Pengembangan BKS Berbasis MCK (Mathematical Content Knowledge) Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.909Keywords:
BKS, MCK, Literasi Matematika, Siswa SMPAbstract
Abstrak: Rendahnya hasil PISA dan TIMSS siswa Indonesia kontradiktif dengan motivasi belajar matematika dan sains mereka yang berada di atas Singapura dan Malaysia. Permasalahan tersebut dikarenakan kurangnya MCK khususnya domain penalaran di setiap Mathematical Content. Mereka perlu penguatan kemampuan mengintegrasikan informasi, menarik kesimpulan, serta menggeneralisasikan pengetahuan yang dimiliki. Untuk itu dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan Buku Kerja Siswa (BKS) yang valid, praktis dan memiliki efek potensial bagi literasi matematika siswa SMP. Penelitian ini mengacu pada modifikasi model 4-D Thiagarajan yaitu Define, Design dan Develop. Prosedur penelitiannya adalah: 1) menganalisis MCK awal siswa SMP di Kota Kediri berdasarkan domain TIMSS dan literasi matematika PISA; 2) mengembangkan BKS yang valid, praktis dan layak. Hasil penelitian menunjukkan BKS yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak, ditinjau dari kelayakan isi sebesar 84,11%, kelayakan bahasa sebesar 86,61%, kelayakan kegrafikan sebesar 84,72% dan Hasil ujicoba terbatas pada tiga puluh orang siswa mendapat respon positif sebesar 98,25%.
Kata Kunci: BKS, MCK, Literasi Matematika, Siswa SMP
References
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Diknas, Jakarta.
Depdiknas. 2008. Teknik Penyusunan BKS. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas, 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbangdiknas, Jakarta.
Khabibah, Siti. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Dengan Soal Terbuka Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi yang tidak diterbitkan. Surabaya: Perpustakaan Pacasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sadiman, dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Solso, Robert L. 1995. Cognitive Psychology. Boston. Allyn and Bacon.
Sugiyono. 2010. Memahamai Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. ALFABETA.
Thiagarajan, dkk. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License