Eksplorasi Kemampuan Matematis Siswa Berdasarkan Pola Sidik Jari
Abstract
Sidik Jari merupakan karakteristik yang dimiliki oleh setiap orang dan pasti berbeda. Ibaratnya, sidik jari merupakan barcode pada masing-masing orang. Guratan-guratan garis pada jari-jari siswa diramalkan mempunyai pola yang dapat menggambarkan kemampuan matematis. Dalam penelitian ini, peneliti hanya meneliti kaitan sidik jari dengan kemampuan berhitung, logika dan geometri pada siswa. Diawali dengan peneliti mengambil sidik jari siswa, kemudian melakukan uji tes tertulis pada siswa sampai uji keabsahan data penelitian. Berdasarkan analisis keterkaitan antara tes pertama, tes kedua dan pola sidik jari yang dimiliki siswa, maka diperoleh suatu kesimpulan yaitu siswa yang unggul dalam kemampuan berhitung adalah siswa yang memiliki pola sidik jari whorl. Siswa yang unggul dalam kemampuan logika matematis adalah siswa yang memiliki pola sidik jari Loops. Siswa yang unggul dalam kemampuan geometri adalah siswa yang memiliki pola sidik jari Loops. Jika tes sidik jari ini dilakukan sejak dini pada siswa, maka kemampuan matematis siswa dapat diketahui, sehingga jika tes menunjukkan kekurangan kemampuan pada siswa maka dapat segera dicarikan solusi. Dengan demikian kegiatan belajar mengajar di sekolah terhadap mata pelajaran matematis dapat berjalan dengan efektif, sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai.
References
Moleong, Lexy J. 1988. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.
Misbach, Ifa H. 2010. Dahsyatnya Sidik Jari. Jakarta Selatan : Visimedia.
Setiono, Widianto. Apakah Anda Ingin Menemukan Potensi Unggul Anak Anda Sejak Dini. Jakarta : Grasindo.
Sobirin. 2007. Fokus Matematis Siap Ujian Nasional. Jakarta : Erlangga.
Sutrisno. 2010. Puzzles & Senam Otak Untuk Meningkatkan Daya Ingat. Jogjakarta : Bangkit.
Widodo, Dwi Putro. 2010. Sidik Jari Bisa Kenali Bakat dan Kemampuan Anak. (online). Diunduh 28 Mei 2010.
Nurmabruroh, Siti. 2010. Implementasi Teori Belajar Action, Process, Object, Schema dengan Menggunakan Pendekatan Siklus Activies, Class-Discussion
Exercise Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa SMA. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Jogjakarta : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License