Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Pembelajaran Korsa Murid Kelas XI MIPA 4 SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur Tahun Pelajaran 2021/2022

Improving Scientific Writing Skills Through Cross-Subject Learning for Grade XI Science 4 Students at SMAN 5 Taruna Brawijaya East Java Academic Year 2021/2022

  • Nuribi Hariyanto SMAN 5 Taruna Brawijaya Kediri
Abstract views: 138 , pdf downloads: 145
Keywords: karya ilmiah, korsa, menulis

Abstract

Rendahnya keterampilan menulis karya ilmiah pada murid kelas XI MIPA 4 SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur merupakan masalah yang melatarbelakangi penelitian ini. Materi menulis karya ilmiah yang dianggap sukar, penguasaan literasi yang kurang, pembelajaran daring yang dijalani murid hampir 1,5 tahun menyebabkan para murid kesulitan menulis karya ilmiah. Dari permasalahan tersebut, penulis menggunakan pembelajaran korsa pada materi menulis karya ilmiah untuk murid kelas XI MIPA 4. Hasil belajar murid pada siklus I sebanyak 21 murid tuntas dan 11 murid tidak tuntas dengan rerata nilai 78,28. Hasil belajar murid pada siklus II sebanyak 31 murid tuntas dan 1 murid tidak tuntas dengan rerata nilai 82,92. Aktivitas murid pada siklus I sebesar 65,6 atau kategori cukup dan siklus II sebesar 81,25 atau kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran korsa dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah murid kelas XI MIPA 4 SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur.

References

Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. 2013. Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula.

Anas, Muhammad. 2014. Mengenal Metode Pembelajaran. Pasuruan: CV Pustaka Hulwa.

Dalman. 2015. Menulis Karya Ilmiah. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Doyin dan Wagiran. 2005. Curah Gagasan Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Rumah Indonesia.

Nasution, M. K. (2017). Karya ilmiah. Teknik Penulisan Karya Ilmiah, 2.

Pitoyo, Andri. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2 (1).

Pitoyo, A., Sujarwoko, & Puspitoningrum, E. (2019). Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Tulis Ilmiah Melalui Model Jigsaw Di Era Masyarakat Society 5.0. Prosiding SENASBASA, 128-129.

Sarwono, Jonathan. 2010. Pintar Menulis Karya Ilmiah-Kunci Sukses dalam Menulis Ilmiah. Yogyakarta: Andi Publisher.

Wardani, I.G.A.K, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wikipedia. 2022. Pengertian Korsa. https://id.wikipedia.org/wiki/korsa. Diakses tanggal 3 Mei 2022.

PlumX Metrics

Published
2022-12-16
How to Cite
Hariyanto, N. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Pembelajaran Korsa Murid Kelas XI MIPA 4 SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur Tahun Pelajaran 2021/2022: Improving Scientific Writing Skills Through Cross-Subject Learning for Grade XI Science 4 Students at SMAN 5 Taruna Brawijaya East Java Academic Year 2021/2022. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 6(2), 97-103. https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i2.19194