Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII D SMP Muhammadiyah PK Surakarta Tahun 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah PK Kottabarat yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari Pra Siklus dan dua Siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, teks tertulis, prosedur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan menulis Teks Prosedur ditinjau dari proses dan hasil pada siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta. Peningkatan kualitas proses terlihat dari peran guru dan siswa yang meningkat secara signifikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini ditandai dengan munculnya respon positif melalui sikap kooperatif dan antusias yang ditunjukkan siswa. Peningkatan hasil terlihat dari peningkatan hasil penulisan teks prosedur siswa dari Pra Siklus, Siklus I hingga Siklus II. Nilai rata-rata pada Pra Siklus sebesar 72,5%, rata-rata pada Siklus I sebesar 77,81%, dan rata-rata pada Siklus II sebesar 86,09%. Rata-rata peningkatan skor dari Pra Siklus ke Siklus II sebesar 13,59%.
References
Agung. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta.
Amir, M. Taufiq. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Kencana Prenada Media Group.
Ayuningrum, Syamzah. (2023). Penerapan Media Pop Up untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 7(1), 86–96. https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i1.20053
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. GAVA MEDIA
Fauziah, Aulia., dkk. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Metode Project Bassed Learning pada Pembelajaran Teks Drama Kelas VIII SMP Negeri 1 Berbek Tahun 2022/2023. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i1.20007
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-analisis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), hlm 1349-1355. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Haryanti, Y.D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), hlm. 57-63. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
Intiana, Siti Rohana Hariana. (2014). Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia. FKIP Universitas Mataram.
Kamdi. (2007). Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Kusrianti Anik, Suharto,Teguh.V, (2019).”Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa”. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, 3(2), hlm 147.
Linda, Roza Novi. (2016). “ Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMK N 4 Bandar Lampung ”. Jurnal Kata, 5(2)hml. 1-11. https://doi.org/10.31851 /pembahsi.v9i1.4246
Mahsun. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Rajawali.
Maryanto, dkk.(2013). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Musfiroh, Tadkiroatun. (2016). Psikolinguistik Edukasional. Tiara Wacana.
Nurgiyantoro, Burhan. (2009). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. BPFE.
Priyatni, ET. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. PT. Bumi Aksara.
Sabarti, Akhadiah dkk. (2012). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Erlangga.
Sani, Abdullah Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. PT Bumi Aksara.
Suari, Ni Putu. (2018). ”Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol.2 (3)
Tarigan, Henry. (2013). Menulis. Angkasa.
Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara.
Wijayanti, W., Zulaeha, I., & Rustono, R. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Kompetensi Memproduksi Teks Prosedur Kompleks yang Bermuatan Kesantunan Bagi Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), hlm 94-101. https://doi.org/10.15294/SELOKA.V4I2.9866
Wartiningsih, Ana dan Patriantoro. (2017). “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Model Pembelajaran Pair Checks”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 6(10), hlm 1-10.
Copyright (c) 2024 Dimas Nurrochmat, Andi Haris Prabowo, Aryanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0