Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa ditinjau berdasarkan gaya kognitifnya
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik ditinjau berdasarkan gaya kognitifnya.. Metode yang digunakan eksperimen dengan rancangan treatment by level 2 x 2.Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 dengan sampel sebanyak 40 orang yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan soal tes gaya kognitif dan kemampuan pemecahan masalah matematik. Analisis data yang digunakan normalitas,homogeniitas, ANAVA dua jalur dan uji Tukey.. Hasil penelitian menunjukan: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematik dikelas Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan kelas pembelajaran langsung. (2) Ada keterkaitan atau interaksi antara model pembelajaran Problem Based learning dengan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. (3) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa antara siswa yang memiliki gaya kognitif FI dan mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung. (4) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa antara siswa yang memiliki gaya kognitif FD dan mengikuti dengan Problem Based Learning lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran langsung
Kata Kunci: PBL, Gaya Kognitif, field independent, field dependent, pemecahan masalah
References
Chen, Wen-Haw. (2013). Applying problem-based learning model and creative design to conic-sections teaching. International Journal Of Education And Information Technologies” 3(7), 73-80.
Murtafiah & Amin, N. (2018). Pengaruh gaya kognitif dan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 75-82. doi: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2986
Ragan & Smith. (2005). Instructional design. United state of america: John willey&sons,Inc.
Rahman, F., Yurniwati, & Bintoro, T. (2018). Pengaruh model problem based learning (pbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik ditinjau dari metakognisi belajar siswa sekolah dasar. Indonesia Journal Of Primary Education. 2(1)
Rianto, Y. (2010). Paradigma baru pembelajaran. Surabaya. Kencana Prenada media
Slameto. (2012). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Suamiati & Asra. (2007). Metode pembelajaran. Bandung: Wacana Prima
Sujana, N. (2011). Dasar-dasar proses belajar dan mengajar. Bandung. Sinar Baru Algesindo
Syaharudin. (2016). Deskripsi kemapuan pemecahan masalah matematika dalam hubungannya dengan pemahaman konsep ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII smpn 4 binamu, kabupaten jeneponto. Tesis Pascasarjana Universitas Negri Makasar.
Taniredja, T., Miftah & Sri. (2011). Model-model pembelajaran inovatif. Bandung. Alfabeta.
Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Witkin, H. (1977). Field dependent- field independent cognitive style and their educational implications. Review of Educational Research, 27(1).
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License