ANALISIS PERMASALAHAN PADA KEBUTUHAN BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS MAKALAH MAHASISWA MELALUI MODEL JIGSAW DI ERA DIGITAL (Kajian Awal Lesson Study)

  • Encil Puspitoningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 25 , pdf downloads: 14
Keywords: kebutuhan belajar, menulis makalah, model jigsaw

Abstract

Harapan pembelajaran menulis karya tulis ilmiah bagi mahasiswa yang sudah duduk pada bangku perguruan tinggi yaitu mahasiswa sudah lancar dalam menulis karya tulis ilmiah berupa makalah. peneliti bertujuan ingin mengetahui beberapa faktor yang menjadi penyebab permasalahan belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia. Jika sudah menemukan faktor permasalahan peneliti tergerak mencari upaya solusi mengatasi permasalahan pembelajaran menulis makalah mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil analisis permasalahan pada kebutuhan belajar keterampilan menulis makalah mahasiswa yaitu menawarkan penerapan pembelajaran jigsaw dipadukan dengan penggunaan teknologi umtuk pembelajaran.

References

Alipandie, Imansyah. 1984. Didaktik Metodik Pendidikan Umum. Surabaya: Usaha Nasional.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Ismail. 2016. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. Jurnal Edukasi. Volume 2, Nomor 1, Hlm. 30-43.
Pitoyo, Andri., Sujarwoko., Puspitoningrum, Encil. 2019.
Lesson Study sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Tulis Ilmiah Melalui Model Jigsaw di Era Masyarakat Society
5.0. Prosiding SENASBASA http://researchreport.umm.ac.id/ind

ex.php/SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra) Volume 3 Nomor 2 Tahun 2019
Halaman 128-134.
Nugraheni, Diah. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Mekanika. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika.
Vol.5 No.1. Hal 23-32.
KBBI. 2020. https://kbbi.web.id/masalah diakses pada tanggal 19 Februari 2020.
Published
2020-04-25
How to Cite
Puspitoningrum, E. (2020). ANALISIS PERMASALAHAN PADA KEBUTUHAN BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS MAKALAH MAHASISWA MELALUI MODEL JIGSAW DI ERA DIGITAL (Kajian Awal Lesson Study). Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 4(1), 1-11. https://doi.org/10.29407/jbsp.v4i1.17659
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)