Pengembangan modul berdasarkan pemecahan masalah polya pada mata kuliah analisis vektor

Authors

  • Dian Devita Yohanie Pendidikan Matematika FKIP UNP Kediri
  • Samijo Samijo universitas nusantara pgri kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13692

Keywords:

Modul, Analisis Vektor, Pemecahan Masalah Polya

Abstract

Tujuan penelitian ini  ingin memgembangkan  modul berdasarkan pemecahan masalah Polya pada mata kuliah analisis vektor yang valid. Modul dikembangkan sesuai model 4D Thiaragajan. Modul dinilai oleh validator materi dan bahasa, validator media  dan  desain  pembelajaran,  praktisi  sesuai  dengan  angket.  Hasil  pengembangan modul analisis vektor berdasarkan penilaian validator materi dan bahasa 89,4%, validator media  dan  desain  pembelajaran  98%,  validator  praktisi  91,35%.  Angket  respon mahasiswa mendapat nilai 82,7%. Dapat disimpulkan modul berdasarkan pemecahan masalah Polya pada mata kuliah analisis vektor sangat valid dan layak digunakan untuk pembelajaran

References

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 121–130. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25

Anwar, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar (Bahan kuliah online). Bandung: UPI Bandung.

Polya, G. (1945). Polya ’ s Problem Solving Techniques. In How To Solve It.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Purwanto, Rahadi, A., & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan.

Rosdiana & Misu, L. (2013). Pengembangan teori pembelajaran perilaku dalam Kaitannya dengan kemampuan pemecahan masalah Matematik siswa di SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPAUNY. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.

Santia, I., & Jatmiko, J. (2016). Pengembangan modul pembelajaran matematika berdasarkan proses berpikir relasional dalam upaya meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah aljabar siswa SMP. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1). Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/394

Suparman, A. (2015). Desain Instruksional. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kulitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprapti, E & Mursyidah, H. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Aljabar Linier Dengan Tahapan 4ME untuk Pengembangan Karakter 4C'S Mahasiswa. Jurnal of Mathematics Educatioan, Science and Technology. Volume 2 no.2. Desember 2017. Hal. 208 - 220.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Bloomington, Indiana: Indiana University.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-11-24

How to Cite

Yohanie, D. D., & Samijo, S. (2019). Pengembangan modul berdasarkan pemecahan masalah polya pada mata kuliah analisis vektor. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 172–181. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13692