Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial

Authors

  • Widiastuti Widiastuti IKIP Siliwangi Bandung
  • Tina Rosyana IKIP Siliwangi
  • Euis Eti Rohaeti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12015

Keywords:

Mathematical Problem Solving Abilities, Self-efficacy, Social Arithmetic

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis, self-efficacy siswa dan hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa SMP pada materi Aritmatika Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif-kualititatif. Subjek pada penelitian  ini adalah siswa kelas VIII di Kabupaten Bandung Barat dengan sampel 36 siswa kelas VIII-B di salah  satu  sekolah di Kabupaten Bandung Barat. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini (1) tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian sebanyak empat soal dengan materi aritmatika sosial; (2) angket self-efficacy sebanyak dua  puluh soal. Berdasarkan analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa SMP di salah satu kabupaten Bandung Barat berdasarkan indikator yang ada dikategorikan masih rendah dan self-efficacy siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika dikategori sedang, sehingga tidak adanya hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy. Hal ini didukung dengan hasil analisis korelasi pearson yang menunjukan angka signifikasi lebih dari 0,05 yaitu 0,991 yang artinya tidak ada hubungan antara kedua variabel tersebut.

References

Hamdani.(2015).Proses Pemecahan Masalah dalam Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Metakognisi Siswa SMP. Jurnal UNTAN, 1-12
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U.(2017). Hardskills dan Softskills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama
Hendriana, H.(2013). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Prosiding STKIP Siliwangi, Volume 1, 2013
Mawaddah, S., & Anisah, H.(2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Mamtematis Siswa pada Pembelajara Mamtematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generaif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika 3(2), 2015, 166 – 175
Novianti, D. E., Khoirotunnisa, A. U., & Indirani, A.(2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pemrograman Linear Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis.Jurnal JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)6(1), 2017, 53-59
Pawestru, U., Soeyono., & Kurniawati, I.(2013). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika dengan Pengantar Bahasa Inggris pada Materi Pokok Bentuk Logaritma Kelas X Imersi SMA Negeri Karangpandan Karanganyar 2012/2013. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi Vol 1(3), 2013
Radiyatul, R., & Hadi, S.(2014).Metode Pemecaan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 2014, 53 - 61
Ruseffendi, E.T. (1988). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.
Sariningsih & Purwasih. (2017). Pembelajaran Based Learning untuk
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Mahasiswa
Calon Guru. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1),163-177
Sugandi, A.(2016). Penerapan Pendekatan Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahab Masalah dan Disposisi Matematik Siswa SMA. Prosiding STKIP Siliwangi, Volume 4, 2016
Suherman.(2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA UPI
Sujarwo, A.(2016). Mengatasi Kesulitan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Integral dengan Cara Subtitusi.Jurnal Apotema, Vol.2, 1(1), 2016
Utami & Wutsqa. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4 (2), 2017, 166-17

PlumX Metrics

Published

2018-05-30

How to Cite

Widiastuti, W., Rosyana, T., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 35–44. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12015