PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PBSI DENGAN MODEL JIGSAW TAHUN 2020/2021


Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai langkah peningkatan hasil belajar keterampilan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa melalui model Jigsaw. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya pengetahuan dan kemampuan mahasiswa tingkat awal pada keterampilan menulis karya tulis ilmiah khususnya makalah. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan instrumen tes. Populasi yang diambil adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berjumlah 34 orang. Rancangan awal penelitian dilakukan dengan menggunakan pre tes. Perlakuan dilakukan dengan memanfaatkan model Jigsaw. Untuk mengetahui hasil dari perlakuan diberikan postes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dimana penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan hanya menggunakan satu siklus perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa hasil belajar dengan menerapkan model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis karya tulis ilmiah makalah. Hasil yang didapat dari pretes rata-rata sebesar 70,25 berbanding dengan hasil postes rata-rata adalah 85,5. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan signifikan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Jigsaw. Pembelajaran yang menerapkan model Jigsaw dapat digunakan untuk mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran.
References
Ichsan, M. (2016). Analisis Sitiran Artikel
Jurnal Dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) Oleh Mahasiswa Prodi Diploma III Keperawatan Meulaboh Poltekkes Kemenkes Aceh Tahun 2016. Repositoty, 2.
Pitoyo, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Nusantara of Research Universitas Nusantara PGRI Kediri, 58.
Pitoyo, A., Sujarwoko, & Puspitoningrum, E. (2019). Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Tulis Ilmiah Melalui Model Jigsaw Di Era Masyarakat Society 5.0. Prosiding SENASBASA, 128-129.
Putrayasa, I. N. (2016). Menulis Makalah, Rangkuman, dan Buku Serta Membaca Untuk Menulis Akademik. Repositori, 4.
Salman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa STKIP Andi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 39.
Suprihatin, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 85.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika, 37.
Tanjung, Bahdin Nur dan Ardial. 2010 Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Kencan Prenada Media Grup.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0