Fenomena Corat-Coret Kelulusan Siswa; Membentuk Karakter Siswa Melalui Keterampilan Menulis
The Phenomenon of Students' Graduation Scribbles; Shaping Student Character Through Writing Skills
Abstract
Pendidikan karakter merupakan hal yang perlu mendapat perhatian tidak hanya dari pendidik, tetapi secara luas juga pemerintah dan masyarakat Indonesia. Membangun karakter bangsa artinya meningkatkan pendidikan karakter sejak dini. Artinya, pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk sikap dan tingkah laku siswa utamanya ketika mengekspresikan diri. Tradisi corat-coret yang dilakukan oleh peserta didik saat kelulusan. Tradisi ini merupakan bentuk dari penyimpangan tingkah laku peserta didik dalam mengekspresikan diri melalui bahasa dengan melakukan corat-coret pada pakaian sekolah ataupun dinding-dinding di tempat fasilitas umum. Di mana pendidikan karakter dapat mengarahkan peserta didik untuk mengekspresikan diri secara tepat. Untuk itu, pendidikan karakter baik di rumah maupun di sekolah memiliki peran yang amat penting dalam membina dan membimbing peserta didik untuk mengekspresikan diri. Dalam hubungannya, fenomena corat-coret itu sendiri merupakan bagian dari kegiatan menulis dalam keterampilan berbahasa. Namun, penerapan dan penyaluran keterampilan menulis inilah yang perlu diarahkan agar sesuai dan bermanfaat. Mengingat, kegiatan menulis bersifat reseptif dan produktif
References
Admin. (2018, April 13). Fenomena Corat Coret. Jurnal Asia. https://www.jurnalasia.com/opini/fenomena-corat-coret/
Deliani. (2017). Pengaruh Model Visual, Auditory, Khinesthetic Fleming Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMK PAB 3 Medan Estate . Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 8–17. https://doi.org/10.30743/BAHASTRA.V1I2.720
Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Buku Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. In Pena Persada (1st ed.). CV. Pena Persada. https://www.academia.edu/46905502/Buku_Penelitian_Kualitatif_Studi_Fenomenologi_Case_Study_Grounded_Theory_Etnografi_Biografi
Mahmud, A. (2015, June 11). Mengganti Tradisi Usai Lulus UN. Https://Www.Kompasiana.Com/. https://www.kompasiana.com/amirudinmahmud/557931ffe6afbd8d7f6ac994/mengganti-tradisi-usai-lulus-un
Nugrahani, F. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Materi Membaca Novel Sastra. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 113–125. https://doi.org/10.32585/EDUDIKARA.V2I2.40
Santika, F. (2017, May 3). Corat-coret Kelulusan, Budaya atau Buruknya Karakter Lulusan? - Kompasiana.com. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/fridasantika/59094dedd57e61620c8b4568/coratcoret-kelulusan-budaya-atau-buruknya-karakter-lulusan
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). View of Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/42052/pdf
Setyawati, R. (2014, November 18). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Media Gambar sebagai Upaya untuk Menumbuhkan Minat Menulis Siswa. Language Maintenance and Shift”. http://lamas.undip.ac.id
Sukardi, M. (2019, April 15). Budaya Corat-coret Usai Ujian Sekolah, Ekspresi Kebebasan atau Rendahnya Moral? : Okezone Lifestyle. Okezone.Com. https://lifestyle.okezone.com/read/2019/04/15/196/2043687/budaya-corat-coret-usai-ujian-sekolah-ekspresi-kebebasan-atau-rendahnya-moral
Surat Edaran Dinas Pendidikan DKI Jakarta. (2023, April 14). Surat Edaran Nomor E0019/SE/2023 Tentang Mekanisme Kelulusan Peserta Didik Jenjang SD Paket A SDLB SMP Paket B SMPLB SMA Paket C SMALB dan SMK Tahun Pelajaran 20222023 | Dinas Pendidikan. Disdik.Jakarta.Go.Id. https://disdik.jakarta.go.id/article/2466-surat-edaran-nomor-e0019se2023-tentang-mekanisme-kelulusan-peserta-didik-jenjang-sd--paket-a--sdlb-smp--paket-b--smplb-sma--paket-c--smalb--dan-smk-tahun-pelajaran-20222023/
Wardarita, R. (2020a). Kontribusi Pendidikan Karakter terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia , 5(1), 39–45. https://www.researchgate.net/publication/341568663
Wardarita, R. (2020b, May 21). Peran Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Online (Webinar). https://www.researchgate.net/publication/341590708_PERAN_PENDIDIKAN_KARAKTER_DALAM_PEMBELAJARAN_BAHASA_INDONESIA_PADA_MASA_PANDEMI_COVID_19
Yarmi, G. (2008, December). Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Jurnal Pendidikan Penabur. http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/jurnal/Pendekatan_dan_Strategi_Pembelajaran_Bah.pdf
Copyright (c) 2023 Bambang Sumadyo, Dewi Indah Susanti, Jatut Yoga Prameswari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0