PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PBSI DENGAN MODEL JIGSAW TAHUN 2020/2021

  • Encil Puspitoningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 49 , pdf downloads: 35
Keywords: lesson study, model jigsaw, peningkatan keterampilan menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai langkah peningkatan hasil belajar keterampilan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa melalui model Jigsaw. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya pengetahuan dan kemampuan mahasiswa tingkat awal pada keterampilan menulis karya tulis ilmiah khususnya makalah. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan instrumen tes. Populasi yang diambil adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berjumlah 34 orang. Rancangan awal penelitian dilakukan dengan menggunakan pre tes. Perlakuan dilakukan dengan memanfaatkan model Jigsaw. Untuk mengetahui hasil dari perlakuan diberikan postes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dimana penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan hanya menggunakan satu siklus perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa hasil belajar dengan menerapkan model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis karya tulis ilmiah makalah.  Hasil yang didapat dari pretes rata-rata sebesar 70,25 berbanding dengan hasil postes rata-rata adalah 85,5. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan signifikan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Jigsaw. Pembelajaran yang menerapkan model Jigsaw dapat digunakan untuk mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran.

References

DePorter, Bobbi dan Hernacki. 1999. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Ichsan, M. (2016). Analisis Sitiran Artikel
Jurnal Dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) Oleh Mahasiswa Prodi Diploma III Keperawatan Meulaboh Poltekkes Kemenkes Aceh Tahun 2016. Repositoty, 2.

Pitoyo, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Nusantara of Research Universitas Nusantara PGRI Kediri, 58.
Pitoyo, A., Sujarwoko, & Puspitoningrum, E. (2019). Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Tulis Ilmiah Melalui Model Jigsaw Di Era Masyarakat Society 5.0. Prosiding SENASBASA, 128-129.
Putrayasa, I. N. (2016). Menulis Makalah, Rangkuman, dan Buku Serta Membaca Untuk Menulis Akademik. Repositori, 4.
Salman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa STKIP Andi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 39.
Suprihatin, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 85.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika, 37.
Tanjung, Bahdin Nur dan Ardial. 2010 Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Kencan Prenada Media Grup.


Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Published
2021-04-25
How to Cite
Puspitoningrum, E. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PBSI DENGAN MODEL JIGSAW TAHUN 2020/2021. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(1), 31-40. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i1.17641
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)