Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat

  • Putri Eka Indah Nuurjannah IKIP Siliwangi
  • Windi Amaliyah IKIP Siliwangi
  • Aflich Yusnita Fitrianna IKIP Siliwangi
Abstract views: 1014 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 870
Keywords: Literasi Matematis, Literasi Matematis Level 3, Literasi Matematis Level 4

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis level 3 dan level 4 pada siswa berusia 15 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan penelitian terbatas di SMP Negeri di Kabupaten Bandung Barat..Subjek dipilih 3 siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika yang berbeda, kemampuan matematika dikelompokkan menjadi siswa berkemampuan tinggi (ST), siswa berkemampuan sedang (SS), dan siswa berkemampuan rendah (SR). Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, tes, dan non tes berupa tes kemampuan literasi matematis level 3 dan level 4, serta pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, capaian indikator kemampuan literasi matematis level 3 dan level 4 belum tercapai, namun aspek literasi matematis sudah terbiasa dilakukan oleh siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat.Tidak terbiasanya siswa menyelesaikan soal dengan konteks kehidupan sehari-hari yang kompleks, menjadi faktor yang banyak ditemukan pada siswa SMP.

 

Kata kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Literasi Matematis Level 3 dan Level 4

References

Asmara, A. S., Waluya, S. B., & Rochmad, R. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematika. Scholaria, 7(2), 135–142.

Khoirudin, A., Setyawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk PISA. AKSIOMA, 8(2), 33–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839

Maryanti, E. (2012). Peningkatan Literasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metacognitive Guidance. Tesis Pascasarjana UPI Bandung.

NCTM. (2000). Principle and Standard for School Mathematics. Reston.

Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. (2016).

Santia, I., Fiantika, F. R., & Jatmiko, J. (2017). Pengembangan BKS Berbasis MCK (Mathematical Content Knowledge) Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 127–134. https://doi.org/htpp://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.909

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121

PlumX Metrics

Published
2018-05-30
How to Cite
Nuurjannah, P. E. I., Amaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 15 - 28. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12016