Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19


Abstract
Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan untuk memberikan pengalaman belajar bagi peserta didik. Pengalaman ini terdiri dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan pendidikan di sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Dalam keadaan darurat covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang pembelajaran jarak jauh dan daring agar peserta didik dapat belajar walaupun dalam keadaan social distancing. Tranformasi digital guru dan peserta didik merupakan dampak dari proses pembelajaran selama covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data adalah guru dan peserta didik di SD/MI yang dipilih secara purposive sampling. Teknik yang digunakan adalah teknik wawancara dan observasi dengan instrumen lembar wawancara dan catatan lapangan terhadap realita pelaksanaan pendidikan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80,8% proses pembelajaran yang berlangsung bagi peserta didik kelas rendah sepenuhnya dikendalikan oleh orang tua, sedangkan pada kelas tinggi proses pembelajaran secara daring dan jarak jauh tidak seperti pembelajaran formal yang seharusnya. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa realita pendidikan dasar di Indonesia belum siap dari segi sumber daya manusia, dan teknologi khususnya pada daerah 3T.
References
Adisel, Gawdy, A. P. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada masa Pandemi Covid 19. ALIGNMENT : Journal of Administration and Educational Management, 3(1), 1–10. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/ALIGNMENT/article/view/1291
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.
Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Al Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp
Carrillo, C., & Flores, M. A. (2020). COVID-19 and teacher education: a literature review of online teaching and learning practices. European Journal of Teacher Education, 43(4), 466–487. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1821184
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Donitsa-Schmidt, S., & Ramot, R. (2020). Opportunities and challenges: teacher education in Israel in the Covid-19 pandemic. Journal of Education for Teaching, 00(00), 1–10. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1799708
Gumelar, D. R., & Dinnur, S. S. (2020). Digitalisasi Pendidikan Hukum dan Prospeknya Pasca Pandemi Covid-19. Al Ahwal Al Syakhsiyyah, 1(2), 111–122.
Insyiroh, I. M., Hariani, E. P., & Mubaroq, S. (2020). Pendidikan berbasis kearifan lokal sebagai solusi menghadapi kesenjangan digital dalam kebijakan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi di Indonesia. Indonesian Journal of Social Development, 1(1), 51–72.
König, J., Jäger-Biela, D. J., & Glutsch, N. (2020). Adapting to online teaching during COVID-19 school closure: teacher education and teacher competence effects among early career teachers in Germany. European Journal of Teacher Education, 43(4), 608–622. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1809650
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah, 4(1), 49–56. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/7199
Putra, M. T. F., Arianti, & Elbadiansyah. (2019). Analisis Penerapan Model Dan Metode Pembelajaran Tepat. Sebatik, 23, 317–323.
Putro, S. T., Widyastuti, M., & Hastuti. (2020). Problematika pembelajaran di era pandemi covid-19 studi kasus: Indonesia, Filifina, Nigeria, Ethiopia, Finlandia, dan Jerman. 18(2), 50–64.
Rigianti, H. A. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANJARNEGARA. Elementary School, 7(2), 297–301. https://doi.org/10.1155/2010/706872
Siregar, Y. E. Y., Zulela, M., W, P. A., Rachmadtullah, R., & Pohan, N. (2018). Self Regulation, Emotional Intelligence With Character Building In Elementary School. 251(Acec), 315–318. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.72
Suprihatiningsih, S., & Sudibyo, N. A. (2020). Pelatihan Penggunaan E-Book Matematika Berbasis Terbimbing Pada Siswa SMP Daerah 3T. 3(2), 366–371.
Syibromilisi. (2020). STRATEGI BELAJAR SIEQ MELALUI HOME VISIT DI MASA PANDEMI COVID-19 ( CORONA VIRUS DEASES ). 4(2).
Tesi Muskania, R., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Membekali Foundational Knowledge Dan Meningkatkanscientificliteracy. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 34–43. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8830
Widakdo, J., & Fananie, K. G. B. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. In Perhimpunan Pelajar Indonesia Se- (Vol. 4, Issue 1). http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/7199
Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.