Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Metode Project Bassed Learning pada Pembelajaran Teks Drama Kelas VIII SMP Negeri 1 Berbek Tahun 2022/2023
Improving Writing Skills Using the Project-Based Learning Method in the Teaching of Drama Texts for Grade VIII Students at SMP Negeri 1 Berbek in the Academic Year 2022/2023
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis teks drama dengan menggunakan metode Project Bassed Learning pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Berbek tahun 2022/2023. Penulis dalam mengatasi masalah tersebut penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode pembelajaran project bassed learning agar pembelajaran lebih mudah untuk siswa memiliki keterampilan menulis. Prosedur penelitian menggunakan siklus yaitu ada perencanaan, pelaksaaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Waktu pelaksaann penelitian yaitu pada bulan Maret sampai April 2023. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dua jenis yaitu kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menghasilkan bahwa penggunaan metode Project Bassed Learning kelas VIII SMP Negeri 1 Berbek tahun 2022/2023 dalam keterampilan menulis pada teks drama dapat meningkatkan keterampulan menulis. Dibuktikan dengan siklus 1 rata-rata presentase keberhasilan 89,74% dan pada siklus II mencapai 94,87%.
References
Magdalena, I., dkk. 2021. Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. Edisi: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 243-252.
Mulyati, T. 2014. Hakikat Keterampilan Berbahasa.Jakarta: Pdf UT.
Nurgiyantoro. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Prasetya, H. S., dkk. 2022. Pemilihan Kata Konotasi pada Kumpulan Lagu Hip Hop di Indonesia Karya Eizy. Wacana: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 6(2), 37-48, https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i2.19122.
Purnomo Halim dan Ilyas Yanuar. 2019. Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta: K-Media
Rusliana Lu. 2020. Menulis itu Mudah. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Salim, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Perdana Publishing.
Setiadi, H. 2016. Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166-178.
Siddik Mohammad. 2016. Dasar-dasar Menulis dengan Penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.
Widyantara, IMS., dan Rasna IW. 2020. Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa, 9(2), 113-122.
Copyright (c) 2023 Aulia Fauziah, Sri Lestari, Suwarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0