Pendekatan Ekspresif dan Objektif dalam Novel “Mencari Perempuan yang Hilang”

Expressive and Objective Approaches in the Novel 'Mencari Perempuan yang Hilang'

  • Memmy Dwi Jayanti Universitas Indraprasta PGRI
Abstract views: 1245 , pdf downloads: 7240
Keywords: ekspresif, objektivitas menulis, pendekatan menulis

Abstract

Pendekatan  ekspresif merupakan bentuk ekspresi dari penulis itu sendiri, yaitu tentang pandangan hidup dan idealis pengarang, pesan dan amanat, pengalaman hidup, sampai kondisi pribadi pengarang itu sendiri. Pendekatan obyektif menganggap karya sastra sebagai sesuatu yang mandiri dan bebas baik dari pengarang maupun pembaca. Novel Mencari Perempuan Yang Hilang karya Dr. Zuriyati merupakan kisah seorang wanita yang berkisah tentang keadilan, kejujuran, dan cinta namun cukup berat karena bertentangan dengan anggota keluarganya seperti kejahatan ayahnya yang merugikan orang banyak dan tidak dapat menikah dengan pria yang dicintainya karena sikap ayahnya yang arogan. Jenis penelitian  kualitatif digunakan sebagai suatu penelitian yang memanfaatkan cara penafsiran dengan menyajikannya dalam bentuk deskripsi, pendekatan ekspresif yaitu melalui pancaran kepribadian dari seorang pengarang dilakukan melalui pernyataan yang paling intensif, seperti: seorang penulis ekspresionisme, hakikat karyanya bertolak  dari  gerak  batin  secara  subjektif,  sedangkan  pengarang menjadi  titik  tolak  atau  pusat karyanya. melalui pendekatan ekspresif dan objektif. Novel Mencari Perempuan Yang Hilang juga sangat erat dengan aspek psikologis yang menanamkan sikap berkarakter seperti: jujur, adil, dan cinta melalui penggunaan diksi yang mendidik sehingga dapat dijadikan suatu kajian bagi pembaca dalam memahami makna suatu kehidupan.

Author Biography

Memmy Dwi Jayanti, Universitas Indraprasta PGRI

 

50

References

Abrams, M.H. 1981. A Glossary of literary terms fourth edition. New York: Cornell University Press.

Klarer, M. 2004. An Introduction to Literary Studies Second Edition (Second edi). https://doi.org/10.4324/9780203414040

Muh Kayyis BA. 2016. Comparison Between Novel and Film “Divergent” (Ecranisation Theory). (40300108074), 1–57.

Nani Susilawati, S. A. 2016. Rekonstrusi cerita rakyat dewi rengganis di pangandaran berdasarkan pendekatan struktural. (2), 159–167.

Nugraheny, H. 2014. Kajian strukturalisme objektif pada novel tretes tintrim karya suparto brata.

Nurgiantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Yenhariza, D. dkk. 2012. “Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Eliana Karya Tere Liye.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, 1(September 2012), 167–174.

Waryanti, Endang. 2021. Representasi Budaya Jawa dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Zuriyati. 2002. “Mencari Perempuan yang Hilang/DR.Imad Zaki”. Jakarta: Zikrul Hakim.

PlumX Metrics

Published
2020-04-25
How to Cite
Jayanti, M. D. (2020). Pendekatan Ekspresif dan Objektif dalam Novel “Mencari Perempuan yang Hilang”: Expressive and Objective Approaches in the Novel ’Mencari Perempuan yang Hilang’. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 4(1), 79-88. https://doi.org/10.29407/jbsp.v4i1.13207
Section
Article