Pemberdayaan kemampuan kolaborasi mahasiswa menggunakan model pembelajaran student teams achievement division

  • Suryo Widodo Universitas Nusantara PGRI kediri
  • Jatmiko Jatmiko UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
  • Ika Santia Universitas Nusantara PGRI kediri
  • Yuni Katminingsih Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 36 , PDF downloads: 30
Keywords: kolaborasi, mahasiswa, pemberdayaan, Student Teams Achiievement Division, model pembelajaran, Lesson Study, PTK

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri menggunakan model pembelajaran Student Teams Achiievement  Division (STAD) melalui penelitian tindakan kelas yang dikolaborasikan dengan Lesson Study yang mempunyai 3 tahapan yaitu pland, do, dan see. Penelitian terdiri dari 2 siklus, yang setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Upaya yang dilakukan dosen model berhasil meningkatkan kemampuan kolaborasi mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achiievement  Division. Hasil ditunjukan dari peningkatan presentase pada kemampuan kolaborasi mahasiswa dari 73,67% pada siklus I menjadi 78,17% pada siklus II

References

Anifah, N., Suryani, N,.& Haryati,S.(2014) Pengaruh model pembelajaran student teams achievement divisions (stad) dan konvensional terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari minat belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Negeri di kabupaten kudus. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, .2(2), pp. 185 – 198,

Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta

Darmawan, Ragil. (2018). Penerapan kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi, hasil belajar dan respon siswa kelas X TKR 1 pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif di SMKN 1 Kalianget. JPTM, 6(3), 53-58

Fauzi, Ahmad. (2015). Manajemen Pembelajaran (edisi revisi). Yogyakarta: K-Media

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skill: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. United States of America: Corwin A Sage Company.

Haryati, P.S., Yudana, M., & Candiasa, I. M. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Archievement Division (STAD) Berbasis Asesmen Kinerja terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Bakat Numeric pada Siswa Kelas X SMKN 3 Singaraja. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha 3 (1).pp.1-10

Lee, Huh, Reigeluth. (2015). Collaboration, intragroup conflict, and social skills in project-based learning. Instructional science. Volume 43, Issue 5, pp 561–590. Springer.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

McDowell, C., Werner, L., Bullock, H. & Fernald, J. (2002). The Effect of Pair Programming on Performance in an Introductory Programming Course dalam ACM Special Interest Group of Computer Science Educators, pp.38-42.

Nagappan, N., Williams, L., Ferzli, M., Yang, K., Wiebe, E., Miller, C., & Balik, S. (2003). "Improving the CS1 Experience with Pair Programming" dalam SIG CSE 2003, 359-362.

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: UMM Press.

Nurlizawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Di Sman 1 Pasaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(1),33-41 DOI: https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127

Partnership for 21st Century Learning. (2015). P21 Framework Definition. Retrieved September 10, 2019, from http://www.p21.org/our-work/p21- framework/P21 _Framework_Definitions_New_Logo2015.pdf

Rahayu. (2003). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika aditama

Rohman, Arif. (2013). Model pembelajaran inter-teams game tournament untuk pengembangan kemampuan kolaborasi mahasiswa calon guru. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(1), 1-10

Nilson, Sarah. (2019). Collaborative Learning. (tersedia di http://www.sarahnilsson.org/ learn/collaborative-learning/)

Suyanto, (2009). Olimpiade Sains Nasional 2009 Ajang Unjuk Prestasi Siswa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Williams, L., Wiebe, E., Yang, K., Ferzli, M., & Miller, C. (2002). In Support of Pair Programming in the Introductory Computer Science Course dalam Computer Science Education, 12, 3, 197-212.

Yusron, N. (2005). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Published
2019-12-06
How to Cite
Widodo, S., Jatmiko, J., Santia, I., & Katminingsih, Y. (2019). Pemberdayaan kemampuan kolaborasi mahasiswa menggunakan model pembelajaran student teams achievement division. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 182-189. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13795