Pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa universitas balikpapan melalui pendekatan metakognitif
Abstract
Tujuan penelitiannya mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis Mahasiswa Universitas Balikpapan melalui pendekatan metakognitif lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menerapkan pendekatan metakognitif. Teknik pengumpulan data mencakup tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik cluster random sampling. Sampelnya yaitu mahasiswa semester VI program studi pendidikan matematika. Soal Pemecahan masalah diujicobakan terlebih dahulu kepada mahasiswa pendidikan matematika semester VIII. Dari 6 soal diujicobakan diperoleh 6 soal juga layak digunakan dengan r11 = 0,82 (kategori baik). Kemudian soal pemecahan masalah diberikan kepada mahasiswa semester VI. Hasil analisis diperoleh simpulan bahwa nilai t = 2,548 dan Sig. (dua-tailed) = 0,016. Lantaran nilai Sig. (dua-tailed) < taraf signifikansi (α = 0,05), maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa Universitas Balikpapan melalui pendekatan metakognitif lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
References
Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2018). Peningkatkan kemampuan pemecahan masalah danberpikir kritis matematis siswa melalui pendekatan metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika. 5(2), 53–64. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11995
Gani, U. A. (2014). Aktivitas metakognisi mahasiswa calon guru matematika dalam pemecahan masalah terbuka. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 21-29. http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2074
Harianto, B. (2014). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa melalui pendekatan metakognitif, Tesis (Tidak dipublikasikan). Bandung: UPI. http://repository.upi.edu/id/eprint/15430
Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses penalaran matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok dimensi tiga berdasarkan kemampuan siswa di sma negeri 5 kediri. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2). 131-143, https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/232
Lai, E. R. (2011). Metaconoyion: A literature review. Diakses 04 April 2018 (http://www.pearsonassesments.com/ )
Moghadam, A.Z., Fard, M.M.M.K. (2011). Surveying the effect of metacognitive education onthe on the mathematics achievement of 1st grade high junior school female students in educational district 5, Tehran City, 2009-10 Educational Year. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29 (2011), 1531–1540. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.394
Ozturk, N. (2017). Assessing metacognition: Theory and practices. International Journal of Assessment Tools in Education (IJATE), 4(2), 134-148. https://doi.org/10.21449/ijate.298299
Polya, G. (1973). How to Solve It - A New Aspect of Mathematical Method (Second Edition). NewJersey: Princeton University Press
Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to think mathematically: Problem solving, metacognition, and sense making in mathematics (Reprint). Journal of Education, 196(2), 1-38. https://doi.org/10.1177/002205741619600202
Smith, M. J. (2013). An exploration of metacognition and its effect on mathematical performance in differential equations. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 13(1), 100 – 111. https://scholarworks.iu.edu/journals/index.php/josotl/article/view/2071
Sudia, M. (2015a). Profil metakognisi siswa smp dalam memecahkan masalah open-ended ditinjau dari tingkat kemampuan siswa. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1 (1), 29-40. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/121
Sudia, M. (2015b). Menerapkan metakognisi dalam pembelajaran pemecahan masalah matematika (suatu upaya membangun budaya dan karakter bangsa). Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1 (2). 215-222. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/239
Waskitoningtyas, R.S. (2015). Pembelajaran matematika dengan kemampuan metakognitif berbasis pemecahan masalah kontektual mahasiswa pendidikan matematika universitas balikpapan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 3, 211-219. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.21
Waskitoningtyas, R.S. (2017). Pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru matematika. Magistra No. 100 Th. XXIX Juni 2017. http://journal.unwidha.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/view/869
Wijayanti, T. (2011). Pengembangan student worksheet berbahasa inggris smp kelas viii pada pembelajaran aljabar pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel dengan pendekatan pemecahan masalah berbasis kontruktivisme. Universitas Negeri Yogyakarta. http://library.matematika.fmipa.uny.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2663
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License