PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN SUGESTI IMAJINASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO KEINDAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII E UPT SMPN 2


Abstract
Penelitian ini merupakan tindakan pada kelas yang dilakukan di UPT SMP Negeri 2 Talun. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sugesti imaginasi media video keindahan alam dapat meningkatkan dan meambah keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII E UPT SMP Negeri 2 Talun. Peningkatan dapat dilihat dari peningkatan skor hasil menulis puisi siswa VII E UPT Talun pada setiap siklus. Rata- rata emampuan siswa siswa dalam menulis puisi sebelum adanya tindakan yang berkategori kurang. Akan tetapi, setelah adanya implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan dari rata-rata siswa dalam menulis puisi menjadi kategori baik. Peningkatan kualitas dari hasil implementasi tersebut dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata menulis puisi siswa pada tahap pratindakan sampai pascatindakan Siklus II. Skor rata-rata siswa pada tahap etelah adanya tindakan sebesar 16,53, pada silkus satu meningkat menjadi 19,95 pada Siklus dua kembali meningkat menjadi 22,31. Dari implementasi tersebut skor rata-rata keterampilan siswa mengalami peningkatan sebesar 2,36. Dengan hail itu keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII E UPT SMP Negeri 2 Talun mengalami peningkatan yang cukup baik secara proses ataupun produk setelah adanya tindakan menggunakan media video keindahan alam.
References
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Puspitoningrum, E. 2019 Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Tulis Ilmiah Melalui Model Jigsaw Di Era Masyarakat Society 5.0 di Universitas Nusantra PGRI k
Rahmayantis, D.M. 2020 Pengembangan materi bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan di SMPN 1 Tulungagung di Universitas Nusantara PGRI Kediri KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaVol. 6, No. 2, Oktober, 2020, Halaman: 243-254.
Septiana, Yuspita. 2019. ”Penerapan Metode Sugesti Imajinasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 12/X Desa Pemusiran Kecamatan Nipah Panjang”. Sekripsi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Waluyo, Herman J. 2002. Pengkajian Sastra Rekaan. Salatiga: Widyasari Press.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0