Media Film Animasi dalam Pembelajaran Daring Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 6 Kediri

The Use of Animated Films in Online Learning for Developing Expository Writing Skills for 10th Grade Students at SMAN 6 Kediri

  • Tiyas Bekti Cahya Ningsih Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Andri Pitoyo Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 192 , pdf downloads: 171
Keywords: keterampilan menulis teks eksposisi, media film animasi, pembelajaran menulis

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimanakah pengaruh penggunaan media film animasi terhadap pembelajaran teks eksposisi. Pendekatan kuantitatif dengan strategi penelitian eksperimen dan survey yang memerlukan data statistik yang dipakai di dalam penelitian ini. Teknik penelitian yang dipakai di penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan bentuk design eksperimen yaitu quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMAN 6 Kediri yang berjumlah 432 siswa, sedangkan sampel diambil dari 15% dari jumlah populasi yaitu 66 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa kelas X IPS 3 dan kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa kelas X IPS 5. Teknik analisis datanya yaitu analisis deskriptif serta statistik inferensial. Uji t atau t-tes digunakan untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini.Berdasarkan penghitungan t-tes atau t hitung hasilnya adalah 3,265≥ t tabel 2,392 pada taraf signifikan 1%, maka t hitung lebih besar dari t tabel sehingga signifikan. Hal tersebut membuktikan bahwa (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi dalam pembelajaran daring siswa kelas X SMAN 6 Kediri tahun pelajaran 2020-2021.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Instrumen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Puspitoningrum, Encil. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kembali Dongeng Untuk Siswa Smp Kelas Vii, Universitas Nusantara Pgri Kediri.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuali-tatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis :Sebagai Suatu Keterampilan Ber-bahasa.Bandung: Angkasa.

Wawan Rusmawan. 2009. Urgensi Media Pembelajaran dalam KBM. (Online). Tersedia: http://www.lpmpjabar.go.id/index.php/artikel/208-urgensi-media-pembelajaran-dalam-kbm. Diakses pada 16 Juni 2020. Pukul 19.00

PlumX Metrics

Published
2021-04-25
How to Cite
Ningsih, T. B. C., & Pitoyo, A. (2021). Media Film Animasi dalam Pembelajaran Daring Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 6 Kediri: The Use of Animated Films in Online Learning for Developing Expository Writing Skills for 10th Grade Students at SMAN 6 Kediri. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(1), 42-46. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i1.17630
Section
Article