Pengaruh Metode Edutainment Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas V SDN 104205 Tembung
The Effect Of Edutainment Method On The Writing Skills Of Procedure Text Of Grade V Students Of SDN 104205 Tembung
Abstract
Pemahaman dalam menulis teks prosedur yang kurang menyebabkan proses pembelajaran masih terkesan menjenuhkan karena suasana kelas yang kurang sedangkan menulis teks prosedur memerlukan metode pembelajaran yang menarik dan interaktif. Pengaplikasian metode eduitainment dapat menjadi salah satu solusi. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas metode edutainment dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa kelas V SD Negeri 104205 Tembung pada keterampilan menulis teks prosedur. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode kuantitatif jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen atau disebut sebagai eksperimen yang tidak sebenarnya (semu). Sedangkan desainnya menggunakan one group pre-test – post-test. Temuan dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode eduitainment memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap keterampilan menulis siswa dalam teks prosedur. Hal tersebut tampak dari hasil uji beda antara nilai rata-rata pretest sebesar 74,3 dengan nilai rata-rata posttest sebesar 86,1.
References
Amin, M. (2021). Keefektifan Media Video Tutorial terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur
Siswa Kelas VI SDN 143 Inpres Leko. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://etdci.org/journal/jrip/article/view/31/23
Ayu Sasmita, M., & Listya Purnamasari, N. (2018). Perbandingan Metode Pembelajaran Edutainment dan Metode Pembelajaran Konvensional terhadap Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Negeri 1 Kalidawir. JOEICT (Journal of Education And ICT), 2(1), 27–34. https://doi.org/10.29100/JOEICT.V2I1.700.G369
Hasmi, L., & Sari Dewi Pohan, R. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(1), 51–60. https://doi.org/10.31539/KIBASP.V5I1.2920
Kasupardi, E., & Supriatna. (2010). Pengembangan Keterampilan Menulis. Multi Kreasi Satudelapan.
Kharisma, G. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Memahami Teks Prosedur Siswa Kelas VII. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 269–278. https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.2795
Puspitoningrum, E. (2018). Implementasi Literasi untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran pada Materi Membaca Aksara Jawa Siswa SMA. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 2(1). https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/bind/article/view/12743/1101
Puspitoningrum, E. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa PBSI dengan Model Jigsaw Tahun 2020/2021. WACANA: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(1). https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/bind/article/view/17641/2538
Rusydi, N. A. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Eduitainment dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Murid SD KARTIKA XX-I. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 1(2). https://journal.stkipandimatappa.ac.id/index.php/dikdas/article/view/281/134
Tarigan, D., & Tarigan, H. G. (2010). Teknik Pengajaran Keterampilan Menulis. Offset Angkasa.
Widiasworo, E. (2018). Strategi Pembelajaran Eduitainment Berbasis Karakter. Ar-Ruzz Media.
Yulaikawati, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menelaah Teks Prosedur Melalui Model Discovery Learning dengan Strategi Proses Teks. Indocamp.
Zulmiyetri, Nurhastuti, & Safaruddin. (2019). Penulisan Karya Ilmiah. Kencana
Copyright (c) 2023 Liza Handayani Batu Bara, Fitra Audina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0