Pengembangan Gim Rumah Sajak Berekstensi Apk Sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi dalam Jaringan


Abstract
Pada pembelajaran menulis puisi, pebelajar dapat mengekspresikan gagasan, rasa, pengalaman, dan imajinasi melalui kegiatan menulis. Urgensi penelitian ini yaitu menyusun modul gim berbetuk digital bernama Rumah Sajak yang bisa digunakan secara mandiri oleh mahasiswa agar layak diimplementasikan dari sisi konten isi, sistematika penyajian, kebahasaan, dan tampilan. Desain pengembangan yang digunakan adalah model C-ID- Constructivist Instructional Design dengan pendekatan konstruktivistik pola kerja R2D2. Struktur model C-ID itu terdiri atas 4 tahap, yakni (1) define, (2) design, (3) development, serta (4) dissemination. Dari hasil validasi, rata-rata skor komponen kontem isi 87,1%, sistematika penyajian 86,6%, bahasa 85,8%, dan tampilan 87,2%. Dengan demikian, gim ini layak diimplementasikan.
References
Endraswara, S. 2003. Metode Penelitian Sastra. Yogakarta: Pustaka Widyatama.
Juwita, P., dan Nasution, A. S. 2018. "Upaya Meningkatkan Minat Menulis Puisi Menggunakan Media Lagu," Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 3, no. 1, hlm. 91-102.
Haliq, A., Asri A., dan fitri, S. 2017. "Kemampuan Menulis Puisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan Menggunakan Metode Mind Mapping," in Prosiding Seminar Nasional, Makasar.
Lestari, T. 2019. "Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Metode Paralel Writing Melalui Teknik Pengimajinasian Benda Abstrak Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Pekanbaru," Gerakan Aktif Menulis, vol. 7, no. 1, hlm. 64-70.
Ninawati, M. 2019. "Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar," Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 1, hlm. 68-78.
Puspitoningrum, E. 2015. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kembali Dongeng Untuk Siswa SMP Kelas VII” Ditulis dalam
http://https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/2612; diakses tanggal 3 Februari 2022.
Sarumpaet. 2002. Sastra Masuk Sekolah. Magelang: Tera Indonesia.
Selibauti, L., dan Karim, M. 2018. "Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Experiential Learning untuk Siswa SMP Kelas VIII," Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, vol. 8, no. 1, hlm. 23-34.
S. Jaya, S. R dan E. 2013. "Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Media Gambar Siswa Kelas X.1sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh," Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, vol. 1, no. 2, hlm. 87-95.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.
Waluyo. 2000. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wicaksono, H., Roekhan, dan M. Hasanah. 2018. "Pengembangan Media Permainan Imajinasi dalamPembelajaran Menulis Puisi bagi Siswa Kelas X," Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 3, no. 2, hlm. 223-228.
Copyright (c) 2021 Ariva Luciandika, Nita Widiati, Dewi Ariani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0