Pengaruh Metode Edutainment Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas V SDN 104205 Tembung

The Effect Of Edutainment Method On The Writing Skills Of Procedure Text Of Grade V Students Of SDN 104205 Tembung

  • Liza Handayani Batu Bara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Fitra Audina Universitas Kholisaturrahmi Binjai
  • Amalya Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Annisa Luthfiyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nursamsia Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Abstract views: 173 , pdf downloads: 123
Keywords: metode edutainment, keterampilan menulis, teks prosedur

Abstract

Pemahaman dalam menulis teks prosedur yang kurang menyebabkan proses pembelajaran masih terkesan menjenuhkan karena suasana kelas yang kurang sedangkan menulis teks prosedur memerlukan metode pembelajaran yang menarik dan interaktif. Pengaplikasian metode eduitainment dapat menjadi salah satu solusi. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas metode edutainment dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa kelas V SD Negeri 104205 Tembung pada keterampilan menulis teks prosedur. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode kuantitatif jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen atau disebut sebagai eksperimen yang tidak sebenarnya (semu). Sedangkan desainnya menggunakan one group pre-test – post-test. Temuan dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode eduitainment memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap keterampilan menulis siswa dalam teks prosedur. Hal tersebut tampak dari hasil uji beda antara nilai rata-rata pretest sebesar 74,3 dengan nilai rata-rata posttest sebesar 86,1.

Author Biography

Fitra Audina, Universitas Kholisaturrahmi Binjai

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan

References

Amin, M. (2021). Keefektifan Media Video Tutorial terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur

Siswa Kelas VI SDN 143 Inpres Leko. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://etdci.org/journal/jrip/article/view/31/23

Ayu Sasmita, M., & Listya Purnamasari, N. (2018). Perbandingan Metode Pembelajaran Edutainment dan Metode Pembelajaran Konvensional terhadap Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Negeri 1 Kalidawir. JOEICT (Journal of Education And ICT), 2(1), 27–34. https://doi.org/10.29100/JOEICT.V2I1.700.G369

Hasmi, L., & Sari Dewi Pohan, R. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(1), 51–60. https://doi.org/10.31539/KIBASP.V5I1.2920

Kasupardi, E., & Supriatna. (2010). Pengembangan Keterampilan Menulis. Multi Kreasi Satudelapan.

Kharisma, G. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Memahami Teks Prosedur Siswa Kelas VII. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 269–278. https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.2795

Puspitoningrum, E. (2018). Implementasi Literasi untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran pada Materi Membaca Aksara Jawa Siswa SMA. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 2(1). https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/bind/article/view/12743/1101

Puspitoningrum, E. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa PBSI dengan Model Jigsaw Tahun 2020/2021. WACANA: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(1). https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/bind/article/view/17641/2538

Rusydi, N. A. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Eduitainment dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Murid SD KARTIKA XX-I. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 1(2). https://journal.stkipandimatappa.ac.id/index.php/dikdas/article/view/281/134

Tarigan, D., & Tarigan, H. G. (2010). Teknik Pengajaran Keterampilan Menulis. Offset Angkasa.

Widiasworo, E. (2018). Strategi Pembelajaran Eduitainment Berbasis Karakter. Ar-Ruzz Media.

Yulaikawati, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menelaah Teks Prosedur Melalui Model Discovery Learning dengan Strategi Proses Teks. Indocamp.

Zulmiyetri, Nurhastuti, & Safaruddin. (2019). Penulisan Karya Ilmiah. Kencana

PlumX Metrics

Published
2023-10-31
How to Cite
Batu Bara, L. H., Audina, F., Putri, A., Luthfiyah, A., & Rambe, N. (2023). Pengaruh Metode Edutainment Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas V SDN 104205 Tembung: The Effect Of Edutainment Method On The Writing Skills Of Procedure Text Of Grade V Students Of SDN 104205 Tembung. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 7(2), 178-184. https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i2.21659