Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Matematika SMPN Se-kabupaten Nganjuk Tahun 2016/2017

  • Muhamad Safa’udin UNIVERSITAS KAHURIPAN KEDIRI
  • Fajar Lestari Universitas Wahidiyah Kediri
  • Nanndo Yannuansa Universitas Hasyim Asy ari
Abstract views: 314 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 239
Keywords: Problem Based Learning, kooperatif tipe Snowball Throwing, prestasi belajar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Model pembelajaran yang dibandingkan adalah PBL dan kooperatif tipe Snowball Throwing. Jenis penelitiannya adalah penelitian kuasi eksperimental dan populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Kabupaten Nganjuk pada tahun akademik 2016/2017. Ukuran sampel adalah 68 siswa, yang terambil menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes prestasi matematika. Uji hipotesis menggunakan varian uji rerata z. Hasil penelitian tersebut adalah sebagai berikut. Prestasi belajar matematika yang diajarkan oleh Problem Based Learning dan Snowball Throwing menghasilkan prestasi belajar yang sama.

kata kunci : Problem Based Learning, kooperatif tipe Snowball Throwing dan prestasi belajar.

Abstract

This study aims to determine the effect of learning models on student achievement. The compared learning model is PBL and cooperative type Snowball Throwing. The type of research is quasi experimental research and the population of this research is the students of class VIII in Nganjuk Regency in academic year 2016/2017. The sample size was 68 students, taken with cluster random sampling technique. The instrument used for data collection is a mathematics achievement test. Hypothesis test using the mean test variant z. The results of the study are as follows. Mathematics learning achievement taught by Problem Based Learning and Snowball Throwing resulted in the same learning achievement

keyword : Problem Based Learning, Snowball Throwing and Achievement.

References

Budiyono. 2013. Statistika Untuk penelitian. Surakarta : UNS Press.
Budiyono. 2015. Pengantar Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS Press.
Hudojo, H. 2002. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA.
Ignacio, N.G., Nieto, L.J.B, and Barona, E.G. 2006. The Affective Domain In Mathematics Learning. International Electronic Journal of Mathematics Education. Vol.1(1): 16-32.
Kupczynski, L., Mundy, M.A., Goswami, J., and Meling, V. 2012. Cooperative Learning In Distance Learning: A Mixed Methods Study. International Journal of Instruction. Vol.5(2): 81-90.
Masek, A. 2012. The Effects Of Problem Based Learning On Knowledge Acquisition, Critical Thinking, And Intrinsic Motivation Of Electrical Engineering Students. Malaysia: Faculty of Technical and Vocational Education Universiti Tun Hussein.
Putri, N.P. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Menyimak. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Safa’udin, M. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Matematika SMPN Sekabupaten Nganjuk. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Santosa, R.A (1956). Pendidikan Masyarakat. Jilid I, II, dan III. Bandung: Ganaco NV.
Sastrawati, Eka., Rusdi, Muhammad dan Syamsurizal. Problem-Based Learning, Strategi Metakognisi dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Tekno-Pedagogi Vol. 1 No. 2 September 2011: 1-14
Slavin, R. E. 1995. Cooperative Learning, Theory and Practice 4th edition. Allyn an Bacon Publishers.
UU Nomor 20 tahun 2003. Bab I Pasal Ayat 20 tentang Sisdiknas.

PlumX Metrics

Published
2018-05-30
How to Cite
Safa’udin, M., Lestari, F., & Yannuansa, N. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Matematika SMPN Se-kabupaten Nganjuk Tahun 2016/2017. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 29 - 34. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.11974