Penilaian Pendidikan. (2016). Laporan Hasil Ujan Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016 SMK. Jakarta: Balitbang Kemendikbud.
Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Sumirat, L.A. (2014). Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol.1 (2) pp. 21-29
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wirda, Setiawan, D., & Hidayat. (2017). The effect of Think Talk Write (TTW) learning method on the creative thinking ability of the students at primary school (SD) No.060856 Medan Indonesia. European Centre for Research Training and development UK. Vol.5(11) pp.12-28

PlumX Metrics

Published

2018-05-30

How to Cite

Lestari, F., Safa’udin, M., & Indrayany, E. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write dengan Guided Concept Sentence pada Matematika SMK Kurikulum 2013. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 63–69. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.11993

Most read articles by the same author(s)