Variasi Kata Sapaan dalam Akun Twitter @schfess

Variations of Greetings in the Twitter Account @schfess

  • Elisabet Cornilia Ayuningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Marista Dwi Rahmayantis Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sempu Dwi Sasongko Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Suhartono Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 243 , pdf downloads: 261
Keywords: akun @schfess, twitter, variasi sapaan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa per­kem­bangan teknologi dan penggunaan bahasa mempengaruhi penggunaan kata sapaan anak muda saat ini, terkhusus dalam penggunaan bahasa dalam media sosial. Perkembangan penggunaan bahasa berdampak pada munculnya variasi sapaan, terkhusus dalam media sosial twitter. Penelitian menggunakan pendekatan sosiolinguistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian cuitan akun twit­ter @schfess. Terdapat tiga tahap dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Hasil penelitian ini ditemukan penggunaan kata sapaan nonkekerabatan berjumlah 14 data (58%). Variasi sapaan kekerabatan berjumlah 6 data (25 %) dan sapaan kesantunan memiliki jumlah 4 data (16,7%). Variasi sapaan dalam akun twitter @schfess mayoritas digunakan untuk menumbuhkan situasi keakraban de­ngan memilih diksi sapaan nonkekerabatan. Variasi sapaan dalam cuitan akun twitter @schfess dilatarbelakangi oleh lima faktor, yakni: pendidikan, jenis kelamin, profesi, usia, dan lingkungan sosial.

References

Akun Media Sosial Twitter @Schfess pada halaman https://twitter.com/schfess.

Aisyah, O. N. ., Sasongko, S. D. ., & Lailiyah, N. . (2021). Gaya Bahasa Retorika Iklan Makanan Pada Media Sosial Instagram. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 346–352. Retrieved from: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1543

A.R., Syamsuddin & Damaianti, V. S. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Aprilia, Dwi. 2016. Penggunaan Kata Sapaan Pada Akun Twitter Ganjar Pranowo @ganjarpranowo dan Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA. Skripsi. Tersedia di https://eprints.ums.ac.id/46561/

Aslinda dkk. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Reflika Aditama.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di kbbi.kemendikbud.go.id/entri. Diakses 4 April 2022.

Chaer, Abdul & Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Ernawati, Y. & A. S. 2020. Analisis Variasi Kata Sapaan Antara Penjual dan Pembeli di Pasar Induk Cikurubuk Tasikmalaya Ditinjau dari Perpektif Pragmatik. (Online). Vol 10, No. 2. (https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/3027, diakses pada 4 Februari 2022).

Kusrini, Eny. 2009. Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SD Negeri 03 Lalung Karanganyar Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Tersedia di http://bitly.ws/t3Tr.

Kridalaksana, Harimurti. 1978. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Krispendoff, Klaus. 1993. Analisis Isi Pengantar dan Teori Metodologi. Jakarta: Rajawali Pres.

Moeleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitati. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moeliono, Anton M. 1983. Bahasa dan Struktur Sosial. Tersedia di http://bitly.ws/t3V2.

Mutmainnah. 2017. Bentuk Sapaan Mahasiswa Kepada Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin: Tinjauan Sosiolinguistik. Skripsi. Tersedia di http://bitly.ws/t3T8.

Nababan, P.W.J. 1984. Sosisolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Rahardi, R. Kunjana. 2004. Dinamika Kebahasaan: Aneka Masalah Bahasa Indonesia Terkini. Yogyakarta: Mitra Gama WIdya.

Sari, Kumala. 2018. Analisis Variasi Kata Sapaan Pada Media Sosial “WhatsApp Massanger”. Skripsi. Tersedia di http://bitly.ws/t3TA.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafyahya, Leny dkk. 2000. Kata Sapaan Bahasa Minangkabau di Kabupaten Agam. Jakarta: Pusat Pimpinan dan Pengembangan Bahasa.

Wantorojati, Tunjung. 2015. Penggunaan Kata Sapaan Dalam Bahasa Jawa Banyumasan di Kabupaten Cilacap. Skripsi. Tersedia di http://bitly.ws/t3TN.

Wikipedia. Twitter. (online), (https://id.m.wikipedia.org/wiki/Twitter, diakses pada 3 Februari 2022).

PlumX Metrics

Published
2022-10-25
How to Cite
Ayuningtyas, E. C., Rahmayantis, M. D., Sasongko, S. D., & Suhartono. (2022). Variasi Kata Sapaan dalam Akun Twitter @schfess: Variations of Greetings in the Twitter Account @schfess. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 6(2), 23-36. https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i2.19120

Most read articles by the same author(s)