Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa ditinjau berdasarkan gaya kognitifnya

  • Tati Rahmawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang
  • Yuyu Yuhana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang
  • Nurul Anriani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang
Abstract views: 630 , PDF downloads: 516
Keywords: PBL, Gaya Kognitif, field independent, field dependent, pemecahan masalah

Abstract

Tujuan dalam  penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik ditinjau berdasarkan gaya kognitifnya.. Metode yang digunakan eksperimen dengan rancangan treatment by level 2 x 2.Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 dengan sampel sebanyak 40 orang yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan soal tes gaya kognitif dan kemampuan pemecahan masalah matematik. Analisis data yang digunakan normalitas,homogeniitas, ANAVA dua jalur dan uji Tukey.. Hasil penelitian menunjukan: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematik dikelas Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan kelas pembelajaran langsung. (2) Ada keterkaitan atau interaksi antara model pembelajaran Problem Based learning dengan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. (3) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa antara siswa yang memiliki gaya kognitif FI dan mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung. (4) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa antara siswa yang memiliki gaya kognitif FD dan mengikuti dengan Problem Based Learning lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran langsung

 

Kata Kunci: PBL, Gaya Kognitif, field independent, field dependent, pemecahan masalah

References

Arumanita, D., Susanto, H., & Rahardi, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Negeri 1 Papar pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 104-124. doi: 10.29407/jmen.v4i2.12106

Chen, Wen-Haw. (2013). Applying problem-based learning model and creative design to conic-sections teaching. International Journal Of Education And Information Technologies” 3(7), 73-80.

Murtafiah & Amin, N. (2018). Pengaruh gaya kognitif dan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 75-82. doi: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2986

Ragan & Smith. (2005). Instructional design. United state of america: John willey&sons,Inc.

Rahman, F., Yurniwati, & Bintoro, T. (2018). Pengaruh model problem based learning (pbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik ditinjau dari metakognisi belajar siswa sekolah dasar. Indonesia Journal Of Primary Education. 2(1)

Rianto, Y. (2010). Paradigma baru pembelajaran. Surabaya. Kencana Prenada media

Slameto. (2012). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Suamiati & Asra. (2007). Metode pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Sujana, N. (2011). Dasar-dasar proses belajar dan mengajar. Bandung. Sinar Baru Algesindo

Syaharudin. (2016). Deskripsi kemapuan pemecahan masalah matematika dalam hubungannya dengan pemahaman konsep ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII smpn 4 binamu, kabupaten jeneponto. Tesis Pascasarjana Universitas Negri Makasar.

Taniredja, T., Miftah & Sri. (2011). Model-model pembelajaran inovatif. Bandung. Alfabeta.

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Witkin, H. (1977). Field dependent- field independent cognitive style and their educational implications. Review of Educational Research, 27(1).

PlumX Metrics

Published
2019-05-31
How to Cite
Rahmawati, T., Yuhana, Y., & Anriani, N. (2019). Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa ditinjau berdasarkan gaya kognitifnya. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 80-89. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12650