Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah penguatan nilai-nilai pendidikan karakter anak di sekolah Dasar Negeri Batubelah Timur I dan Sekolah Dasar Negeri Bates I melalui aplikasi game edukasi Icando. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi game edukasi Icando dapat berkontribusi dalam penguatan nilai-nilai pendidikan karakter diantaranya nilai karakter percaya diri, hormat dan santun kepada orang tua, tanggung jawab, rasa ingin tahu, menghargi prestasi, peduli sosial, peduli lingkungan, kreatif, dan pantang menyerah.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Abdullah Yusuf Muhammad. (2015). Lego (Puzzle Bingo) Games: Media Edukatif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dasar dalam Mewujudkan Generasi Indonesia Emas. Jurnal PENA. Volume 2(1)
- Anas, S., dkk. (2013). Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasisi Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.
- Antoro. Dwi Sunu. (2010). Pembudayaan Sikap Sopan Santun di Rumah dan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Terbuka.
- Apriono, D. (2011). Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Dalam Belajar Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Jurnal Prospektus,IX(2).
- Astuti, N. P. E. (2020). Permainan tradisional Kancing Gumi dalam tinjauan pendidikan karakter (Studi kualitatif pada siswa SDN 1 Buahan, Tabanan Bali). Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(1), 63 – 71. Doi.org/10.25273/pe.v10i1.6162
- Djuwita, Puspa. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (1)
- Gyanprakash., Nagpal, K., James, L. (2013). Independent learning and student development. International journal of social science & interdisciplinary research, 2 (2), 17-35
- Elfindri, H. L., dkk. (2012). Pendidikan Karakter: Karakter, Metode dan Aplikasi untuk Pendidik dan Profesional. Jakarta: Baduose Media.
- Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
- Kusmarwanti. (2012). Menumbuhkan Karakter Anak Melalui Pemebelajaran Sastra di Sekolah Dasar. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional danTemu Alumni Dies Natalis ke-48 UNY.
- Khotimah. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5s Di Sekolah Dasar: Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan 5443 Vol. 2 No. 1
- Khoiri, Qolbi. (2018). Dimensions of Islamic Education in the Prevention Bullying; Assessing in an Effort of Character Building for Children in School. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(2), 101-108.
- Kementerian Pendidikan Nasional.( 2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
- Kurniawan, Syamsul. (2013). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
- Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualiattif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- Nasution. (2018). Building Student Independence Through Character Education) Jurnal Ijtimaiyah Vol.2 No.1 Januari-Juni 2018 ISSN 2541-660X
- Ridwan, M. (2016). Ajaran Moral dan Karakter Dalam Fabel Kisah Dari Negeri Dongeng Karya Mulasih Tary. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 6 (2) 95 – 109.
- Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
- Ulber, Silalahi. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama
- Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Teori dan Praktek. Yogyakarta: UNY Press.