Strategi Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Bagi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar

Authors

  • Dwi Widi Astutik Universitas Negeri Malang
  • Dian Nur Rahmawati Universitas Negeri Malang
  • Ade Eka Anggraini Universitas Negeri Malang
  • Radeni Sukma Indra Dewi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbsp.v8i2.22619

Keywords:

strategi pembelajaran, menulis, karangan narasi

Abstract

Learning Indonesian is mandatory learning given in elementary schools. There are four skills that students must master in learning Indonesian, namely listening, speaking, reading and writing skills. One of the language skills that is considered difficult for students is writing skills. This condition is motivated by students having difficulty expressing their creative ideas into writing. Implementing learning strategies can support the achievement of learning essay writing skills, in this case narrative essays. This research aims to identify through literature studies appropriate learning strategies in learning to write narratives for elementary school students. The method used is a descriptive qualitative research method. Data was collected through literature studies from various sources ranging from articles, books, theses and theses that examine learning to write narratives. The results of this research show that there are various strategies that can be implemented in learning to write narrative essays, starting from implementing approaches, models, methods, to utilizing learning media so as to create learning that suits needs and achieves material achievement indicators.

References

Abidin, Yunus, S Nailul Muna Aljamaliah, Fully Rakhmayanti, and Dinie Anggraeni. 2022. “Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Educandy Di Kelas V SD.” Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 6(2): 1230–42.
Agusti, Rahmi, R Syahrul, and Ramalis Hakim. 2021. “Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Berbasis Pendekatan Kontruktivisme Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(2): 930–42.
Dewi, Anggun Yunita et al. 2023. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Metode Field Trip Siswa Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7(1): 185–93.
Dewi, Tiara Kusnia, and Rina Yuliana. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar.” Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan 9(1).
Habsy, Bakhrudin All. 2017. “Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling: Studi Literatur.” Jurnal Konseling Andi Matappa 1(2): 90–100.
Jayanti, Yeni, and Vina Anggia Nastitie Ariawan. 2018. “Implementasi Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar.” Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 4(1): 11–23.
Keraf, Gory. 2017. “Argumentasi Dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.” Maya Aulia Rizka, E.(2016). Persuasive Techniques Used in Nike Advertisement.
Marliana, Rina, and Dian Indihadi. 2020. “Teknik Brainstorming Pada Model Pembelajaran Menulis Teks Narasi.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(2): 109–15.
Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mularsih, Heni. 2010. “Strategi Pembelajaran, Tipe Kepribadian Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Makara, Sosial Humaniora 14(1): 65–79.
Pratama, Adi. 2022. “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa.” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 6(2): 605–26.
Pratiwi, Nunung, Sulfasyah Sulfasyah, and Sitti Aida Azis. 2023. “Analisis Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7(5): 2851–61.
Rahmayanti, Riszky, Kusubakti Andajani, and Ade Eka Anggraini. 2023. “Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9(3).
Rinawati, Agustin. 2020. “Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar.”
Safitri, Tria Mugi, Tri Saptuti Susiani, and Suhartono Suhartono. 2021. “Hubungan Antara Minat Membaca Dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5): 2985–92.
Santika, Ayu, and Ahmad Sukri Nasution. 2021. “Pengembangan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Di Kelas 2 Sd.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu 3(2): 83–96.
Siddik, Mohammad. 2018. “Peningkatan Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Melalui Gambar Berseri Siswa Sekolah Dasar.” Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan 27(1): 39–48.
Sugiharti, Rini Endah, and Shabrina Oktaviana. 2023. “Penerapan Model Picture and Picture Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11(1): 32–40.
Sugiharti, Rini Endah, and Mei Wulandari. 2017. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Va Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDIT Ad-Damawiyah Cibitung.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(2): 1–12.
Sumaryamti, Sri. 2023. “Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Indonesia Sosial Teknologi 4(01): 47–55.
Sylvia, Nur Indah, and Sri Hariani. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media Pop-up Book Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya 3(02): 1197–1205.
Tantawi, Isma. 2019. Terampil Berbahasa Indonesia: Untuk Perguruan Tinggi. Prenada Media.
Wati, Santi Herlina, and Anang Sudigdo. 2019. “Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sejarah Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Bagi Siswa Sekolah Dasar.” In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST,.
Widiastuti, Anis. 2017. “Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(3): 52–64.
Yunaika, Weti. 2023. “Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia.” WORLD MANAGEMENT 1(02): 81–91.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-10-16

How to Cite

Astutik, D. W., Rahmawati, D. N., Anggraini, A. E. ., & Dewi, R. S. I. . (2024). Strategi Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Bagi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 8(2), 27–36. https://doi.org/10.29407/jbsp.v8i2.22619