Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika pada pola batik tenun (ATBM) khas Kota Kediri terhadap kemampuan refleksi dan simetri mahasiswa semester 2 Prodi Pendidikan Matematika UNP Kediri

  • Samijo Samijo universitas nusantara pgri kediri
  • Dian Devita Yohanie universitas nusantara PGRI kediri
Abstract views: 50 , PDF downloads: 134
Keywords: Etnomatematika, Karya Seni Batik, Simetri, Refleksi

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika pada pola batik tenun (ATBM) khas kota kediri terhadap kemampuan refleksi dan simetri mahasiswa. Data penelitian diperoleh dari studi kepustakaan, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada 2 orang pengusaha batik tenun kota Kediri. Hasil kajian dalam penelitian   diperoleh bahwa pada motif Riwog, goyor dan motif Obar Abir dapat digunakan untuk menjelaskan konsep geometri transformasi seperti konsep translasi dan refleksi serta penggunaan prinsip pengubinan pada satu jenis bangun geometri teselasi yaitu persegi.

References

Adam, S. 2004. Ethnomatematical Ideas In The Curriculum. Mathematics Education Journal. 16(2), 49-68.
Bishop, J. A. 1991. The Simbolic Technology Calet Mathematics its Role in
Education. Bullatin De La Societe Mathematique. De Belgique, T, XLIII.
D’Ambrosio, U. 2004. Peace, social justice and ethnomathematics. The Montana Mathematics Enthusiast. ISSN 1551-3440, Monograph 1, pp.25-34.
Roosilawati, E. 2016. Karakteristik kemampuan bernalar dan memecahkan masalah peserta diklat peningkatan kompetensi Guru kelas sekolah dasar. Diakses tanggal 26 Oktober 2016. Tersedia online: http://www.lpmpjateng.go.id/web/index.php/arsip/artikel/802-karakteristik- kemampuan-bernalar-dan-memecahkan-masalah-peserta-diklat-peningkatan- kompetensi-guru.
Rosa, M. & Orey, D. C. 2011. Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática. 4(2). 32-54.
Shirley, L. 2008. Looks Back Ethnomathematics and Look Forward. Journal International Congress of Mathematics Education. 6. 6¬-13.
Spradley, J. P. 2006. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Walle, J. A. 2007. Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. (G. Sagara, L. Simarmata, Eds., dan Suyono, Trans.) Jakarta: Erlangga.
Published
2017-12-31
How to Cite
Samijo, S., & Yohanie, D. D. (2017). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika pada pola batik tenun (ATBM) khas Kota Kediri terhadap kemampuan refleksi dan simetri mahasiswa semester 2 Prodi Pendidikan Matematika UNP Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 135–145. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.11975