Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Habits Of Mind Siswa SMP Dalam Materi Segiempat Dan Segitiga

Authors

  • Lusiana Fauziah Indriani IKIP Siliwangi
  • Anik Yuliani IKIP Siliwangi Bandung
  • Asep Ikin Sugandi IKIP Siliwangi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.11999

Keywords:

kemampuan penalaran matematis, habits of mind

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis dan habits of mind siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga. Metode penelitian mengunakan metode deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di salah satu SMP kota Cimahi pada kelas VII semester genap tahun ajaran 2017-2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di salah satu SMP kota Cimahi pada materi materi segiempat dan segitiga. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrumen berupa tes soal uraian dan angket habits of mind. Hasil penelitian didapat kesimpulan: tingkat kemampuan penalaran matematis siswa dalam penyelesaian masih rendah, kesulitan siswa pada umumnya belum memahami soal dan pemahaman konsep masih rendah dan siswa belum terbiasa berpikir dalam belajar.

                                                                                                                     

ABSTRACTThis study aims to analyze the ability of mathematical reasoning and habits of mind of junior high school students in rectangular and triangular material. This research
method using qualitative descriptive method. The place of research is conducted in one of junior high school Cimahi in class VII even semester of academic year 2017-2018. The population of this study is the students of class VII in one of junior high school Cimahi on material material quadrilateral and triangle. The subjects of the study were students of class VII. To obtain the research data used the instrument in the form of test description and questionnaire habits of mind. The results of the research concluded: the level of students' mathematical reasoning ability in the settlement is still low, students' difficulties in general have not understood the problem and understanding the concept is still low,  students are not used to thinking in learning.

References

Budiman. H & Esvigi, I. 2017. Implementasi Strategi Mathematical Habits Of Mind (MHM) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal prisma, 6(1), 32-42. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/26/17
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.
Herdriana. H., Rohaeti, E. E., Soemarmo, U., 2017. Hard Skill Dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Himmah, W. I. 2017. Analisis Belief Matematik Siswa Tingkat SMP. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(1), 49-58. Retrieved from http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/457
Indriani, F.L., dan Yuliani, A. 2017. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Segitiga Dan Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi. Vol. 05.
Kahar, S. M., dan Layn, R. M. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2). doi: https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.855
Lestari, S. 2017. Penerapan Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Siswa Materi Statistika. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 150-157. Retrieved from http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/491
Mikrayanti. 2016. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 97-102. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v2i2.1547
Miliyati ,B., (2014). Ugrensi Strategi Disposition. Infiniti: Jurnal Ilmiah Program Study Matematika STKIP siliwangi Bandung, 3(2), 174-188. DOI : 10.22460/infinity.v3i2.62
Sumartini, T. S. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1).
Utami, N.P., Mukhni, & Jazwinarti. 2014. Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Painan Melalui Penerapan Pembelajaran Think Pair Square. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3 No. 1. 7-12. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/issue/view/227

PlumX Metrics

Published

2018-08-10

How to Cite

Indriani, L. F., Yuliani, A., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Habits Of Mind Siswa SMP Dalam Materi Segiempat Dan Segitiga. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 87–94. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.11999