Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis level 3 dan level 4 pada siswa berusia 15 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan penelitian terbatas di SMP Negeri di Kabupaten Bandung Barat..Subjek dipilih 3 siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika yang berbeda, kemampuan matematika dikelompokkan menjadi siswa berkemampuan tinggi (ST), siswa berkemampuan sedang (SS), dan siswa berkemampuan rendah (SR). Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, tes, dan non tes berupa tes kemampuan literasi matematis level 3 dan level 4, serta pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, capaian indikator kemampuan literasi matematis level 3 dan level 4 belum tercapai, namun aspek literasi matematis sudah terbiasa dilakukan oleh siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat.Tidak terbiasanya siswa menyelesaikan soal dengan konteks kehidupan sehari-hari yang kompleks, menjadi faktor yang banyak ditemukan pada siswa SMP.
Kata kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Literasi Matematis Level 3 dan Level 4
References
Khoirudin, A., Setyawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk PISA. AKSIOMA, 8(2), 33–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839
Maryanti, E. (2012). Peningkatan Literasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metacognitive Guidance. Tesis Pascasarjana UPI Bandung.
NCTM. (2000). Principle and Standard for School Mathematics. Reston.
Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. (2016).
Santia, I., Fiantika, F. R., & Jatmiko, J. (2017). Pengembangan BKS Berbasis MCK (Mathematical Content Knowledge) Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 127–134. https://doi.org/htpp://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.909
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License