-
Ratna Yulis Tyaningsih
Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 244
,
PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 832
Abstract
Materi Geometri Ruang menuntut adanya kemampuan visualisasi dan analisis yangtinggi sehingga diperlukan suatu media yang mendukung aktivitas visual siswa. Pengadaanmedia Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) merupakan salah satu usaha untukmeningkatkan pemahaman konsep tentang materi jarak dan memotivasi siswa untuk belajarmateri jarak pada bangun ruang secara lebih mudah.Media ini berisi materi jarak pada kubusyang ditujukan untuk siswa SMA Kelas X. Media ini berbasis Van Hiele Levels yang terdiri dari5 tahapan yaitu tahap visualisasi, analisis, abstraksi, deduksi, dan rigor. Tetapi untuk tahapRigor tidak digunakan dalam media ini. Media ini diujicobakan ke SMA Negeri 1 Grogol Kediridengan mengambil 9 siswa yang terdiri dari 3 siswa berkemampuan baik, 3 siswaberkemampuan sedang, dan 3 siswa berkemampuan kurang. Hasil penelitian inimenunjukkan ≥ 80% dari seluruh siswa yang menjadi subjek uji coba memenuhi ketuntasanbelajar yaitu ≥ KKM (Kompetensi Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan sekolahtersebut dan hasil angket siswa menunjukkan bahwa media ini efektif dengan tingkatkeefektifan ≥ 70%.Tipe media yang dikembangkan adalah tipe tutorial terprogram dansimulasi. Media ini terdiri dari 4 bagian utama yaitu pengantar, materi, contoh, dan soal.Produk akhir media ini dikemas dalam bentuk CD Autorun sehingga dapat digunakan secaraumum oleh guru dan siswa di sekolah atau secara mandiri oleh siswa di rumah.Berdasarkanpengembangan media ini, disarankan agar dilakukan pengembangan media pembelajaranberbantuan komputer untuk materi jarak atau materi-materi lain yang lebih interaktif,inovatif, dan berbasis dimensi tiga (3D Visual). Media ini juga dapat dijadikan sebagaiinspirasi untuk melakukan pengkajian dan pengembangan yang lebih lanjut sehinggadiperoleh media sejenis yang lebih baik. Kata Kunci: PBK, media, geometri ruang, Van Hiele Levels, kelas X SMA
How to Cite
Tyaningsih, R. Y. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER PADA MATERI GEOMETRI RUANG BERBASIS VAN HIELE LEVELS UNTUK SISWA SMA KELAS X SEMESTER 2. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/236
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License