JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd <div style="background-color: #ebfeec; border: 2px solid #bae481; border-radius: 5px; text-align: left; padding: 5px; font-family: sans-serif; font-size: 14px; margin-left: 0px;">Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara is <strong>an open access journal</strong> and published twice a year in&nbsp;<strong>January &amp; July</strong>&nbsp;that contains research result where never published. This Journal scope around teaching practice and elementary education implementations from various aspect.</div> <p><a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1486622731&amp;1&amp;&amp;">ISSN<em>&nbsp;</em>2579-6461 (Online)</a><a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1435070446&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">ISSN 2460-6324 (Print)</a>&nbsp;<a href="http://statcounter.com/p11006996/?guest=1">View JPDN Stats</a></p> en-US bagus.am@unpkediri.ac.id (Bagus Amirul Mukmin) bagus.am@unpkediri.ac.id (Bagus Amirul Mukmin) Sun, 31 Jan 2021 00:00:00 +0700 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Profil Guru SD Dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Masa Pandemi COVID-19 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14876 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru SD dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19. Fokus penelitian ini mengarah pada guru, siswa, dan wali murid kelas 1 SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo mengenai kegiatan belajar mengajar di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis fenomenologi yaitu mengungkap fakta yang terjadi tentang kegiatan belajar mengajar guru SD di masa pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data menggunakan model Miles &amp; Hubberman (2014) yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan<em>. </em>Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, yaitu guru, siswa, dan wali murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil guru SD dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi covid-19 bahwa hanya ada satu aspek yang belum tercapai yaitu membuat diskusi melalui forum diskusi, namun untuk aspek yang lain seperti: memberikan modul,memberikan bahan ajar, memberi tugas, menilai tugas, memberikan umpan balik serta mereview pembelajaran sudah tercapai. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan teknik wawancara, sehingga akan diperoleh hasil penelitian yang lebih mendalam.</p> Septi Budi Sartika, Novi Yuni Mayangsari Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14876 Thu, 28 Jan 2021 07:27:30 +0700 Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Penguatan Karakter KI 2 Melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran di SDK Sang Timur Kabupaten Sumenep https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15035 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model <em>problem based learning</em> yang layak, praktis, dan efektif untuk melakukan penguatan karakter pada KI 2. Perangkat pembelajaran tersebut diujikan terhadap siswa kelas IV di SDK Sang Timur tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model 4-D. Rancangan ujicoba perangkat menggunakan <em>one group pretest-posttest design.</em> Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV. Subjek penelitian ini berjumlah 13 siswa.&nbsp; Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas perangkat pembelajaran berkategori baik dengan rata-rata nilai 3.7; tingkat keterbacaan lembar kegiatan siswa berkategori baik dan memperoleh rata-rata nilai 3.6; (2) keterlaksanaan RPP berkategori baik; aktivitas siswa menunjukkan pada penguatan karakter KI 2 dengan perolehan 86.56% pada pertemuan 1 dan 90.62 % pada pertemuan 2; (3) siswa memberikan nilai postif terhadap penguatan karakter utama dengan rata-rata nilai 89.25% melalui jurnal sikap . Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan model <em>problem based learning </em>dalam melakukan penguatan karakter terhadap pembelajaran PPKn layak, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.</p> Fajar Budiyono, Framz Hardiansyah Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15035 Thu, 28 Jan 2021 07:44:54 +0700 Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Game Edukasi Icando di Sekolah Dasar https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15078 <p>Tujuan penelitian ini adalah penguatan nilai-nilai pendidikan karakter anak di sekolah Dasar Negeri Batubelah Timur I dan Sekolah Dasar Negeri Bates I melalui aplikasi game edukasi <em>Icando. </em>Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi game edukasi <em>Icando</em> dapat berkontribusi dalam penguatan nilai-nilai pendidikan karakter diantaranya nilai karakter percaya diri, hormat dan santun kepada orang tua, tanggung jawab, rasa ingin tahu, menghargi prestasi, peduli sosial, peduli lingkungan, kreatif, dan pantang menyerah.</p> Syaiful Bahri, Agus Wahdian Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15078 Thu, 28 Jan 2021 08:07:46 +0700 Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka) https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15051 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengelaborasi landasan teori dan pelaksanaan pendidikan multikultural di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode <em>study literature</em> atau penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis isi. Agar menjaga ketepatan pembahasan dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pembacaan pustaka secara berulang dan pengecekan antar pustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun landasan teoritis dan pelaksanaan pendidikan multicultural di sekolah dasar. Hasil penelitian ini adalah terelaborasinya landasan teori dan pelaksanaan pendidikan multicultural di sekolah dasar secara utuh yang meliputi: 1) pengertian pendidikan multikultural, 2) komponen pendidikan multikultural, 3) program pelaksanaan pendidikan multikultural, 4) manfaat pendidikan multicultural di sekolah dasar, 5) Hasil pendidikan multicultural di sekolah dasar.</p> Nur Latifah, Arita Marini, Arifin Maksum Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15051 Thu, 28 Jan 2021 08:17:30 +0700 Pengaruh Implementasi Problem Based Learning Terhadap Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Mendoyo https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14669 <p class="p1"><span class="s1">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model <em>problem based learning </em>terhadap motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Mendoyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan pola dasar <em>non equivalent control group design. </em>Populasi dalam penelitian ini sebanyak 151 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 46 siswa yang ditentukan dengan teknik <em>random sampling. </em>Data kemampuan berpikir kritis siswa dikumpulkan dengan rubrik penilaian dan data motivasi berprestasi dikumpulkan dengan kuesioner berbantuan metode daring berupa google form. Data dianalisis menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 <em>for windows. </em>Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1.) motivasi berprestasi siswa yang mengikuti model <em>problem based learning</em> secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional, 2.) kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti model <em>problem based learning </em>secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional, 3.) secara simultan motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti model <em>problem based learning </em>secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.</span></p> Nyoman Ayu Putri Lestari, Made Sri Astika Dewi, Isyarotullatifah Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14669 Thu, 28 Jan 2021 09:07:39 +0700 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA SD Terintegrasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14974 <p>Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif IPA SD yang didalamnya terintegrasi pendidikan karakter peduli lingkungan dan mengetahui kualitas media pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model dari Borg dan Gall yang menggunakan 10 tahapan dalam prosesnya. Dari penelitian ini dihasilkan media pembelajaran yang berisi materi IPA kelas IV tentang peduli terhadap makhluk hidup. Muatan karakter peduli lingkungan dalam media ini digambarkan melalui ilustrasi animasi tentang urutan kejadian atas perilaku menyimpang terhadap lingkungan hutan, udara, perairan, dan tanah. Kualitas media pembelajaran yang dihasilkan memiliki tingkat kelayakan yang sangat layak setelah mendapatkan validasi dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil angket siswa dan guru juga menunjukkan hasil sangat layak sehingga media pembelajaran ini layak untuk di gunakan dalam pembelajaran.</p> Mawan Akhir Riwanto, Wahyu Nuning Budiarti Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14974 Thu, 28 Jan 2021 09:19:19 +0700 Gerakan Literasi Sekolah Dengan Model MLM Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14534 <p>Kurangnya minat siswa terhadap membaca akan menghambat tingkat perkembangan intelektual siswa dalam mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan. Penelitian ini mendeskripsikan pengembangan gerakan literasi dengam model membaca lima belas menit (MLM) untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriftif kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas 5 sekolah dasar di SDN Cileungsir kec. Cipatujah kab. Tasik. Hasil penelitian diperoleh temuan sebagai berikut 1) Model MLM untuk mengembangkan minat baca siswa kelas 5 dilaksanakan dengan pola pembiasaan, teknik yang beragam dan beragam jenis bacaan; 2) hasil penilaian angket terhadap minat baca menunjukan adanya peningkatan minat baca siswa kelas 5 SDN Cilengsir; 3) Ketertarikan siswa kelas 5 SDN Cilengsir terhadap buku yang dibaca setelah dilakukan kegiatan MLM masih didominasi oleh minatnya siswa terhadap buku yang sifatnya hiburan dibandingkan dengan buku mata pelajaran.</p> Ari Kartini, Irwan Hermansah Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14534 Thu, 28 Jan 2021 09:29:11 +0700 Filsafat Metode Mengajar Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14002 <p>Fenomena dunia pendidikan yang sudah memasuki era revolusi industri 4.0 menuntut guru untuk meningkatkan 4 kompetensi yang harus dimiliki, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial. Namun temuan di lapangan masih banyak guru yang belum menguasai kompetensi pedagogik, terutama guru Pendidikan Agama Islam yang masih kekurangan metode mengajar berlandaskan filsafat pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan filsafat metode mengajar Omar Mohammad al-Toumy al-Syaibany &nbsp;dan implikasinya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi literatur. Teknik pengambilan data dengan mengumpulkan dari dua acuan sumber data yakni data primer sebagai data utama yang dicari dan data sekunder sebagai data pendukung. Teknik analisis data dengan interpretasi data. Berdasarkan hasil penelitian, filsafat metode mengajar dalam pendidikan Islam menurut al-Syaibany terdiri dari konsep metode mengajar dan pentingnya dalam pendidikan Islam, jenis-jenis metode mengajar dalam pendidikan Islam, metode mengajar umum yang terpenting dalam pendidikan Islam, ciri-ciri dan tujuan umum metode mengajar dalam pendidikan Islam, asas-asas umum metode mengajar dalam pendidikan Islam dan prinsip-prinsip umum yang menjadi dasar metode mengajar dalam pendidikan Islam. Filsafat metode mengajar dalam pendidikan Islam menurut al-Syaibani bisa dijadikan alternatif solusi untuk mengisi kekurangan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam, karena memiliki landasan filosofis yang kuat Implikasinya, filsafat metode mengajar dalam pendidikan Islam menurut al-Syaibany ini mesti dipelajari, dipahami, dihayati, dikembangkan dan diimplementasikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Salah satunya melalui lembaga pendidikan formal jenjang sekolah dasar yang memiliki peran sangat sentral dalam membina akhlak peserta didik.</p> Tatang Hidayat, Syahidin, Ahmad Syamsu Rizal Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14002 Thu, 28 Jan 2021 14:09:38 +0700 Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Tuna Grahita Ringan Dengan Metode Pembelajaran Visuomotor https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14022 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan upaya penyelesaian masalah yang muncul pada anak tunagrahita ringan berkaitan dengan kesulitan mempelajari huruf abjad. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu kajian literatur yang sumber datanya berasal dari kajian yang berhubungan dengan penelitian ini baik dari karya ilmiah, hasil penelitian, buku-buku dan sumber data tambahan yang berasal dari hasil observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kegiatan belajar mengenal huruf abjad menggunakan metode visuomotor yang merupakan gabungan dari penggunaan kemampuan visual dan motoric yang dimiliki anak tuna grahita ringan. Metode pembelajatan visumotor ini diawali dari mengenal nama dan suara huruf, kemudian gambar visual dari masing-masing huruf, dan dilanjutkan dengan pemanfaatan kemampuan motorik anak untuk menuliskan huruf-huruf tersebut maupun menggambar bentuk-bentuk huruf tersebut menggunakan anggota tubuhnya.</p> Umi Salma Fauziyah, Aninditya Sri Nugraheni Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14022 Fri, 29 Jan 2021 20:28:47 +0700 Pengaruh Model Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite Dan Review) With Pop Up Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Tematik Kelas V SD Kecamatan Banyudono https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14984 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model pembelajaran PQ4R <em>with Pop Up </em>terhadap kreatifitas belajar siswa pada kurikulum 2013 mata pelajaran tematik kelas V dan seberapa besar pengaruhnya. Dari tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan menggunakan <em>Pretest-Posttest Control-Group Design. </em>Dalam pelaksanaan penelitian subyek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol diberikan model pembelajaran konvensional sedangkan kelompok eksperimen diberikan model PQ4R <em>with pop up</em>, kemudian diambil data kreatifitas belajar mata pelajaran tematik dari kedua kelompok. Data kreatifitas belajar mata pelajaran tematik pada kedua kelompok dianalisis menggunakan SPSS untuk menjawab rumusan masalah. Dari analisis data diperoleh 0,000 atau &lt; 0,05 yang berarti bahwa: Ho di tolak dan menerima H<sub>1</sub> atau dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran PQ4R <em>with pop up </em>terhadap kreatifitas belajar mata pelajaran tematik siswa kelas V. Dari uji regresi dengan SPSS didapatkan nilai R sebesar 0,786 yang berarti bahwa ada pengaruh yang kuat antara model pembelajaran PQ4R <em>with pop up </em>dengan kreatifitas belajar mata pelajaran tematik kurikulum 2013 dan dari nilai R square didapat nilai 0,625 yang berarti bahwa model pembelajaran PQ4R <em>with pop&nbsp; up </em>berpengaruh positif terhadap kreatifitas belajar mata pelajaran tematik sebesar 62,5%</p> Ninda Beny Asfuri, Luncana Faridhoh Sasmito Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14984 Fri, 29 Jan 2021 20:36:56 +0700 Implementasi Nilai Pendidikan Multikultural di SD Negeri Sangiang Pulau Kabupaten Bima https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15205 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalsisis implementasi nilai-nilai pendidikan multikultura di SD Negeri Sangiang Pulau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru dan peserta didik. Analisis data menggunakan model interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Selanjutnya data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi nilai pendidikan multikultural dap dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler disekolah dapat dilakukan dengan penguatan materi tentang keberagaman yaitu tentang beragam suku, budaya, agama dan adat istiadat. Sementara dalam kegiatan ekstrakurikuler dapat dilakukan dengan kegiatan kemah kebudyaan, karnaval pakaian adat istiadat tiap-tiap daerh yang ada di indonesia dan pendalaman mengenai bhineka tunggal ika dan pancasila.</p> Hermanto, Arita Marini, Arifin Maksum Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15205 Sat, 30 Jan 2021 21:01:04 +0700 Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15298 <p>Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan untuk memberikan pengalaman belajar bagi peserta didik. Pengalaman ini terdiri dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan pendidikan di sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Dalam keadaan darurat covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang pembelajaran jarak jauh dan daring agar peserta didik dapat belajar walaupun dalam keadaan <em>social distancing</em>. Tranformasi digital guru dan peserta didik merupakan dampak dari proses pembelajaran selama covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data adalah guru dan peserta didik di SD/MI yang dipilih secara purposive sampling. Teknik yang digunakan adalah teknik wawancara dan observasi dengan instrumen lembar wawancara dan catatan lapangan terhadap realita pelaksanaan pendidikan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80,8% proses pembelajaran yang berlangsung bagi peserta didik kelas rendah sepenuhnya dikendalikan oleh orang tua, sedangkan pada kelas tinggi proses pembelajaran secara daring dan jarak jauh tidak seperti pembelajaran formal yang seharusnya. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa realita pendidikan dasar di Indonesia belum siap dari segi sumber daya manusia, dan teknologi khususnya pada daerah 3T.</p> Ricka Muskania, Zulela MS Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15298 Sat, 30 Jan 2021 21:07:19 +0700 Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Kompetensi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15320 <p>Kemampuan literasi sains merupakan salah satu aspek penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa PGSD, hal ini berpengaruh terhadap proses pembelajaran sains (IPA) di sekolah dasar.&nbsp; Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains dilihat dari aspek kompetensi sains mahasiswa program studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan mendeskripsikan sifat kejadian yang berlangsung selama pengambilan data dalam bentuk sebuah narasi ilmiah. Subjek penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa PGSD UMT. Sumber data diambil secara langsung dengan menggunakan instrumen berupa tes literasi sains, angket, dan wawancara. Teknis analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dnn penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains pada aspek kompetensi mahasiswa PGSD FKIP UMT memperoleh kategori “cukup”. Dalam tiap indikator pada kemampuan literasi sains mahasiswa PGSD menunjukkan kategori “rendah” pada indikator menjelaskan fenomena ilmiah, dan kategori “cukup” pada indikator mengidentifikasi pertanyaan atau isu-isu ilmiah dan menggunakan bukti ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains mahasiswa PGSD belum menunjukkan hasil yang baik dan memuaskan, sehingga perlu ditingkatkan. Upaya mengatasi kemampuan literasi sains mahasiswa PGSD pada aspek kompetensi yang masih belum memuaskan dilakukan berbagai cara diantaranya melalui penataan ruang lingkup materi yang diberikan serta proses perkuliahan yang dilakukan, memilih media yang tepat, dan penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan konsep IPA.</p> Candra Puspita Rini, Saktian Dwi Hartantri, Aam Amaliyah Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15320 Sat, 30 Jan 2021 21:08:42 +0700 Cipta Karya Seni Pertunjukan Teater Anak Berbasis Kebudayaan Panji (Best Practice Penciptaan Karya Seni Pertunjukan pada Masa Pandemi Covid-19) https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15438 <p>Artikel ini akan dibahas terkait <em>best practice</em> pengembangan dan proses validasi penciptaan “karya seni pertunjukan teater anak berbasis kebudayaan Panji” yang mengadopsi dari kisah Panji dan memiliki nilai kebaharuan pada masa pandemi Covid-19. Penelitian pengembangan penciptaan karya seni ini dilakukan melalui tahap konseptual, operasional, dan validasi ahli. Tahap konseptual meliputi (1) penulisan naskah, (2) merancang desain pertunjukkan, (3) pembuatan desain gerak, (4) pembuatan desain music, (5) pembuatan desain properti, dan (6) pembuatan desain artistik/setting; Tahap operasional meliputi (1) casting aktor, (2) proses pembuatan pertunjukkan secara keseluruhan, dan (3) tata rias dan busana. Melalui proses validasi ahli, produk dinyatakan memiliki tingkat originalitas, kebaharuan, dan keterterapan karya yang tinggi/valid untuk digunakan.</p> Wahyudi, Ayu Titis Rukmanawati, Kukuh Andri Aka Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15438 Sat, 30 Jan 2021 21:09:38 +0700 Kepraktisan Aplikasi Android Materi Dongeng Kelas 3 SD Berbasis Kearifan Lokal dan Permainan Bahasa https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15252 <p>Aplikasi android merupakan hasil pengembangan multimetia interaktif berbasis android. Dalam aplikasi tersebut memuat materi dongeng kelas 3 SD yang berbasis kearifan lokal Jawa Timur dan permainan bahasa sebagai pola penyusun materinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui kepraktisan aplikasi android materi dongeng berbasis kearifan lokal dan permainan bahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket uji kepraktisan dan wawancara. Hasil penelitian kepraktisan aplikasi android materi dongeng kelas III SD berbasis kearifan lokal dan permainan bahasa memperoleh skor 93,8%. Skor tersebut dikategorikan dalam sangat praktis dan dapat digunakan tanpa revisi.</p> Rian Damariswara, Karimatus Saidah Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15252 Sun, 31 Jan 2021 06:07:55 +0700