Learning trajectory in mathematics education for geometry topic
DOI:
https://doi.org/10.29407/jmen.v11i1.24268Keywords:
learning trajectory, pembelajaran, matematika, geometriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji learning trajectory dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi geometri, menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan analisis bibliometrik melalui perangkat Vosviewer. Learning trajectory merupakan pendekatan strategis yang memetakan langkah-langkah pembelajaran secara progresif untuk mencapai pemahaman konseptual yang lebih baik. Materi geometri dipilih karena sifatnya abstrak dan memerlukan representasi visual untuk memfasilitasi pemahaman peserta didik. Metode SLR digunakan untuk menganalisis tren penelitian, teori yang mendasari, serta implementasi learning trajectory pada pembelajaran geometri. Data diambil dari artikel jurnal terindeks dalam database seperti Google Scholar, Scopus, dan Web of Science. Analisis dengan Vosviewer digunakan untuk memvisualisasikan hubungan antara konsep, kata kunci, dan topik utama yang sering muncul. Hasil analisis menunjukkan bahwa learning trajectory berperan penting dalam mendukung pemahaman geometri melalui pendekatan berbasis visualisasi, manipulasi objek, dan diskusi kolaboratif. Temuan juga mengidentifikasi tiga tema utama: (1) desain learning trajectory berbasis masalah (problem-based learning), (2) pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran geometri, dan (3) peran asesmen formatif dalam memvalidasi proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan learning trajectory yang dirancang dengan cermat dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran geometri. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pendidik dan peneliti untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui pendekatan yang lebih terstruktur dan berbasis data.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ika Muji Wahyuni, Mardiyana Mardiyana, Yuli Bangun Nursatin, Farida Nurhasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License