ANALISIS PERMASALAHAN PADA KEBUTUHAN BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS MAKALAH MAHASISWA MELALUI MODEL JIGSAW DI ERA DIGITAL (Kajian Awal Lesson Study)


Abstract
Harapan pembelajaran menulis karya tulis ilmiah bagi mahasiswa yang sudah duduk pada bangku perguruan tinggi yaitu mahasiswa sudah lancar dalam menulis karya tulis ilmiah berupa makalah. peneliti bertujuan ingin mengetahui beberapa faktor yang menjadi penyebab permasalahan belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia. Jika sudah menemukan faktor permasalahan peneliti tergerak mencari upaya solusi mengatasi permasalahan pembelajaran menulis makalah mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil analisis permasalahan pada kebutuhan belajar keterampilan menulis makalah mahasiswa yaitu menawarkan penerapan pembelajaran jigsaw dipadukan dengan penggunaan teknologi umtuk pembelajaran.
References
Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Ismail. 2016. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. Jurnal Edukasi. Volume 2, Nomor 1, Hlm. 30-43.
Pitoyo, Andri., Sujarwoko., Puspitoningrum, Encil. 2019.
Lesson Study sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Tulis Ilmiah Melalui Model Jigsaw di Era Masyarakat Society
5.0. Prosiding SENASBASA http://researchreport.umm.ac.id/ind
ex.php/SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra) Volume 3 Nomor 2 Tahun 2019
Halaman 128-134.
Nugraheni, Diah. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Mekanika. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika.
Vol.5 No.1. Hal 23-32.
KBBI. 2020. https://kbbi.web.id/masalah diakses pada tanggal 19 Februari 2020.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0