Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Game Edukasi Icando di Sekolah Dasar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Syaiful Bahri
Agus Wahdian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah penguatan nilai-nilai pendidikan karakter anak di sekolah Dasar Negeri Batubelah Timur I dan Sekolah Dasar Negeri Bates I melalui aplikasi game edukasi Icando. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi game edukasi Icando dapat berkontribusi dalam penguatan nilai-nilai pendidikan karakter diantaranya nilai karakter percaya diri, hormat dan santun kepada orang tua, tanggung jawab, rasa ingin tahu, menghargi prestasi, peduli sosial, peduli lingkungan, kreatif, dan pantang menyerah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Bahri, S., & Wahdian, A. (2021). Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Game Edukasi Icando di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2), 23–41. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15078

References

  1. Abdullah Yusuf Muhammad. (2015). Lego (Puzzle Bingo) Games: Media Edukatif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dasar dalam Mewujudkan Generasi Indonesia Emas. Jurnal PENA. Volume 2(1)
  2. Anas, S., dkk. (2013). Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasisi Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.
  3. Antoro. Dwi Sunu. (2010). Pembudayaan Sikap Sopan Santun di Rumah dan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Terbuka.
  4. Apriono, D. (2011). Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Dalam Belajar Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Jurnal Prospektus,IX(2).
  5. Astuti, N. P. E. (2020). Permainan tradisional Kancing Gumi dalam tinjauan pendidikan karakter (Studi kualitatif pada siswa SDN 1 Buahan, Tabanan Bali). Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(1), 63 – 71. Doi.org/10.25273/pe.v10i1.6162
  6. Djuwita, Puspa. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (1)
  7. Gyanprakash., Nagpal, K., James, L. (2013). Independent learning and student development. International journal of social science & interdisciplinary research, 2 (2), 17-35
  8. Elfindri, H. L., dkk. (2012). Pendidikan Karakter: Karakter, Metode dan Aplikasi untuk Pendidik dan Profesional. Jakarta: Baduose Media.
  9. Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
  10. Kusmarwanti. (2012). Menumbuhkan Karakter Anak Melalui Pemebelajaran Sastra di Sekolah Dasar. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional danTemu Alumni Dies Natalis ke-48 UNY.
  11. Khotimah. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5s Di Sekolah Dasar: Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan 5443 Vol. 2 No. 1
  12. Khoiri, Qolbi. (2018). Dimensions of Islamic Education in the Prevention Bullying; Assessing in an Effort of Character Building for Children in School. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(2), 101-108.
  13. Kementerian Pendidikan Nasional.( 2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
  14. Kurniawan, Syamsul. (2013). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  15. Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualiattif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  16. Nasution. (2018). Building Student Independence Through Character Education) Jurnal Ijtimaiyah Vol.2 No.1 Januari-Juni 2018 ISSN 2541-660X
  17. Ridwan, M. (2016). Ajaran Moral dan Karakter Dalam Fabel Kisah Dari Negeri Dongeng Karya Mulasih Tary. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 6 (2) 95 – 109.
  18. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  19. Ulber, Silalahi. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama
  20. Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Teori dan Praktek. Yogyakarta: UNY Press.