BENEFITS OF DANCE EXTRACURRICULAR ACTIVITIES IN ELEMENTARY SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.29407/jpdn.v8i1.17952Keywords:
manfaat ekstrakurikuler, seni tari, Sekolah DasarAbstract
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan non akademik yang termasuk dalam penunjang dari kegiatan akademik di Sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah menggali manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler seni tari yang dilaksanakan di SDN Jombatan 3 Jombang. Riset yang digunakan menggunakan riset kualitatif. Penelitian yang dilaksanakan terfokus pada pembelajaran ekstarkurikuler Tari di SDN Jombatan 3 Jombang pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam meliputi 3 cara, yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa manfaat kegiatan ekstrakurikuler seni tari mendidik siswanya tidak hanya unggul pada bidang akademis tetapi juga non akademis, selain itu melalui pembelajaran seni siswa mampu menjadi pribadi yang berkarakter dan berbudaya serta terbukti mempengaruhi perkembangkan kecerdasan motorik, sosial emosional, kreativitas dan bakat minat anak.
Kata kunci: manfaat ekstrakurikuler, seni tari, Sekolah Dasar
Downloads
References
Astuti, F. 2016. Pengetahuan dan Teknik Menata Tari Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Arisyanto, Prasena. Sundari, Riris. & Untari, MFA. 2018. Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Untuk Penanaman Karakter Bagi Siswa SD Negeri 02 Gayamsari Semarang. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 3: 1-13
Bakat Minat Anak Melalui Seni Tari. 2021. (Online). (https://sabyan.org/bakat-dan-minat-anak-melalui-seni-tari), Accesed on May 16th 2022
Decaprio, R. 2013. Aplikasi Pembelajaran Motorik di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press
Gumilang, GS. 2016. Metode Bimbingan Kualiatif Dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2: 144-159
Hidajat, Robby. 2004. Fungsi dan aplikasi tari pendidikan di sekolah dasar. Jurnal Imaji, 2: 157-166
Iriani, Zora. 2008. Peningkatan Mutu Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar. Jurnal Bahasa dan Seni, 2: 143-148
Kuswarsantyo. 2012. Pelajaran Tari : Image dan Konstribusinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Joged, 3:17-23
MengembangkanBakat.2008.(Online).(https://amalia07.files.wordpress.com/2008/07/tugas_bakat.pdf), Accesed on May 16th 2022
Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Nurhayati, N Supiyati, Atriastuti. 2008.TEFL Methodology (Teaching English as Foreign Language Methodology. L. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta.
Setiyastuti, Budi. 2011. Melatih Tubuh : Sebuah Metode Baru Olah Tubuh Dalam Tari. Jurnal Harmonia, 1:15-25
Soegeng, AY. 2018. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suratno, 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasioanal.
Strategi Belajar Mengajar (Fifth). 2013. (Online). (https://www.bukalapak.com/p/hobi-koleksi/buku/pendidikan/1oxn6s-jual-strategi-belajar-mengajar-syaiful-bahri-djamarah), Accesed on May 16th 2022
Yeti, Elindra. 2011. Pembelajaran Tari Pendidikan Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Terpadu. Seminar Nasional “ Seni Berbasis Pluralitas Budaya Menuju Pendidikan Karakter, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta 11-12
Wawancara
Endah Sri Wahyuni, A.Md, pada tanggal 23 April 2022
Imam Ghozali AR, M.Pd, pada tanggal 23 April 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License