Main Article Content
Abstract
Artikel ini akan dibahas terkait best practice pengembangan dan proses validasi penciptaan “karya seni pertunjukan teater anak berbasis kebudayaan Panji” yang mengadopsi dari kisah Panji dan memiliki nilai kebaharuan pada masa pandemi Covid-19. Penelitian pengembangan penciptaan karya seni ini dilakukan melalui tahap konseptual, operasional, dan validasi ahli. Tahap konseptual meliputi (1) penulisan naskah, (2) merancang desain pertunjukkan, (3) pembuatan desain gerak, (4) pembuatan desain music, (5) pembuatan desain properti, dan (6) pembuatan desain artistik/setting; Tahap operasional meliputi (1) casting aktor, (2) proses pembuatan pertunjukkan secara keseluruhan, dan (3) tata rias dan busana. Melalui proses validasi ahli, produk dinyatakan memiliki tingkat originalitas, kebaharuan, dan keterterapan karya yang tinggi/valid untuk digunakan.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Ilahi, N. 2009. “Upaya Kabupaten Jombang dalam Merawat Budaya Panji”, dalam Henri
- Kusumastuti, E. 2020. Pendidikan Seni untuk Sekolah Dasar. Academia. edu.
- Manuaba, I. B. (2013). Keberadaan dan bentuk transformasi cerita Panji. Litera, 12(1)
- Murgiyanto, S. 2004. Tradisi dan Ino- vasi. Jakarta: Wedatama Widya Sastra
- Nuryahyo, ed. Konservasi Panji. Surabaya-Malang: Dewan Kesenian Jawa Timur bekerjasama dengan Bayu Media Publising.
- Soedarsono. 1986. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian
- Sumarjo, Y. (2001). Seni pertunjukan Indonesia: suatu pendekatan sejarah. STSI Press Bandung
- Sunarya, I. K. (2012). Pendidikan Tinggi Seni Berkarakter Budaya Adiluhung Estafet Generasi Kreatif yang Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Karakter, (2)
- Yamin, M., & Kiptiah, M. (2016). Kajian Tentang Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Jurusan IPS Tingkat Sman Di Kota Banjarmasin. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 1(2), 1-20.
- Yanuartuti, S. (2015). Revitalisasi Pertunjukan Wayang Topeng Jati Duwur Jombang Lakon Patah Kuda Narawangsa (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Surakarta)