PROFIL METAKOGNISI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN-ENDED DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN SISWA

  • Muhammad Sudia UHO
Abstract views: 328 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 639

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan profil metakognisi siswa SMP  dalam memecahkan masalah  open-ended ditinjau dari tingkat kemampuan siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMPN 5 Kendari  dengan subjek masing-masing satu siswa dengan tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, penafsiran data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memecahkan masalah open-ended, subjek yang memiliki tingkat kemampuan matematika tinggi, melibatkan metakognisinya melalui aktivitas perencanaan, monitoring dan evaluasi pada setiap pentahapan Polya, subjek yang memiliki tingkat kemampuan matematika sedang, melibatkan metakognisinya hanya melalui aktivitas perencanaan dan evaluasi pada setiap pentahapan Polya dan subjek yang memiliki tingkat kemampuan matematika rendah, melibatkan metakognisinya hanya melalui aktivitas perencanaan pada setiap pentahapan Polya.

Kata Kunci: Profil metakognisi, masalah open-ended dan tingkat kemampuan siswa.

PlumX Metrics

Published
2015-05-25
How to Cite
Sudia, M. (2015). PROFIL METAKOGNISI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN-ENDED DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN SISWA. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/121
Section
Artikel