Pengembangan Gim Rumah Sajak Berekstensi Apk Sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi dalam Jaringan

Developing the Rumah Sajak Game with Apk Extension as an Online Poetry Writing Learning Media

  • Ariva Luciandika Universitas Negeri Malang
  • Nita Widiati Universitas Negeri Malang
  • Dewi Ariani Universitas Negeri Malang
Abstract views: 227 , pdf downloads: 223
Keywords: gim, konstruktivistik, media pembelajaran

Abstract

Pada pembelajaran menulis  puisi, pebelajar dapat mengekspresikan gagasan, rasa, pengalaman, dan imajinasi melalui kegiatan menulis. Urgensi penelitian ini yaitu menyusun modul gim berbetuk digital bernama Rumah Sajak yang bisa digunakan secara mandiri oleh mahasiswa agar layak diimplementasikan dari sisi konten isi, sistematika penyajian, kebahasaan, dan tampilan. Desain pengembangan yang digunakan adalah model C-ID- Constructivist Instructional Design dengan pendekatan konstruktivistik pola kerja R2D2. Struktur model C-ID itu terdiri atas 4 tahap, yakni (1) define, (2) design, (3) development, serta (4) dissemination. Dari hasil validasi, rata-rata skor komponen kontem isi 87,1%, sistematika penyajian 86,6%, bahasa 85,8%, dan tampilan 87,2%. Dengan demikian, gim ini layak diimplementasikan.

References

Colon, B., Taylor, K. A., dan Willis, J. 2000. "Constructivist Instructional Design: Creating a Multimedia Package for Teaching Critical Qualitative Research," The Qualitative Report, vol. 5, no. 1, hlm. 1-29.

Endraswara, S. 2003. Metode Penelitian Sastra. Yogakarta: Pustaka Widyatama.

Juwita, P., dan Nasution, A. S. 2018. "Upaya Meningkatkan Minat Menulis Puisi Menggunakan Media Lagu," Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 3, no. 1, hlm. 91-102.

Haliq, A., Asri A., dan fitri, S. 2017. "Kemampuan Menulis Puisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan Menggunakan Metode Mind Mapping," in Prosiding Seminar Nasional, Makasar.

Lestari, T. 2019. "Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Metode Paralel Writing Melalui Teknik Pengimajinasian Benda Abstrak Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Pekanbaru," Gerakan Aktif Menulis, vol. 7, no. 1, hlm. 64-70.

Ninawati, M. 2019. "Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar," Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 1, hlm. 68-78.

Puspitoningrum, E. 2015. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kembali Dongeng Untuk Siswa SMP Kelas VII” Ditulis dalam http://https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/2612; diakses tanggal 3 Februari 2022.

Sarumpaet. 2002. Sastra Masuk Sekolah. Magelang: Tera Indonesia.

Selibauti, L., dan Karim, M. 2018. "Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Experiential Learning untuk Siswa SMP Kelas VIII," Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, vol. 8, no. 1, hlm. 23-34.

S. Jaya, S. R dan E. 2013. "Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Media Gambar Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh," Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, vol. 1, no. 2, hlm. 87-95.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.

Waluyo. 2000. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wicaksono, H., Roekhan, dan M. Hasanah. 2018. "Pengembangan Media Permainan Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis Puisi bagi Siswa Kelas X," Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 3, no. 2, hlm. 223-228.

PlumX Metrics

Published
2021-10-25
How to Cite
Luciandika, A., Widiati, N., & Ariani, D. (2021). Pengembangan Gim Rumah Sajak Berekstensi Apk Sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi dalam Jaringan: Developing the Rumah Sajak Game with Apk Extension as an Online Poetry Writing Learning Media. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(2), 46-55. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i2.17549