Pendekatan Ekspresif dan Objektif dalam Novel “Mencari Perempuan yang Hilang”
Expressive and Objective Approaches in the Novel 'Mencari Perempuan yang Hilang'
Abstract
Pendekatan ekspresif merupakan bentuk ekspresi dari penulis itu sendiri, yaitu tentang pandangan hidup dan idealis pengarang, pesan dan amanat, pengalaman hidup, sampai kondisi pribadi pengarang itu sendiri. Pendekatan obyektif menganggap karya sastra sebagai sesuatu yang mandiri dan bebas baik dari pengarang maupun pembaca. Novel Mencari Perempuan Yang Hilang karya Dr. Zuriyati merupakan kisah seorang wanita yang berkisah tentang keadilan, kejujuran, dan cinta namun cukup berat karena bertentangan dengan anggota keluarganya seperti kejahatan ayahnya yang merugikan orang banyak dan tidak dapat menikah dengan pria yang dicintainya karena sikap ayahnya yang arogan. Jenis penelitian kualitatif digunakan sebagai suatu penelitian yang memanfaatkan cara penafsiran dengan menyajikannya dalam bentuk deskripsi, pendekatan ekspresif yaitu melalui pancaran kepribadian dari seorang pengarang dilakukan melalui pernyataan yang paling intensif, seperti: seorang penulis ekspresionisme, hakikat karyanya bertolak dari gerak batin secara subjektif, sedangkan pengarang menjadi titik tolak atau pusat karyanya. melalui pendekatan ekspresif dan objektif. Novel Mencari Perempuan Yang Hilang juga sangat erat dengan aspek psikologis yang menanamkan sikap berkarakter seperti: jujur, adil, dan cinta melalui penggunaan diksi yang mendidik sehingga dapat dijadikan suatu kajian bagi pembaca dalam memahami makna suatu kehidupan.
References
Abrams, M.H. 1981. A Glossary of literary terms fourth edition. New York: Cornell University Press.
Klarer, M. 2004. An Introduction to Literary Studies Second Edition (Second edi). https://doi.org/10.4324/9780203414040
Muh Kayyis BA. 2016. Comparison Between Novel and Film “Divergent” (Ecranisation Theory). (40300108074), 1–57.
Nani Susilawati, S. A. 2016. Rekonstrusi cerita rakyat dewi rengganis di pangandaran berdasarkan pendekatan struktural. (2), 159–167.
Nugraheny, H. 2014. Kajian strukturalisme objektif pada novel tretes tintrim karya suparto brata.
Nurgiantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Yenhariza, D. dkk. 2012. “Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Eliana Karya Tere Liye.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, 1(September 2012), 167–174.
Waryanti, Endang. 2021. Representasi Budaya Jawa dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Zuriyati. 2002. “Mencari Perempuan yang Hilang/DR.Imad Zaki”. Jakarta: Zikrul Hakim.
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0