Pengaruh penerapan meaningful learning berbantuan LKPD bertema terhadap pemahaman konsep matematika dan kemampuan metakognitif peserta didik
Abstract
Matematika dianggap pelajaran yang abstrak dan membosankan bagi peserta didik, ini diperngaruhi juga karena kurangnya media yang mendukung kebermaknaan selama pembelajaran. Penggunaan LKPD bertema diupayakan mendukung terjadinya pembelajaran bermakna sehingga membangun pemahaman konsep matematika dan kemampuan metakognitif peserta didik. Penelitian ini mengkaji pengaruh penerapan pembelajaran bermakna berbantuan LKPD bertema terhadap pemahaman konsep matematika dan kemampuan metakognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuanitatif tipe One Shoot Study Case yang dilakukan di SMPN 1 Weru dengan kelas VIII I sebanyak 32 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. Analisis data secara deskriptif kuantitaif dengan hasil (1) Respon peserta didik terhadap penerapan pembelajaran bermakna berbantuan LKPD bertema sebesar 73,62 %. Skor tersebut tergolong kategori “baik”, (2) Adanya pengaruh penerapan meaningful learning terhadap pemahaman konsep matematika dengan persamaan regresinya yaitu , (3) Adanya pengaruh penerapan meaningful learning berbantuan LKPD bertema terhadap kemampuan metakognitif peserta didik dengan persamaan regresi yaitu .
References
Anggo, M. 2011. Pelibatan Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica Volume 01: 25–32.
Astuti, & Sari, N. 2017. Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) pada mata pelajaran matematika siswa kelas X SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Volume 1,: 13–24.
Chapman, O. 2012. Challenges in Mathematics Teacher Education. Journal of Mathematics Teacher Education. 15(4), 263-270.
Dewi, A. L., Wahyuningsih, E. D., & Oktaviani, D. N. (2019). Deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan model pembelajaran murder berbantuan puzzle math. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 59-69. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12397
Fauziah, S. F., Misri, M. A., & Handoko, H. 2017. Pembelajaran matematika menggunakan media kartu matematika untuk mengingkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self efficacy siswa. Journal of Chemical Information and Modeling 8(9): 1–58.
Gazali, R. Y. 2016. Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190..
Hamami, A. 2010. Upaya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan belajar bermakna. In Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Handoko, H., & Winarno. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Scaffolding Berbasis Karakter. Mosharafa Volume 8,: 411–22.
Handayani. M. D., & Wardani, W. W. 2015. Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran problem solving pada siswa kelas VIII-D SMP N 1 Kasihan. Jurnal Devirat Vol 2, 68–75.
Haqq, Nur’azizah, A. A., & Toheri. 2019. “Reduksi Hambatan Belajar Melalui Desain Didaktis Konsep Transformasi Geometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) Vol.3, No: 117–27.
Johnson, E. B. 2007. Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan Dan Bermakna (Terjemahan Ibnu Setiawan). Bandung: Penerbit MLC.
Kesumawati, N. 2008. Pemahaman Konsep Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta Semnas Mat: 229–35.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Mariati. P. S. 2012. Pengembangan model pembelajaran fisika berbasis problem solving untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan pemahaman konsep mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8: 152–60.
Mulyasa. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta: PT. Bumi AKsara.
Mulyono, B., & Hapizah. 2018. Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika Volume 3,: 103–22.
Najib, D. A., & Elhefni. 2017. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI Volume 2,: 19–28.
Pratiwi, T. A. 2016. Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis kearifan lokal tema kegemaranku subtema gemar berolahraga & gemar bernyanyi dan menari di Kelas I SDN Utama 1 Tarakan.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran.
Risnanosanti. 2008. Kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika. Pythagoras, Vol. 4, 86–98.
Rumana, U. 2017. Korelasi antara kemampuan metakognisi dan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri. Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia-S1, 6(4), 472-484..
Shihab, N., & Guru, K. 2017. Diferensiasi: Memahami Pelajar Untuk Belajar Bermakna Dan Menyenangkan. Tanggerang Selatan: Literati.
Sudia, M. 2015. Profil metakognisi siswa SMP dalam memecahkan masalah open-ended ditinjau dari tingkat kemampuan siswa. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/121
Suwarsi, Saputra, A. D., & Prabowo, A. 2018. Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kerja Sama Peserta Didik Kelas VIII F Melalui DL Berbantuan LKS Bertema. PRIMA: 40–48.
Toheri, Handoko, H., & Hendri, R. 2019. Perlu Tapi Tidak Pernah: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Geogebr. Perpustakaan IAIN Cirebon.
Winarno, M., Toheri, & Hendri, R. 2015. efektivitas model pembelajaran learning cycle berbantuan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) pada pokok bahasan logika matematika terhadap hasil belajar kelas X SMA Negeri 1 Terisi – Indramayu.” Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching Vol. 4 No.: 75–87.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License