Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematik dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung kelas IX B di MTs Negeri Jombang Kauman
Abstract
Abstrak - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan terhadap nilai ulangan matematika siswa tahun lalu di MTsN Jombang Kauman pada materi bangun ruang sisi lengkung, terlihat bahwa nilai dari 111 siswa yang mencapai KKM ada 46 siswa dan siswa yang belum mencapai KKM ada 65 siswa. Hal ini menyatakan bahwa masih ada beberapa siswa yang sulit untuk mengkomunikasikan matematika, sehingga hasil belajar masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung kelas IX B di MTsN Jombang Kauman (2) Adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung kelas IX B di MTsN Jombang Kauman (3) Adanya hubungan diantara kemampuan komunikasi matematik dengan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung kelas IX B di MTsN Jombang Kauman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IX B MTsN Jombang Kauman. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga pertemuan, menggunakan instrument berupa angket respon siswa, tes untuk melihat kemampuan komunikasi matematik, dan tes hasil belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematik dengan persamaan regresi Y=38,380+0,616X. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Y=35,669+0,543X. (3) Ada hubungan antara kemampuan komunikasi matematik dengan hasil belajar siswa, diperoleh dari uji korelasi hubungan sebesar 0,786.
Kata Kunci: Kontekstual, Komunikasi Matematik
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License