Pengembangan modul berdasarkan pemecahan masalah polya pada mata kuliah analisis vektor
Abstract
Tujuan penelitian ini ingin memgembangkan modul berdasarkan pemecahan masalah Polya pada mata kuliah analisis vektor yang valid. Modul dikembangkan sesuai model 4D Thiaragajan. Modul dinilai oleh validator materi dan bahasa, validator media dan desain pembelajaran, praktisi sesuai dengan angket. Hasil pengembangan modul analisis vektor berdasarkan penilaian validator materi dan bahasa 89,4%, validator media dan desain pembelajaran 98%, validator praktisi 91,35%. Angket respon mahasiswa mendapat nilai 82,7%. Dapat disimpulkan modul berdasarkan pemecahan masalah Polya pada mata kuliah analisis vektor sangat valid dan layak digunakan untuk pembelajaran
References
Anwar, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar (Bahan kuliah online). Bandung: UPI Bandung.
Polya, G. (1945). Polya ’ s Problem Solving Techniques. In How To Solve It.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Purwanto, Rahadi, A., & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan.
Rosdiana & Misu, L. (2013). Pengembangan teori pembelajaran perilaku dalam Kaitannya dengan kemampuan pemecahan masalah Matematik siswa di SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPAUNY. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.
Santia, I., & Jatmiko, J. (2016). Pengembangan modul pembelajaran matematika berdasarkan proses berpikir relasional dalam upaya meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah aljabar siswa SMP. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1). Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/394
Suparman, A. (2015). Desain Instruksional. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kulitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprapti, E & Mursyidah, H. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Aljabar Linier Dengan Tahapan 4ME untuk Pengembangan Karakter 4C'S Mahasiswa. Jurnal of Mathematics Educatioan, Science and Technology. Volume 2 no.2. Desember 2017. Hal. 208 - 220.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Bloomington, Indiana: Indiana University.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License