Main Article Content

Abstract

Fenomena dunia pendidikan yang sudah memasuki era revolusi industri 4.0 menuntut guru untuk meningkatkan 4 kompetensi yang harus dimiliki, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial. Namun temuan di lapangan masih banyak guru yang belum menguasai kompetensi pedagogik, terutama guru Pendidikan Agama Islam yang masih kekurangan metode mengajar berlandaskan filsafat pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan filsafat metode mengajar Omar Mohammad al-Toumy al-Syaibany  dan implikasinya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi literatur. Teknik pengambilan data dengan mengumpulkan dari dua acuan sumber data yakni data primer sebagai data utama yang dicari dan data sekunder sebagai data pendukung. Teknik analisis data dengan interpretasi data. Berdasarkan hasil penelitian, filsafat metode mengajar dalam pendidikan Islam menurut al-Syaibany terdiri dari konsep metode mengajar dan pentingnya dalam pendidikan Islam, jenis-jenis metode mengajar dalam pendidikan Islam, metode mengajar umum yang terpenting dalam pendidikan Islam, ciri-ciri dan tujuan umum metode mengajar dalam pendidikan Islam, asas-asas umum metode mengajar dalam pendidikan Islam dan prinsip-prinsip umum yang menjadi dasar metode mengajar dalam pendidikan Islam. Filsafat metode mengajar dalam pendidikan Islam menurut al-Syaibani bisa dijadikan alternatif solusi untuk mengisi kekurangan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam, karena memiliki landasan filosofis yang kuat Implikasinya, filsafat metode mengajar dalam pendidikan Islam menurut al-Syaibany ini mesti dipelajari, dipahami, dihayati, dikembangkan dan diimplementasikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Salah satunya melalui lembaga pendidikan formal jenjang sekolah dasar yang memiliki peran sangat sentral dalam membina akhlak peserta didik.

Keywords

Al-Syaibany, Filsafat, Metode Mengajar, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Hidayat, T., Syahidin, & Syamsu Rizal, A. (2021). Filsafat Metode Mengajar Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2), 94-115. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14002

References

  1. Al-Syaibany, O. M. al-T. (1983). Falsafah Tarbiyah al-Islamiyah. Mesir.
  2. Al-Syaibany, O. M. al-T. (1979). Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
  3. Fikri, M. (2011). Konsep Pendidikan Islam ; Pendekatan Metode Pengajaran. Jurnal Ilmiah Islam Futura, XI(1), 116–128.
  4. Hasib, K. (2014). Filsafat Ilmu dan Problem Metodologi Pendidikan Islam. Jurnal At- Ta’dib, 9(2), 143–159.
  5. Herman. (2014). Prinsip-Prinsip Dalam Pendidikan Islam (Universal, Keseimbangan, Kesederhanaan). Jurnal Al-Ta’dib, 7(2), 99–119.
  6. Hidayat, T., & Asyafah, A. (2018). Paradigma Islam Dalam Metodologi Penelitian dan
  7. Implikasinya Terhadap Penelitian Pendidikan Agama Islam. Tadrib, IV(2), 225–
  8. 245. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i2.2507
  9. Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam, 10(I), 159–181.
  10. Hidayat, T., & Kosasih, A. (2019). Analisis Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran PAI di Sekolah. Murobbi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 45–69.
  11. Hidayat, T., Rahmat, M., & Supriadi, U. (2019). Makna Syukur Berdasarkan Kajian Tematik Digital Al-Quran dan Implikasinya dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(1), 94–110.
  12. Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin. (2018a). Pendidikan Dalam Perspektif Islam dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami. Jurnal Mudarrisuna : Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 218–244. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397 0 Ta
  13. Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin. (2018b). Peran Pondok Pesantren Sebagai
  14. Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam, VII(2),
  15. 1–15. Retrieved from https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/tadib/article/view/4117/2485
  16. Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin. (2018c). Pola Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir Bandung Dalam Membentuk Kepribadian Islami. Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam, VII(1), 9–19. Retrieved from https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/tadib/article/view/3770/2247
  17. Hidayat, T., & Suryana, T. (2018). Menggagas Pendidikan Islam : Meluruskan
  18. Paradigma Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(1), 75–
  19. 91. Retrieved from http://ojs.pps-ibrahimy.ac.id/index.php/jpii/article/view/133/93
  20. Hidayat, T., & Syafe’i, M. (2018a). Filsafat Perencanaan dan Implikasinya dalam Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Lentera Pendidikan, 21(2), 188–205. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i5
  21. Hidayat, T., & Syafe’i, M. (2018b). Peran Guru Dalam Mewujudkan Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Rayah Al-Islam : Jurnal Ilmu Islam, 2(1), 101–111.
  22. Hidayat, T., & Syahidin. (2019a). Education Values Based On The Thinking Of KH.
  23. Choer Affandi And Their Relevance To The Modern Education (The Study of The Legendary Islamic Scholar of Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya, Tasikmalaya). Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 27–39.
  24. Hidayat, T., & Syahidin. (2019b). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Taraf Berfikir Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, XVI(2), 115. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-01
  25. Hidayat, T., Syahidin, & Rizal, A. S. (2019). Prinsip Dasar Falsafah Akhlak Omar Mohammad Al - Toumy Al - Syaibany dan Implikasinya dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 2(1), 10–17. Retrieved from http://www.jkpis.com/index.php/jkpis/article/view/13/10
  26. Juwariyah. (2004). Islam dan Filsafat Ilmu Dalam Pengembangan Pendidikan. Kependidikan Islam, 2(1), 3–22.
  27. Mardeli. (2011). Konsep Al-Qur`an Tentang Metode Pendidikan Islam. Ta’dib, XVI(1), 1–18.
  28. Mukalam. (2013). Postmodernisme dan Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 285–306. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.22.285-307
  29. Mulkhan, A. M. (2013). Filsafat Tarbiyah Berbasis Kecerdasan Makrifat. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 219–239. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.22.219-239
  30. Muslih, M. (2011). Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Hunafa : Jurnal Studia Islamika, 8(1), 53–80.
  31. Nursikin, M. (2016). Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan dan Implementasinya Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Attarbiyah, I(2), 303–334. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v1i2.303-334
  32. Rahman, H. A. (2012). Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam - Tinjauan Epistemologi dan Isi - Materi. Jurnal Eksis, 8(1), 2053–2059.
  33. Rohinah. (2013). Filsafat pendidikan Islam; Studi Filosofis Atas Tujuan dan Metode Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 309–326. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.22.309-326
  34. Syahidin. (2009). Menelusuri Metode Pendidikan Dalam al-Quran. Bandung: Alfabeta.
  35. Syihabuddin, M. A. (2017). Studi Komparatif Filsafat Pendidikan Islam dan Barat. Jurnal Jalie, 01(01), 68–93.
  36. Tolchah, M. (2015). Filsafat Pendidikan Islam: Konstruksi Tipologis Dalam Pengembangan Kurikulum. Tsaqafah: Jurnal Peradaban Islam, 11(2), 381–398. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.274
  37. Ulfah, M. (2012). Mekanisme Perolehan Ilmu Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Didaktika, XII(2), 289–307.
  38. Yapono, A. (2015). Filsafat Pendidikan dan Hidden Curriculum dalam Perspektif KH.
  39. Imam Zarkasyi (1910-1985). Tsaqafah: Jurnal Peradaban Islam, 11(2), 291–312. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.270