Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif IPA SD yang didalamnya terintegrasi pendidikan karakter peduli lingkungan dan mengetahui kualitas media pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model dari Borg dan Gall yang menggunakan 10 tahapan dalam prosesnya. Dari penelitian ini dihasilkan media pembelajaran yang berisi materi IPA kelas IV tentang peduli terhadap makhluk hidup. Muatan karakter peduli lingkungan dalam media ini digambarkan melalui ilustrasi animasi tentang urutan kejadian atas perilaku menyimpang terhadap lingkungan hutan, udara, perairan, dan tanah. Kualitas media pembelajaran yang dihasilkan memiliki tingkat kelayakan yang sangat layak setelah mendapatkan validasi dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil angket siswa dan guru juga menunjukkan hasil sangat layak sehingga media pembelajaran ini layak untuk di gunakan dalam pembelajaran.

Keywords

Media pembelajaran IPA, karakter peduli lingkungan, media animasi.

Article Details

How to Cite
Mawan Akhir Riwanto, & Nuning Budiarti, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA SD Terintegrasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2), 71-82. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14974

References

  1. Akhwani. (2019). Strategy Of Digital Etiquette Education of Elementary School Students. Primaryedu (Journal of Elementary Education) Volume 3, Number 2, September 2019. P-ISSN: 2580-9326 E-ISSN: 2580-7714
  2. Daryanto dan Darmiatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media
  3. Dini Palupi Putri. (2000). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 2, No.1, p ISSN 2580-362X; e ISSN 2580-3611.
  4. Doni Koesoema A. (2007). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
  5. Engkizar Murniyetti dan Fuady Anwar. (2019). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol.6, No. 2.
  6. Ernawati, I and T. Sukardiyomo, "Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server," Elinvo (Electroocs, Informatics, and Vocational Education), vol. 2, no. 2, 2017.
  7. Farida, dkk. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Kreatif, Vol 7, Nomor 1, September 2016, Hal 1-10. ISSN: 2580-6904.
  8. Husnul Khotimah, dkk. (2019). Improved of The Environment Care Attitude on Science Learning by Applying the Science Environment Technology And Society (SETS) Model. SHEs: Conference Series 1 (1) (2018) 353-359.
  9. Husnun, R. N. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dalam Proses Pembelajaran di SD Alam Harapan Kita Kabupaten Klaten. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
  10. Lickona, Thomas. (2014). Educating for Character. Journal of Moral Education, Vol. 13, No. 3.
  11. Lukman Arief Novianto, I Nyoman Sudana Degeng, Agus Wedi. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol. 1, No. 3.
  12. Purningsih, D. (2019). Revolusi Industri 4.0 Menjadi Tantangan Kelestarian Lingkungan Hidup. https://www.greeners.co/berita/revolusi-industri-4-0-menjadi-tantangan-kelestarian-lingkungan-hidup/ diakses pada 8 Agustus 2019
  13. Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. WIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik, Vol 1, Nomor 2, Desember 2017, Hal 14-20. e-ISSN 2581-1835.
  14. Rahmatina et al. (2019). Jigsaw Using Animation Media for Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1424 (2019) 012027.
  15. Riwanto, M. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Kelas Atas Sekolah Dasar. Jurnal Pancar, Vol 2, Nomor 2, November 2018, hal 12-15. e-ISSN : 2550-0619.
  16. Roslind, Thambusamy & Adzura, A. Elier. (2013). Shaping the Bamboo From the Shoot: Elementary Level Character Education in Malaysia. Journal Childhood Education, Vol. 89, No. 6.
  17. Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Elementary Vol. 4, No. 1, Januari-Juni 2016. Hal 38-54. e- ISSN: 2503-0256.
  18. William B. Russell III & Stewart Waters. (2014). Developing Character in Middle School Students: A Cinematic Approach. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies Issues and Ideas, 87:4, 161-167, DOI: 10.1080/00098655.2014.888046
  19. Winna Dharmayanti dan Dini Oktarika. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Guru IPA di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol. 8, No. 1, P-ISSN: 2089-2802, E-ISSN: 2407-1536, DOI:10.31571/saintek.v8i1.1156.
  20. Zamani, A. Z & Heru, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 4, No.1.