Pembelajaran Menulis Puisi dengan Sugesti Imajinasi Menggunakan Media Video Keindahan Alam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII E UPT SMPN 2
Learning Poetry Writing with Imagination Suggestion Using Nature Beauty Video Media to Improve Learning Outcomes for 8th Grade Students at SMPN 2
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i2.17561Keywords:
imajinasi, puisi, sugestiAbstract
Penelitian ini merupakan tindakan pada kelas yang dilakukan di UPT SMP Negeri 2 Talun. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sugesti imaginasi media video keindahan alam dapat meningkatkan dan meambah keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII E UPT SMP Negeri 2 Talun. Peningkatan dapat dilihat dari peningkatan skor hasil menulis puisi siswa VII E UPT Talun pada setiap siklus. Rata- rata emampuan siswa siswa dalam menulis puisi sebelum adanya tindakan yang berkategori kurang. Akan tetapi, setelah adanya implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan dari rata-rata siswa dalam menulis puisi menjadi kategori baik. Peningkatan kualitas dari hasil implementasi tersebut dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata menulis puisi siswa pada tahap pratindakan sampai pascatindakan Siklus II. Skor rata-rata siswa pada tahap etelah adanya tindakan sebesar 16,53, pada silkus satu meningkat menjadi 19,95 pada Siklus dua kembali meningkat menjadi 22,31. Dari implementasi tersebut skor rata-rata keterampilan siswa mengalami peningkatan sebesar 2,36. Dengan hail itu keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII E UPT SMP Negeri 2 Talun mengalami peningkatan yang cukup baik secara proses ataupun produk setelah adanya tindakan menggunakan media video keindahan alam.
References
Arief S. Sadiman, dkk. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Puspitoningrum, E. 2019 Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Tulis Ilmiah Melalui Model Jigsaw Di Era Masyarakat Society 5.0 di Universitas Nusantra PGRI Kediri
Rahmayantis, D.M. 2020 Pengembangan materi bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan di SMPN 1 Tulungagung di Universitas Nusantara PGRI Kediri KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaVol. 6, No. 2, Oktober, 2020, Halaman: 243-254.
Septiana, Yuspita. 2019. ”Penerapan Metode Sugesti Imajinasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 12/X Desa Pemusiran Kecamatan Nipah Panjang”. Sekripsi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Waluyo, Herman J. 2002. Pengkajian Sastra Rekaan. Salatiga: Widyasari Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0