INTERFERENSI MORFOLOGI BAHASA JAWA KE DALAM BAHASA INDONESIA PADA ACARA TALKSHOW INDONESIA LAWYERS CLUB 2020 DI TV ONE

  • Nira Ahyu Kinasih Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Andri Pitoyo Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 39 , pdf downloads: 36
Keywords: frasa, inteferensi, kata, klausa, prefiks, sufiks

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi acara talkshow Indonesia Lawyers Club memiliki kualitas program, memiliki pengakuan penghargaan, pencapaian rating tinggi, serta menghadirkan narasumber pengamat sosial, politikus, lawyer, dan masyarakat umum. Hal tersebut menarik untuk diteiti karena dalam acara tersebut banyak bermunculan terjadinya interferensi karena narasumber yang dihadirkan dari berbagai latar belakang dan budaya yang berbeda. Kemudian dalam penelitian ini peneliti memfokuskan meneliti pada salah satu narasumber yakni, Sujiwo Tejo, dan Karni Ilyas sebagai pemandu acara talkshow Indonesia Lawyers Club di Tv One.

Sujiwo Tejo adalah seorang aktor, penyanyi, penulis, dan budayawan Indonesia yang lahir di Kabupaten Jember. Sujiwo Tejo yang lahir berdarah Jawa, tidak menutup kemungkinan akan menggunakan bahasa ibu saat bertutur. Maka ketika dihadirkan dalam Indonesia Lawyers Club di Tv One, Sujiwo tejo merupakan narasumber yang memungkinkan terjadinya peristiwa interferensi saat bertutur dalam acara formal. Karni Ilyas lahir di Sumatra Barat, berdarah Minangkabau. Namun, kini menetap di Jakarta, sehingga banyak mengenal dan memiliki banyak rekan dari berbagai latar belakang suku dan budaya juga menyebabkan kemungkinan terjadinya peristiwa interferensi saat bertutur dalam acara formal. Hasil penelitian ini menyatakan ditemukan interferensi tataran morfologi meliputi prefiks, sufiks, kata, frasa, dan klausa.

References

Alwi, Hasan, dkk. 2003 .Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Balai Bahasa. 2016. Kamus Besar
Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A. dan Agustina, L. 2014.
Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nababan, P.W.J., 1986. Sosiolinguistik
Suatu Pengantar.
Jakarta:Gramedia.
Pitoyo, A. 2017. Jurnal Pena Indonesia.
Interferensi Bahasa Jawa ke dalam
Bahasa Indonesia Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Perkuliahan Keprotokolan. Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya, 3(2), 185-200.

Sekartaji, N. D. (2013). Interferensi Bahasa Indonesia Dalam Bahasa Jawa Pada Album Campursari Tresna Kutha Bayu . eprints Universitas Negeri Yogyakarta, 17.

Silitonga, L. T. (2017). Inteferensi Bahasa Angkola Mandailing Terhadap Tuturan Bahasa Indonesia. Repositori Universitas Sumatera Utara, 30.
Vindi, Y. (2016). Interferensi Morfologi Dan Sintaksis Bahasa Jawa Dalam Bahasa Indonesia Pada Tuturan Dalam Sinetron “Pesantren & Rock’n Roll”Di Sctv . Universitas Negeri Semarang, 14
.
Weinreich, U. 1970. Language in Contact.
The Hague : Mouton
Published
2021-10-25
How to Cite
Kinasih, N. A., & Pitoyo, A. (2021). INTERFERENSI MORFOLOGI BAHASA JAWA KE DALAM BAHASA INDONESIA PADA ACARA TALKSHOW INDONESIA LAWYERS CLUB 2020 DI TV ONE. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(2), 56-62. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i2.17554