Pengembangan BKS Berbasis MCK (Mathematical Content Knowledge) Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP

  • Ika Santia Pendidikan Matematika FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Feny Rita Fiantika UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
  • Jatmiko Jatmiko UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Abstract views: 523 , PDF downloads: 481
Keywords: BKS, MCK, Literasi Matematika, Siswa SMP

Abstract

Abstrak: Rendahnya hasil PISA dan TIMSS siswa Indonesia kontradiktif dengan motivasi belajar matematika dan sains mereka yang berada di atas Singapura dan Malaysia. Permasalahan tersebut dikarenakan kurangnya MCK khususnya domain penalaran di setiap Mathematical Content. Mereka perlu penguatan kemampuan mengintegrasikan informasi, menarik kesimpulan, serta menggeneralisasikan pengetahuan yang dimiliki.  Untuk itu dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan Buku Kerja Siswa (BKS) yang valid, praktis dan memiliki efek potensial bagi literasi matematika siswa SMP. Penelitian ini mengacu pada modifikasi model 4-D Thiagarajan yaitu Define, Design dan  Develop.  Prosedur penelitiannya adalah: 1) menganalisis MCK awal siswa SMP di Kota Kediri berdasarkan domain TIMSS dan literasi matematika PISA; 2) mengembangkan BKS yang valid, praktis dan layak.  Hasil penelitian menunjukkan BKS yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak, ditinjau dari kelayakan isi sebesar 84,11%, kelayakan bahasa sebesar 86,61%, kelayakan kegrafikan sebesar 84,72% dan Hasil ujicoba terbatas pada tiga puluh orang siswa mendapat respon positif sebesar 98,25%.  

Kata Kunci: BKS, MCK, Literasi Matematika, Siswa SMP

References

Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Diknas, Jakarta.
Depdiknas. 2008. Teknik Penyusunan BKS. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas, 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbangdiknas, Jakarta.
Khabibah, Siti. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Dengan Soal Terbuka Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi yang tidak diterbitkan. Surabaya: Perpustakaan Pacasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sadiman, dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Solso, Robert L. 1995. Cognitive Psychology. Boston. Allyn and Bacon.
Sugiyono. 2010. Memahamai Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. ALFABETA.
Thiagarajan, dkk. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

PlumX Metrics

Published
2017-11-30
How to Cite
Santia, I., Fiantika, F. R., & Jatmiko, J. (2017). Pengembangan BKS Berbasis MCK (Mathematical Content Knowledge) Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 127–134. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.909