Fenomena Corat-Coret Kelulusan Siswa; Membentuk Karakter Siswa Melalui Keterampilan Menulis

The Phenomenon of Students' Graduation Scribbles; Shaping Student Character Through Writing Skills

Authors

  • Bambang Sumadyo Universitas Indraprasta PGRI
  • Dewi Indah Susanti Universitas Indraprasta PGRI
  • Jatut Yoga Prameswari Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i1.20066

Keywords:

menulis, karakter, corat-coret

Abstract

Pendidikan karakter merupakan hal yang perlu mendapat perhatian tidak hanya dari pendidik, tetapi secara luas juga pemerintah dan masyarakat Indonesia. Membangun karakter bangsa artinya meningkatkan pendidikan karakter sejak dini. Artinya, pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk sikap dan tingkah laku siswa utamanya ketika mengekspresikan diri. Tradisi corat-coret yang dilakukan oleh peserta didik saat kelulusan. Tradisi ini merupakan bentuk dari penyimpangan tingkah laku peserta didik dalam mengekspresikan diri melalui bahasa dengan melakukan corat-coret pada pakaian sekolah ataupun dinding-dinding di tempat fasilitas umum. Di mana pendidikan karakter dapat mengarahkan peserta didik untuk mengekspresikan diri secara tepat. Untuk itu,  pendidikan karakter baik di rumah maupun di sekolah memiliki peran yang amat penting dalam  membina dan membimbing peserta didik untuk mengekspresikan diri. Dalam hubungannya, fenomena  corat-coret itu sendiri merupakan bagian dari kegiatan menulis dalam keterampilan berbahasa.  Namun, penerapan dan penyaluran keterampilan menulis inilah yang perlu diarahkan agar sesuai  dan bermanfaat. Mengingat, kegiatan menulis bersifat reseptif dan produktif

References

Admin. (2018, April 13). Fenomena Corat Coret. Jurnal Asia. https://www.jurnalasia.com/opini/fenomena-corat-coret/

Deliani. (2017). Pengaruh Model Visual, Auditory, Khinesthetic Fleming Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMK PAB 3 Medan Estate . Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 8–17. https://doi.org/10.30743/BAHASTRA.V1I2.720

Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Buku Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. In Pena Persada (1st ed.). CV. Pena Persada. https://www.academia.edu/46905502/Buku_Penelitian_Kualitatif_Studi_Fenomenologi_Case_Study_Grounded_Theory_Etnografi_Biografi

Mahmud, A. (2015, June 11). Mengganti Tradisi Usai Lulus UN. Https://Www.Kompasiana.Com/. https://www.kompasiana.com/amirudinmahmud/557931ffe6afbd8d7f6ac994/mengganti-tradisi-usai-lulus-un

Nugrahani, F. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Materi Membaca Novel Sastra. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 113–125. https://doi.org/10.32585/EDUDIKARA.V2I2.40

Santika, F. (2017, May 3). Corat-coret Kelulusan, Budaya atau Buruknya Karakter Lulusan? - Kompasiana.com. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/fridasantika/59094dedd57e61620c8b4568/coratcoret-kelulusan-budaya-atau-buruknya-karakter-lulusan

Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). View of Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/42052/pdf

Setyawati, R. (2014, November 18). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Media Gambar sebagai Upaya untuk Menumbuhkan Minat Menulis Siswa. Language Maintenance and Shift”. http://lamas.undip.ac.id

Sukardi, M. (2019, April 15). Budaya Corat-coret Usai Ujian Sekolah, Ekspresi Kebebasan atau Rendahnya Moral? : Okezone Lifestyle. Okezone.Com. https://lifestyle.okezone.com/read/2019/04/15/196/2043687/budaya-corat-coret-usai-ujian-sekolah-ekspresi-kebebasan-atau-rendahnya-moral

Surat Edaran Dinas Pendidikan DKI Jakarta. (2023, April 14). Surat Edaran Nomor E0019/SE/2023 Tentang Mekanisme Kelulusan Peserta Didik Jenjang SD Paket A SDLB SMP Paket B SMPLB SMA Paket C SMALB dan SMK Tahun Pelajaran 20222023 | Dinas Pendidikan. Disdik.Jakarta.Go.Id. https://disdik.jakarta.go.id/article/2466-surat-edaran-nomor-e0019se2023-tentang-mekanisme-kelulusan-peserta-didik-jenjang-sd--paket-a--sdlb-smp--paket-b--smplb-sma--paket-c--smalb--dan-smk-tahun-pelajaran-20222023/

Wardarita, R. (2020a). Kontribusi Pendidikan Karakter terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia , 5(1), 39–45. https://www.researchgate.net/publication/341568663

Wardarita, R. (2020b, May 21). Peran Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Online (Webinar). https://www.researchgate.net/publication/341590708_PERAN_PENDIDIKAN_KARAKTER_DALAM_PEMBELAJARAN_BAHASA_INDONESIA_PADA_MASA_PANDEMI_COVID_19

Yarmi, G. (2008, December). Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Jurnal Pendidikan Penabur. http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/jurnal/Pendekatan_dan_Strategi_Pembelajaran_Bah.pdf

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-04-30

How to Cite

Sumadyo, B., Indah Susanti, D., & Prameswari, J. Y. (2023). Fenomena Corat-Coret Kelulusan Siswa; Membentuk Karakter Siswa Melalui Keterampilan Menulis: The Phenomenon of Students’ Graduation Scribbles; Shaping Student Character Through Writing Skills. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 7(1), 32–40. https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i1.20066

Issue

Section

Article