Media Film Animasi dalam Pembelajaran Daring Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 6 Kediri
The Use of Animated Films in Online Learning for Developing Expository Writing Skills for 10th Grade Students at SMAN 6 Kediri
Abstract
Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimanakah pengaruh penggunaan media film animasi terhadap pembelajaran teks eksposisi. Pendekatan kuantitatif dengan strategi penelitian eksperimen dan survey yang memerlukan data statistik yang dipakai di dalam penelitian ini. Teknik penelitian yang dipakai di penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan bentuk design eksperimen yaitu quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMAN 6 Kediri yang berjumlah 432 siswa, sedangkan sampel diambil dari 15% dari jumlah populasi yaitu 66 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa kelas X IPS 3 dan kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa kelas X IPS 5. Teknik analisis datanya yaitu analisis deskriptif serta statistik inferensial. Uji t atau t-tes digunakan untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini.Berdasarkan penghitungan t-tes atau t hitung hasilnya adalah 3,265≥ t tabel 2,392 pada taraf signifikan 1%, maka t hitung lebih besar dari t tabel sehingga signifikan. Hal tersebut membuktikan bahwa (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi dalam pembelajaran daring siswa kelas X SMAN 6 Kediri tahun pelajaran 2020-2021.
References
Puspitoningrum, Encil. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kembali Dongeng Untuk Siswa Smp Kelas Vii, Universitas Nusantara Pgri Kediri.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuali-tatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis :Sebagai Suatu Keterampilan Ber-bahasa.Bandung: Angkasa.
Wawan Rusmawan. 2009. Urgensi Media Pembelajaran dalam KBM. (Online). Tersedia: http://www.lpmpjabar.go.id/index.php/artikel/208-urgensi-media-pembelajaran-dalam-kbm. Diakses pada 16 Juni 2020. Pukul 19.00
The authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Copyright for any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal first publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Articles and related materials published are distributed under the Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0