PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASSED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEKS DRAMA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BERBEK TAHUN 2022/2023


Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis teks drama dengan menggunakan metode Project Bassed Learning pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Berbek tahun 2022/2023. Penulis dalam mengatasi masalah tersebut penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode pembelajaran project bassed learning agar pembelajaran lebih mudah untuk siswa memiliki keterampilan menulis. Prosedur penelitian menggunakan siklus yaitu ada perencanaan, pelaksaaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Waktu pelaksaann penelitian yaitu pada bulan Maret sampai April 2023. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dua jenis yaitu kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menghasilkan bahwa penggunaan metode Project Bassed Learning kelas VIII SMP Negeri 1 Berbek tahun 2022/2023 dalam keterampilan menulis pada teks drama dapat meningkatkan keterampulan menulis. Dibuktikan dengan siklus 1 rata-rata presentase keberhasilan 89,74% dan pada siklus II mencapai 94,87%.
References
Nurgiyantoro.2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Siddik Mohammad. 2016. Dasar-dasar Menulis dengan Penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.
Rusliana Lu. 2020. Menulis itu Mudah. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Purnomo Halim dan Ilyas Yanuar. 2019. Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta: K-Media
Copyright (c) 2023 Aulia Fauziah, Sri Lestari, Suwarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0