KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN DIFERENSIAL DITINJAU DARI GENDER

  • Wasilatul Murtafiah
Abstract views: 40 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 85

Abstract

Untuk mengajarkan komunikasi matematika yang baik kepada siswa maka seorang guru harus memiliki kemampuan komunikasi matematika yang baik terlebih dahulu terutama dalam menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika mahasiswa calon guru matematika laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan masalah persamaan diferensial.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif eksploratif. Subjek penelitian adalah satu mahasiswa calon guru matematika laki-laki dan satu mahasiswa calon guru matematika perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, penyampaian tes secara lisan, dan wawancara mendalam. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika mahasiswa perempuan baik secara tertulis maupun lisan dalam menyelesaikan masalah persamaan diferensial lebih baik jika dibandingkan dengan mahasiswa laki-laki.

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematika, Menyelesaikan Masalah, Persamaan Diferensial, Gender

Published
2016-09-15
How to Cite
Murtafiah, W. (2016). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN DIFERENSIAL DITINJAU DARI GENDER. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/399
Section
Artikel