Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Menggunakan Model Cooperative Script Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Kediri
Teaching Negotiation Text Writing Skills Using the Cooperative Script Model for 10th Grade Students at SMA Negeri 4 Kediri
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa keterampilan menulis pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri kurang. Hal tersebut dikarenakan kurangnya motivasi dalam belajar siswa. Peneliti menggunakan model Cooperative Script dengan membentuk kelompok dua orang siswa setiap kelompok yang akan diberi tema pada setiap masing – masing kelompok. Instrument peneliti yakni berupa RPP, lembar instrument penilaian siswa, dan hasil tes uraian siswa, dengan siswa dituntut untuk membuat teks negosiasi bersama kelompok dan harus bisa saling berdiskusi dalam membuat teks negosiasi tersebut. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa adanya pengaruh penggunaan model Cooperative Script terhadap menulis teks negosiasi pada kelas X IPS 1 dan IPS 4. Dengan dilihat pada hasil penelitian di sekolah bahwa pada kelas X IPS 1 tanpa menggunakan model Cooperative Script terdapat 74,3% siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM, sedangkan pada kelas X IPS 4 dengan memakai model Cooperative Script terdapat 99,9% siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM hal tersebut bisa dilihat dari tabel penilaian siswa. Kesimpulan penelitian ini dengan mengunakan model Cooperative Script bahwa model tersebut dapat digunakan dalam siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri.
References
Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafingo Persada.
Handayani, Ririn. 2020. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.
Muktar, 2003. Metode Kooperatif script. Jakarta: CV Fifa Mulia Sejahtera
Pitoyo, A. U. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi kelompok Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran terhadap Keterampilan Menulis Siswa
Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2(1).
Subana, 2009. Dasar – Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: CV Pustaka Setia
Sudrajat, Akhmad. 2007. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung. Sinar Baru Algensindo
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Tarigan , Henry G. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterapilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yunus, S. d. 2009. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Copyright (c) 2022 Wahdatul Auziah, Marista Dwi Rahmayantis, Andri Pitoyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0