Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Menyimak Dongeng Bahasa Jawa untuk SMP Kelas VII

Interactive Multimedia as a Learning Media for Listening to Javanese Folktales for 7th Grade Junior High School

Authors

  • Marista Dwi Rahmayantis Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Encil Puspitoningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbsp.v3i1.18363

Keywords:

media interaktif menyimak dongeng bahasa Jawa

Abstract

Pembelajaran  menyimak  pada  mata  pelajaran  Bahasa  Jawa  salah  satunya adalah menyimak dongeng yang berada di kelas VII. Saat ini di Jawa Timur Bahasa Jawa merupakan salah satu mata pelajaran muatan lokal yang diajarkan di sekolah- sekolah dari tingkat SD hingga SMA. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa inggrisnya Research and Development (R&D). Produk tersebut tidak selalu berbentuk benda atau perangkat keras (hardware) seperti buku, alat tulis, dan alat pembelajaran lainnya. Akan tetapi dapat pula dalam bentuk perangkat lunak (software). prosedur pengembangan atau langkah-langkah pengembangan  dalam penelitian ini terdiri atas sepuluh tahap,  yaitu (1)  potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal.

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Danandjaja, James. 1994. Foklor Indonesia; Ilmu Gosip, Dongeng, dll. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Endraswara, Suwardi. 2003. Membaca, Menulis, mengajarkan Sastra. Yogyakarta: Penerbit Kota Kembang.

m-edukasi. 2012. Fungsi Media Pembelajaran, (Online), (www.m- edukasi.we.id/2012/04/fungsi-media-pembelajaran), diakses 24 Maret 2013.

Oetomo, Budi S. D. 2002. e-Education: Konsep, Teknologi, dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Pratiwi, Yuni. 1991. Memahami Tujuan dan Materi Pelajaran Apresiasi Sastra: Buku Penunjang Perkuliahan. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Malang.

Riley, Philip. 2011. Attachment Theory and the Teacher-Student Relationship. London: Rouledge.

Santoso, Puji. 1996. Pengetahuan dan Apresiasi Kesusasteraan dalam Tanya Jawab. Flores: Nusa Indah.

Setiyono. 2008. Pengembangan Pembelajaran dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Karya Tulis Ilmiah tidak diterbitkan. Madiun: SMP Negeri 1 Dagangan.

Smaldino, Sharon E. dkk. 2005. Instructional Technology and Multimedia for Learning (8th Edition). New Jersey: Columbus Person Education.

Soedjiatno. 1992. Keterampilan Menyimak dan pengajarannya I. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Malang.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Suroto. 1989. Apresiasi Sastra Indonesia: untuk SMU. Jakarta: Erlangga.

Susilana, Rudi. 2007. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Penilaian, dan Pemanfaatan. Bandung: CV. Wacana Prima.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyono, S. 2008. Perancangan Animasi Tiga Dimensi dan Multimedia Interaktif Pendukung Promosi Perumahan Griya Candirejo Asri. Yogyakarta: Politeknik Seni.

Wahyudi & Roekhan. 1992. Teori Kesusasteraan. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Malang.

Zahro, Azizatul & Sulistyorini, Dwi. 2010. Strategi Kooperatif dalam Pembelajaran Menyimak dan Berbicara. Malang: Asis Asah Asuh.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-04-22

How to Cite

Rahmayantis, M. D., & Puspitoningrum, E. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Menyimak Dongeng Bahasa Jawa untuk SMP Kelas VII: Interactive Multimedia as a Learning Media for Listening to Javanese Folktales for 7th Grade Junior High School. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 3(1), 46–58. https://doi.org/10.29407/jbsp.v3i1.18363

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>