Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Menggunakan Model Cooperative Script Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Kediri
Teaching Negotiation Text Writing Skills Using the Cooperative Script Model for 10th Grade Students at SMA Negeri 4 Kediri
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i1.18327Keywords:
Keterampilan Menulis, Model Cooperative ScriptAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa keterampilan menulis pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri kurang. Hal tersebut dikarenakan kurangnya motivasi dalam belajar siswa. Peneliti menggunakan model Cooperative Script dengan membentuk kelompok dua orang siswa setiap kelompok yang akan diberi tema pada setiap masing – masing kelompok. Instrument peneliti yakni berupa RPP, lembar instrument penilaian siswa, dan hasil tes uraian siswa, dengan siswa dituntut untuk membuat teks negosiasi bersama kelompok dan harus bisa saling berdiskusi dalam membuat teks negosiasi tersebut. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa adanya pengaruh penggunaan model Cooperative Script terhadap menulis teks negosiasi pada kelas X IPS 1 dan IPS 4. Dengan dilihat pada hasil penelitian di sekolah bahwa pada kelas X IPS 1 tanpa menggunakan model Cooperative Script terdapat 74,3% siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM, sedangkan pada kelas X IPS 4 dengan memakai model Cooperative Script terdapat 99,9% siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM hal tersebut bisa dilihat dari tabel penilaian siswa. Kesimpulan penelitian ini dengan mengunakan model Cooperative Script bahwa model tersebut dapat digunakan dalam siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri.
References
Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafingo Persada.
Handayani, Ririn. 2020. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.
Muktar, 2003. Metode Kooperatif script. Jakarta: CV Fifa Mulia Sejahtera
Pitoyo, A. U. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi kelompok Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran terhadap Keterampilan Menulis Siswa
Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2(1).
Subana, 2009. Dasar – Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: CV Pustaka Setia
Sudrajat, Akhmad. 2007. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung. Sinar Baru Algensindo
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Tarigan , Henry G. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterapilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yunus, S. d. 2009. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.