Analisis kesulitan siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri dan faktor penyebab kesulitan siswa ditinjau dari teori van hiele

Authors

  • Eka Sri Indrayany UNIVERSITAS WAHIDIYAH
  • Fajar Lestari Universitas Wahidiyah Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13729

Keywords:

Kesulitan siswa, Geometri, Tingkat berfikir, Van Hiele

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan: 1) kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri dan faktor penyebabnya dengan tingkat berpikir visualisasi,2) kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri dan faktor penyebanya dengan tingkat berpikir analisis,3) kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri dan faktor penyebabnya dengan tingkat berpikir deduksi informal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan:1) observasi,2) tes dan 3) wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber untuk subjek yang terpilih. Hasil penelitian ini adalah 1) subjek HRZ mengalami kesulitan dalam mencari luas bangun datar, subjek HRZ belum bisa membedakan luas rumus bangun datar,2) Subjek AHH bisa menggunakan rumus dengan benar. Akan tetapi, subjek mengalami kesulitan memahami konsepnya,3) Subjek MAA sudah bisa menentukan rumus luas bangun datar. Akan tetapi, saat mengerjakan soal yang bangunnya digabung mengalami kesulitan untuk mencari luas kesuluruhannya.

References

Abdussakir. (2010). Pembelajaran Geometri sesuai Teori Van Hiele. El-Hikmah Jurnal Kependidikan dan Keagamaan, 7(2).

Adolphus, T. (2011). Problems of teaching and learning of geometry in secondary schools in Rivers State, Nigeria. International Journal of Emerging Sciences, 1(2), 143-152.

Aini, T. (2008). Penerapan Model Pembelajaran Van Hiele Dalam Membantu Siswa Kelas IV SD Membangun Konsep Segitiga. [Online]. Tersedia: http://lppm.ut.ac.id/jp/72sept06/ 01husnaeni.pdf

Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Basuki, R.N. (2012, Mei). Analisis Kesulitan Siswa SMK pada Materi Pokok Geometri dan Alternatif Pemecahannya. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Surakarta.

Budiyono, R. H., & Budiyono, P. B. D. (2014). Kemampuan Siswa SMP Swasta dalam Pemecahan Masalah Geometri Buku Matematika Erlangga. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 7(1). 1-8

Candraningrum, E. S. (2010). Kajian Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Geometri Dimensi Tiga Kelas X MAN Yogyakarta I. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Jakarta.

Husnaini. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Van Hiele dalam Membantu Siswa Kelas IV SD Membangun Konsep Segitiga. Universitas Terbuka.

Ikhsan, M. (2008). Meningkatkan Prestasi dan Motivasi siswa dalam Geometri melalui Pembelajaran Berbasis Teori van Hiele. Disertasi. Tidak dipublikasikan. Universitas PendidikanIndonesia Bandung.

Jatmiko, J. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Pemecahan Masalah Matematika. JIPMat, 3(1). 17-20. DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2285

Kartono, K. (2010). Hands on activity pada pembelajaran geometri sekolah sebagai asesmen kinerja siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(1). 21-32. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v1i1.219

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murdanu. (2004). Analisis Kesulitan Siswa-Siswa SLTP Dalam Menyelesaikan Persoalan Geometri. Tesis. Tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Surabaya.

Primasatiya, N. & Jatmiko. (2018). Pengembangan Multimedia Geometri Berbasis Teori Berpikir Van Hiele Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. JIPMat, 3 (2), 115-121. DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2745

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. (Edisi Revisi). Bandung: Tarsito.

Shodiqin, A. (2011). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Geometri Transformasi (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Semester VI Tahun Akademik 2010/2011 Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon). Skripsi Tidak Diterbitkan. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wardhani, S. (2010). Implikasi karakteristik matematika dalam pencapaian tujuan mata pelajaran matematika di SMP/MTs. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Widdiharto, R. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Remidinya. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Yeni, E. M. (2011). Pemanfaatan benda-benda manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri dan kemampuan tilikan ruang siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Edisi Khusus, 1, 63-75.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-11-16

How to Cite

Indrayany, E. S., & Lestari, F. (2019). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri dan faktor penyebab kesulitan siswa ditinjau dari teori van hiele. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 109–123. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13729

Most read articles by the same author(s)