Kohesi dan Koherensi dalam Karangan Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Ash-Sholahiyah Depok Jawa Barat

Cohesion and Coherence in Essays of Grade VI Students at Ash-Sholahiyah Elementary Madrasah, Depok, West Java

  • Ila Nafilah Universitas Indraprasta PGRI
  • Reni Rokhayati Universitas Indraprasta PGRI
  • Memmy Dwi Jayanti Universitas Indraprasta PGRI
Abstract views: 539 , PDF downloads: 23115
Keywords: karangan, koherensi, kohesi

Abstract

Ilmu linguistik terdiri dari beberapa bidang keilmuan di antaranya fonologi, morfologi, sintaksis, semantik dan wacana. Dari beberapa bidang kebahasaan tersebut, wacana merupakan satuan bahasa terlengkap dan tertinggi dalam hierarki kebahasaan. Wacana terdiri dari dua jenis, yaitu wacana lisan dan wacana tulis. Wacana lisan diungkapkan dalam komunikasi verbal, sedangkan wacana tulis dinyatakan ke dalam sebuah tuli san yang memuat rentetan kalimat yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya dalam membentuk satu kesatuan informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang mengedepankan kedalaman penghayatan terhadap interaksi antar onsep yang sedang dikaji secara empiris dengan menggunakan kata-kata atau gambar. Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan metode analisis isi (content analysis). Analisis isi ini digunakan dalam pencarian fakta dengan interpretasi data berupa karangan karangan siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Ash-Sholahiyah yang berjudul “Kepedulian dan Tanggung Jawab Terhadap Makhluk Hidup dan Lingkungan”. Analisis yang dilakukan adalah analisis terhadap kajian analisis kohesi dan koherensi. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah: untuk menganalisis dan memperoleh gambaran yang jelas mengenai kohesi dan koherensi dalam karangan siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah yang berjudul “Kepedulian dan Tanggung Jawab Terhadap Makhluk Hidup dan Lingkungan”.

References

Alex dan Achmad H.P. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenada Media Group.

Arifin, E. Zaenal, dkk. 2015. Wacana Transaksional dan Interaksional dalam Bahasa Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri

Chaer, A. 2002. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah Djajasudarma, T. 2006. Wacana: Pemahamandan Hubungan Antar Unsur. Bandung: Eresco.

Mulyana. 2005. Kajian Wacana: Teori, Metode, & Aplikasi Prinsip-prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Nadliroh, Muhayatun. 2010. Kohesi Wacana Tajuk Rencana dalam Surat Kabar Suara Merdeka. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Nurudin. 2010. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM press.

Saddhono, Kundaru dan St. Y. Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indoensia, Teori, dan Aplikasi. Bandung: Karya Putra Darwati.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Semantik. Bandung: Angkasa.

PlumX Metrics

Published
2019-04-22
How to Cite
Nafilah, I., Rokhayati, R., & Jayanti, M. D. (2019). Kohesi dan Koherensi dalam Karangan Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Ash-Sholahiyah Depok Jawa Barat: Cohesion and Coherence in Essays of Grade VI Students at Ash-Sholahiyah Elementary Madrasah, Depok, West Java. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 3(1), 35-45. https://doi.org/10.29407/jbsp.v3i1.13644
Section
Artikel