Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis, self-efficacy siswa dan hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa SMP pada materi Aritmatika Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif-kualititatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Kabupaten Bandung Barat dengan sampel 36 siswa kelas VIII-B di salah satu sekolah di Kabupaten Bandung Barat. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini (1) tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian sebanyak empat soal dengan materi aritmatika sosial; (2) angket self-efficacy sebanyak dua puluh soal. Berdasarkan analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa SMP di salah satu kabupaten Bandung Barat berdasarkan indikator yang ada dikategorikan masih rendah dan self-efficacy siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika dikategori sedang, sehingga tidak adanya hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy. Hal ini didukung dengan hasil analisis korelasi pearson yang menunjukan angka signifikasi lebih dari 0,05 yaitu 0,991 yang artinya tidak ada hubungan antara kedua variabel tersebut.
References
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U.(2017). Hardskills dan Softskills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama
Hendriana, H.(2013). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Prosiding STKIP Siliwangi, Volume 1, 2013
Mawaddah, S., & Anisah, H.(2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Mamtematis Siswa pada Pembelajara Mamtematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generaif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika 3(2), 2015, 166 – 175
Novianti, D. E., Khoirotunnisa, A. U., & Indirani, A.(2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pemrograman Linear Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis.Jurnal JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)6(1), 2017, 53-59
Pawestru, U., Soeyono., & Kurniawati, I.(2013). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika dengan Pengantar Bahasa Inggris pada Materi Pokok Bentuk Logaritma Kelas X Imersi SMA Negeri Karangpandan Karanganyar 2012/2013. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi Vol 1(3), 2013
Radiyatul, R., & Hadi, S.(2014).Metode Pemecaan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 2014, 53 - 61
Ruseffendi, E.T. (1988). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.
Sariningsih & Purwasih. (2017). Pembelajaran Based Learning untuk
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Mahasiswa
Calon Guru. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1),163-177
Sugandi, A.(2016). Penerapan Pendekatan Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahab Masalah dan Disposisi Matematik Siswa SMA. Prosiding STKIP Siliwangi, Volume 4, 2016
Suherman.(2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA UPI
Sujarwo, A.(2016). Mengatasi Kesulitan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Integral dengan Cara Subtitusi.Jurnal Apotema, Vol.2, 1(1), 2016
Utami & Wutsqa. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4 (2), 2017, 166-17
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License