Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV

  • Anisa Nurfalah Muthy Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni Pujiastuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Abstract views: 8894 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 7063
Keywords: e-learning, Technology, 4C, 2019-nCoV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran Matematika di rumah sebagai dampak dari adanya 2019-nCoV. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian studi kasus dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti berusaha mendeskripsikan hasil penelitian secara naratif, untuk memperoleh data peneliti menggunakan sumber data peneliti yang diperoleh dari narasumber atau informan, tempat dan pristiwa, dan dokumen hasil penelitian peneliti dilakukan dengan teknik pengambilan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dalam penerapannya   telah   sesuai dengan prinsip pertimbangan memilih media pembelajaran  yang  tepat dikenal  dengan  istilah  ACTION (Access,  Cost,  Technology, Interactivity, Organization, Novelety) Meskipun dalam pelaksanaan dan penerapannya ada faktor yang belum berperan yaitu technology. Selain itu pembelajaran e-learning ini dijadikan sebagai salah satu sarana yang dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran untuk bisa berhasil keterampilan abad 21 yaitu siswa dituntut mempunyai keterampilan 4C yaitu: creativity, critical thinking, communication, collaboration.

References

Abdulmajid, N. W., Pramuntadi, A., & Rochmah, E. (2017). Penerapan e-learning sebagai pendukung adaptive learnin g dan peningkatan kompetensi siswa smk di kabupaten bantul. Taman Vokasi, 5(2), 170–182. https://doi.org/10.30738/jtvok.v5i2.2475

Etrina, Anriani, N., & Fathurrohman, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kompetensi Abad 21 untuk Guru SMP/MTs. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 1–5. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/9935

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90-102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran PAUD. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1-12. DOI: 10.24235/awlady.v2i1.762

Heru, H. (2018). Pengembangan Multimedia Game Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 01 - 14. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12003

Indonesia, U. P. (n.d.). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran (pp. 78–117). http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/197210242001121-BAGJA_WALUYA/MEDIA_PEMBEL.GEOGRAFI/Teknik_pemilihan_Media_Pembelajaran.pdf

Nurdin, I. R. (2017). Penerapan sistem pembelajaran jarak jauh berbasis massive open online course ( MOOC ) DI. In Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/31063/1/1102412096.pdf

Rahmadi, I. F. (2013). Penerapan e-learning dalam sistem pendidikan jarak jauh pada mata kuliah pendidikan agama islam (Studi Kasus Tutorial Online di Universitas Terbuka). Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/24263/1/Imam Fitri Rahmadi.pdf

Ramadhan, B. (2018). Inilah Perkembangan Digital Indonesia Tahun 2018 | Good News from Indonesia. Good News. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/02/06/inilah-perkembangan-digital-indonesia-tahun-2018

Ratmilah. (2013). Implementasi Model E-Learning Sebagai Pendukung Kuliah Pada Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik 2012-2013. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. http://digilib.uin-suka.ac.id/7565/

Rohmah, F. (2016). Analisis kesiapan sekolah terhadap penerapan pembelajaran online (e-learning) di SMA Negeri 1 Kutowinangun. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika, 5(4). https://eprints.uny.ac.id/43349/1/Faridatur_12520244048.pdf

Santoso, E. (2009). Pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi belajar kimia ditinjau dari kemampuan awal siswa (studi eksperimen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwantoro Wonogiri) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/12637/MjcxOTY=/Pengaruh-pembelajaran-online-terhadap-prestasi-belajar-kimia-ditinjau-dari-kemampuan-awal-siswa-studi-eksperimen-pada-siswa-kelas-X-SMA-Negeri-1-Purwantoro-Wonogiri-abstrak.pdf

Sisdiknas. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. 1, 6–8. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004

Subekti, I. M., & Muchtarom, M. (2017). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Internet melalui Pemanfaatan Smartphone dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) di SMA Negeri 1 Kartasura. Educitizen, 2(2).

Syahriningsih, A., & Hiola, S. F. (2018, Nopember). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Di SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, Universitas Negeri Makasar, Makasar. https://pdfs.semanticscholar.org/0630/9584b634fb2670e2009e3efa46bcf95c37ed.pdf

PlumX Metrics

Published
2020-05-31
How to Cite
Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 94-103. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14356