Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Akademik Siswa
The Influence of Learning Motivation on Increasing Student Academic Achievement
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i2.20670Keywords:
motivasi, belajar, motivasi belajar, prestasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi akademik siswa. Siswa dengan motivasi belajar yang tinggi cenderung mencapai prestasi akademik yang lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar yang rendah. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, seperti lingkungan belajar, dukungan orang tua, dan nilai pendidikan yang dirasakan. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, perhatian terhadap motivasi siswa untuk belajar dan upaya berkelanjutan untuk meningkatkannya sangat diperlukan. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pemahaman kita tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik siswa dan cara-cara untuk meningkatkan motivasi belajar mereka.
References
Abdullah, Ridwan, & Muhammad, R. (2022). “Monograf Komunikasi Efektif dan Hasil Belajar.” Media Sains Indonesia, h. 15-16.
Anggreni, Desak Putu Dewi & I Wayan R. (2022). “Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Agama Hindu Perspektif Teori Belajar Sosial.” Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 1, No 2, h. 149.
Aritonang, Keke T. (2008). “Minat dan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Penabur, Vol , No 1, h. 17.
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, h. 35.
Bakar Ramli. (2014). The Effort of Learning Motivation on Student’s Productive Competencies in Vocational High School West Sumatera. International Journal of Asian Social Science, Vol 4, No 6, h. 722-723.
Dimyati dan Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakàrta: Rineka Cipta.
Dewi, Fani C & Tjutju Yuniarsih. (2020). “Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Peran Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol 5, No 1, h. 4.
Emda, Amna. (2017). “Kedudukan Motivasi Balajar dalam Pembelajaran.” Jurnal Lantanida, Vol 5, No 2, h. 178.
Kurniawaty, Imas & dkk. (2022). “Peran Orang Tua dalam Memotivasi anaknya.” Jurnal Basic Edu, Vol 6, No 1, h. 38.
Kusumaningrini, Dyah L & Niko S. (2021). “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19.” Akademika: Jurnal Teknologi dan Pendidikan, Vol 10, No 1, h. 147.
Nap, Yanus. (2016). “Pengaruh Relasi Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD Gugus 3 Sewon Banjar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 7, Tahun 2016, h. 720-721.
Novelti. (2021). “Implikasi Aliran Psikologi Kognitif dalam Proses Belajar dan Pembelajaran.” Jurnal Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, h. 6.
Palupi, Retno & dkk. (2014). “Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Pacitan.” Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 2, No 2, h. 159.
Pamassangan, Gidion. (2014). “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 5 Pasangkayu Kecamatan Baras Mamuju Utara.” Jurnal Edu Civic, Vol 2, No 2, h. 6.
Pettalongi, Sagaf S. (2008). “Telaah Teori-teori dalam Pendidikan dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar.” Ta’dieb: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, Vol 9, No 5, h. 806.
Puspitasari, Devi Brantaningtyas (2012). “Hubungan Antara Persepsi terhadap Iklim dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak.” Emphaty: Jurnal Fakultas psikologi, Vol 1, No 1, h. 60.
Rahmawati, Rima. (2016). “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa X SMAN 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran Baru.” Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Vol 5, No 4, h. 328-329.
Rivai, Muhammad Irvan & Fitrah M Siud. (2022). “Peran Lingkungan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD di Banjarmasin.” Journal Community Empowerment, Vol 3, No 2, h. 69.
Susanti, Lidia. (2022). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivai Belajar. Jakarta: Elex Media Komputindo, h. 9-10.
Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, h. 89.
Uniwara, Trapenas. (2021). “Peluang dan Tantangan Pembelajaran Digital di Era 4.0 Menuju 5.0.” Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional, h. 208.
Winarni, Martina, Sri A, Muslimah. Z. R. (2016). “Motivsi Belajar Ditinjau dari Dukungan Sosial Orang Tua pada Siswa SMA.” Jurnal Psikologi, Vol 2, No 1, h.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0