Learning trajectory in mathematics education for geometry topic

Authors

  • Ika Muji Wahyuni Universitas Sebelas Maret
  • Mardiyana Mardiyana Universitas Sebelas Maret
  • Yuli Bangun Nursatin Universitas Sebelas Maret
  • Farida Nurhasanah Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.29407/jmen.v11i1.24268

Keywords:

learning trajectory, pembelajaran, matematika, geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji learning trajectory dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi geometri, menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan analisis bibliometrik melalui perangkat Vosviewer. Learning trajectory merupakan pendekatan strategis yang memetakan langkah-langkah pembelajaran secara progresif untuk mencapai pemahaman konseptual yang lebih baik. Materi geometri dipilih karena sifatnya abstrak dan memerlukan representasi visual untuk memfasilitasi pemahaman peserta didik. Metode SLR digunakan untuk menganalisis tren penelitian, teori yang mendasari, serta implementasi learning trajectory pada pembelajaran geometri. Data diambil dari artikel jurnal terindeks dalam database seperti Google Scholar, Scopus, dan Web of Science. Analisis dengan Vosviewer digunakan untuk memvisualisasikan hubungan antara konsep, kata kunci, dan topik utama yang sering muncul. Hasil analisis menunjukkan bahwa learning trajectory berperan penting dalam mendukung pemahaman geometri melalui pendekatan berbasis visualisasi, manipulasi objek, dan diskusi kolaboratif. Temuan juga mengidentifikasi tiga tema utama: (1) desain learning trajectory berbasis masalah (problem-based learning), (2) pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran geometri, dan (3) peran asesmen formatif dalam memvalidasi proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan learning trajectory yang dirancang dengan cermat dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran geometri. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pendidik dan peneliti untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui pendekatan yang lebih terstruktur dan berbasis data.

PlumX Metrics

Published

2025-05-31

How to Cite

Wahyuni, I. M. ., Mardiyana, M., Nursatin, Y. B. ., & Nurhasanah, F. . (2025). Learning trajectory in mathematics education for geometry topic. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 11(1), 147-159. https://doi.org/10.29407/jmen.v11i1.24268

Similar Articles

1-10 of 189

You may also start an advanced similarity search for this article.