Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Pembelajaran Korsa Murid Kelas XI MIPA 4 SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur Tahun Pelajaran 2021/2022
Improving Scientific Writing Skills Through Cross-Subject Learning for Grade XI Science 4 Students at SMAN 5 Taruna Brawijaya East Java Academic Year 2021/2022
Abstract
Rendahnya keterampilan menulis karya ilmiah pada murid kelas XI MIPA 4 SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur merupakan masalah yang melatarbelakangi penelitian ini. Materi menulis karya ilmiah yang dianggap sukar, penguasaan literasi yang kurang, pembelajaran daring yang dijalani murid hampir 1,5 tahun menyebabkan para murid kesulitan menulis karya ilmiah. Dari permasalahan tersebut, penulis menggunakan pembelajaran korsa pada materi menulis karya ilmiah untuk murid kelas XI MIPA 4. Hasil belajar murid pada siklus I sebanyak 21 murid tuntas dan 11 murid tidak tuntas dengan rerata nilai 78,28. Hasil belajar murid pada siklus II sebanyak 31 murid tuntas dan 1 murid tidak tuntas dengan rerata nilai 82,92. Aktivitas murid pada siklus I sebesar 65,6 atau kategori cukup dan siklus II sebesar 81,25 atau kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran korsa dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah murid kelas XI MIPA 4 SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur.
References
Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. 2013. Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula.
Anas, Muhammad. 2014. Mengenal Metode Pembelajaran. Pasuruan: CV Pustaka Hulwa.
Dalman. 2015. Menulis Karya Ilmiah. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Doyin dan Wagiran. 2005. Curah Gagasan Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Rumah Indonesia.
Nasution, M. K. (2017). Karya ilmiah. Teknik Penulisan Karya Ilmiah, 2.
Pitoyo, Andri. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2 (1).
Pitoyo, A., Sujarwoko, & Puspitoningrum, E. (2019). Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Tulis Ilmiah Melalui Model Jigsaw Di Era Masyarakat Society 5.0. Prosiding SENASBASA, 128-129.
Sarwono, Jonathan. 2010. Pintar Menulis Karya Ilmiah-Kunci Sukses dalam Menulis Ilmiah. Yogyakarta: Andi Publisher.
Wardani, I.G.A.K, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wikipedia. 2022. Pengertian Korsa. https://id.wikipedia.org/wiki/korsa. Diakses tanggal 3 Mei 2022.
Copyright (c) 2022 Nuribi Hariyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0