Wujud Penggunaan Bahasa pada Media Sosial Whatsapp oleh Mahasiswa

The Manifestation of Language Use on WhatsApp Social Media by Students

  • Marista Dwi Rahmayantis Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sardjono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Encil Puspitoningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 198 , pdf downloads: 214
Keywords: media sosial, penggunaan bahasa, whatsapp

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah komunikasi di jejaring sosial WhatsApp yang memiliki perbedaan pendapat antara mahasiswa dengan mahasiswa lainnya. Selain itu, mahasiswa terkadang menggunakan kata dan frasa yang sulit dipahami, tetapi di dalam pikiran mahasiswa mampu membedakan dalam penggunaan bahasanya. Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan penggunaan diksi oleh matrasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UN PGRI Kediri dalam penggunaan jejaring sosial WhatsApp, (2) menjelaskan pemakaian kalimat oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia dalam penggunaan jejaring sosial WhatsApp. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan sintaksis. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang berupa analisis percakapan WhatsApp dengan sumber data primer yang berupa hasil percakapan WhatsApp. Subjek dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa tingkat III Pendidikan Bahasa Indonesia tahun akademik 2018/2019. Teknik analisis data penelitian ini adalah menggunakan koding(coding). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) wujud penggunaan diksi dalam percakapan di jejaring sosial WhatsApp (2) wujud pengg-unaan kalimat dalam percakapan di media sosial WhatsApp (3) wujud penulisan kalimat dalam percakapan di media sosial WhatsApp.

References

Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Budiarti, Ayu dkk. 2016. Analisis Diksi dan Gaya Bahasa pada Akun yang Terdalam di Media Sosial 11 Instagram. Publika budaya volume 1 (1) September 2016 halaman 1-7, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember.

Cahyani, M. I., Agan, S., & Lailiyah, N. 2021. Interferensi Bahasa Inggris Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Komunikasi Remaja di Twitter dan Instagram. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 450.

Damayanti, Rini. 2018. Diksi dan Gaya Bahasa dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Widyaloka IKIP Widya Darma volume 5 no. 3 Juli 2018.

Hasan, Iqbal. 2009. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Putrayasa, Ida Bagus. 2007. Kalimat Efektif (Diksi, Struktur, dan Logika. Bandung: PT Refika Aditama.

Saldana, Johnny. 2009. The Coding Manual for Qualitative Researchers. Los Angeles: CA Sage Publications.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Usman, Husaini dan P.S. Akbar. 2000. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

PlumX Metrics

Published
2020-10-12
How to Cite
Rahmayantis, M. D., Sardjono, & Puspitoningrum, E. (2020). Wujud Penggunaan Bahasa pada Media Sosial Whatsapp oleh Mahasiswa: The Manifestation of Language Use on WhatsApp Social Media by Students. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 4(2), 1-11. https://doi.org/10.29407/jbsp.v4i2.17660

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>